Kitab

Apa itu Injil? Apa Isinya?

APA ITU INJIL?
APA ISINYA?

 

Injil adalah nama Arab yang dipercayai Muslim sebagai kitab asli yang Allah SWT turunkan bagi nabi Isa. Inilah salah satu diantara 4 kitab yang disebut dalam Quran sebagai kitab yang Allah wahyukan kepada umatNya, Taurat, Zabur, Injil, dan Quran.  Kata Injil telah disebutkan sebanyak 12 kali dalam Quran.

Kita petikkan tiga ayat penting Quran dibawah ini untuk menjelaskan apa dan bagaimana itu INJIL menurut Muhammad sebagaimana yang disampaikan Allah kepadanya dizamannya di Arabia.

“Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi nabi Bani Israil) dengan Isa putera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang didalamnya (ada) petunjuk dan dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa”. (QS.5:46).

“Kami berikan kepadanya (Isa) Injil dan Kami jadikan dalam hati orang- orang yang mengikutinya rasa santun dan kasih sayang”. (QS.57:27).

 “Dan hendaklah orang-orang pengikut Injil, memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah didalamnya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik(QS.5:47).

Perhatikan bahwa disitu ada tercantum dua istilah, yaitu “Kitab Injil” dan “orang-orang pengikut Injil”.
Kitab Injil itu DIBERIKAN Allah kepada Isa, yang didalamnya ada Petunjuk Allah dan ada TerangNya yang menerangi. Allah telah mentransformasi para pengikut Injil menjadi orang-orang santun dan kasih sayang, “menirukan” sifat-sifat yang Allah sendiri punyai. Injil yang diibawakan oleh Isa Putra Maryam adalah kebenaran yang merupakan terusan-kebenaran dari Taurat, yang diklaim berasal dari Allah SWT yang sama untuk dijadikan petunjuk dan  pengajaran bagi orang-orang yang bertakwa. Keharusan menjalankan petunjuk-petunjuk INJIL ini diserukan Muhammad (diabad ke-7) atas nama Allah kepada orang-orang Nasrani (di Arab!), sehingga semua perkara dapat diputuskan berdasarkan apa yang diturunkan itulah. Bila demikian, maka mereka disebut sebagai pengikut-pengikut INJIL, dan apabila tidak demikian maka mereka akan disebut sebagai orang fasik.

Memang dalam Quran, Allah SWT bertubi-tubi memerintahkan para pengikut Injil di Arab (bukan keseluruhan pengikut Injil yang sudah berdiaspora keseluruh Asia Kecil hingga ke India, sebagian Eropah dan Afrika) untuk taat bertindak –bukan berwacana—menuruti Injil dengan pelbagai macam seruan:

  • Pengikut-pengikut Injil diserukan harus memutuskan perkara menurut Injil.
  • Pengikut-pengikut Injil diserukan harus menjalankan petunjuk dan pengajaran Injil.
  • Pengikut-pengikut Injil diserukan harus menegakkan ajaran Injil,

“Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil, dan apa-apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu.” (QS.5:68).

[NB. Terjemahan Depag sengaja memasukkan kata “Al-Quran” sebagai pengganti “apa-apa” di ayat tsb. Tidakkah itu mengkelirukan ayat Allah karena ayat tersebut jelas sekali diserukan kepada Ahli Kitab untuk menegakkan Taurat, Injil, dan “apa-apa” lainnya dari Tuhan Alkitab, seperti kitab Zabur, kitab hikmah, kitab nabi-nabi lainnya].

Pertanyaannya sekarang:
1. APA ITU INJIL menurut Quran?
2. APA PESAN-POKOK AJARAN INJIL/ISA, menurut Quran?

3. DIMANA INJIL SEMACAM ITU bisa ditemukan untuk diimani oleh umatNya?
Allah Quran begitu serius memerintahkan berulang kali agar ajaran Injil harus ditindaki oleh para pengikut Injil di Arabia, tetapi juga sekaligus termasuk semua Muslim. Lihat betapa Quran secara mengagetkan telah bertubi-tubi membenarkan Injil dan menyuruh Muslim untuk mengimaninya sampai PULUHAN KALI!. Bacalah antara lain QS.2:41, 89, 91, 101, 136; 3:3,; 4:136; 5:43, 44, 46, 47, 48, 68; 6:92; 10:73, 94; 29;46; 32:23; 35:31; 46:30; 43:4 dll. Maka sungguh penting bagi setiap Nasrani dan Muslim untuk tidak salah paham atas 3 pertanyaan pokok diatas!

  1. APA ITU INJIL?

al injil

 Apa itu Injil? Dan kaum Nasrani akan segera menunjukkan kitab Injil mereka seperti yang ada ditoko buku atau di gereja-gereja mereka.
Apa itu Injil? Dan banyak para Muslim masih bingung, belum tahu  apa itu Injil menurut paham Muhammad, karena tidak bisa menunjukkan kitab Injil seperti apa yang harus mereka imani berdasarkan seruan Quran!  

Berkenaan dengan  Quran, Muslim memang tahu bahwa kata Quran itu berasal dari kata kerja “qara’a“ yang berarti “membaca”. Wahyu Quran pertama yang turun juga dimulai dengan kata “iqra” (QS.96:1), yang berarti “bacalah”. Quran dikatakan sebagai hasil transmisi wahyu Allah via Jibril (QS.2:97). Diklaim diturunkan dalam bahasa Arab yang terang (QS.16:103, dan jelas (QS.26:195). Dan bagaimana ayat-ayat Quran itu diturunkan dikisahkan cukup jelas pula dalam Hadist yang shahih (antara lain di HS. Bukhari 1.1.no.2-4).

Tetapi berkenaan dengan Injil, apakah Muslim jelas dan tentang artinya Injil? Berasal-kata dari apa? Apa benar dari bahasa Arab asli? Dan kenapa dinamakan begitu?

Ternyata kata “Injil” itu bukan aslinya bahasa Arab! Tidak berakar kata dari kata Arabic. Allah tidak memberi arti khas apapun untuk makna kata Injil. Ia melainkan berasal dari bahasa Yunani, bahasa umum pada masa Yesus, yaitu dari kata euangelion. “Eu” berarti “baik” dan “Angelion” berarti “kabar”. Injil dalam bahasa aslinya berarti KABAR BAIK. Akan tetapi kabar yang sebaik bagaimanakah yang mungkin Tuhan turunkan dari sorga untuk anda dan saya didunia ini?

Segera, para malaikat Alkitab datang dari sorga dan menjawabnya dengan berkata kepada para gembala, yaitu sesaat sesudah Yesus di lahirkan di Betlehem, kota Daud:
Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Mesias, Tuhan, di kota Daud” (Luk2:10,11).

WOW! Dunia kedatangan seorang MESIAS, JURUSELAMAT! Itulah KABAR BAIK untuk seluruh umat manusia najis yang tadinya dipastikan harus masuk keneraka karena dosanya (QS.19:71; Roma 6:23), kini bisa diselamatkan oleh seorang Mesias Tuhan yang Juruselamat:

“Sebab upah dosa ialah maut (neraka); tetapi karunia Elohim ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus , Tuhan kita”. 

Itu pulalah sebabnya malaikat Gabriel menyampaikan kepada Yusuf (tunangan Maria) nama sang Juruselamat ini sebagai YESUS (dari kata “Yahweh Menyelamat kan”):
“Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.  Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” (Mat.1:20,21).

Itulah KABAR BAIK, kabar keselamatan Yesus bagi seluruh umat manusia. Keselamatan yang dianugerahkanNya secara Cuma-Cuma (bagi yang percaya kepada pesanNya), bukan sebagai akibat usaha dan amal pahal-ibadah manusia. Adakah kabar yang lebih baik lagi?

 

  1. APA PESAN ISA DALAM INJIL?

dare

Salah satu teman kami sempat dibesarkan sebagai Muslim yang saleh. Namun setahun yang lalu dia pernah melakukan satu eksperimen tentang “kristologi-sederhana”. Yaitu mencoba membandingkan Injil Quran dengan Injil (Alkitab), dengan menghimpun semua kata-kata Isa (dalam Quran) dan Yesus (dalam Injil Yesus) sebagaimana itu diucapkan dari mulut Isa dan Yesus sendiri-sendiri di Quran dan di Injil Yesus (verbatim). Kebetulan teman ini mendapat sebuah Kitab Injil dimana semua kata-kata Yesus itu tercetak dalam huruf merah. Ini memudahkannya untuk mendapatkan seluruh kata-kata verbatim Yesus.

Kemudian dia juga mencatatkan semua ayat-ayat yang Isa ucapkan secara verbatim dalam Quran. Ini tidak sulit dilakukan karena ternyata sedikit sekali ayat-ayat verbatim Isa yang bisa dihimpun dari Quran. Satu dan lain hal karena hanya ada 12 ayat Quran yang  mencantumkan kata INJIL, ditambah 25 ayat yang mencantumkan nama ISA.

HASILNYA?

  • Ternyata Isa dari mulutnya praktis hanya berkata sedikit sekali!
    Banyak yang diulang ulang, redundant atau kurang membumi. Kurang sinkron yang dapat memperlihatkan otoritasnya sebagai nabi yang paling terkemuka didunia dan diakhirat (QS.3:45). Malah praktis tak ada petunjuk dan ajaran untuk dijadikan “cahaya yang menerangi”, apalagi untuk memutuskan segala perkara orang-orang pengikut Injil (QS.5:47). “Pengajaran” yang dimaksudkan umumnya hanyalah terbatas pada beberapa hal, utamanya:
  • SERUAN taat dan penyembahan kepada Allah yang Esa,
  • pembenaran akan dirinya sebagai utusan Allah,
  • pembenarannya akan Taurat,
  • sodoran Isa sendiri akan sepotong daftar mukjizatnya (yang tanpa konteks dan kata2 Isa) sebagai tanda utusan Allah,
  • menolak dirinya sebagai Tuhan.
  • Dan last but not least, menyampaikan bahwa Isa sudah menubuatkan kedatangan Rasul Ahmad!

Segera tampak bahwa Injil Isa (dari mulut Isa verbatim) bahkan TIDAK memuat ajaran perkataan atau perbuatan yang menunjukkan Isa itu Nabi Pengasih dan Penyayang! Mukjizat-mukjizat yang dilaporkan sebagai satu CHECK-LIST tanpa konteks itu tidak menyinggung bahwa itu dilakukan dalam latar belakang kasih-sayang. Tak ada ajaran Hukum Kasih keluar dari mulutnya Isa. Padahal itulah hukum yang dinyatakan terbesar dalam Taurat dan Injil, dan kitab para nabi. Hukum yang diharuskan untuk dibicarakan dan diajarkan turun temurun (Ul.6:4-9), dan yang dikonfirmasikan oleh Yesus,

“Kasihilah Tuhan, Elohimmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwa dan dengan segenap akal budimu.  Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.” (Mat 22:37-40).

Hukum Terbesar ini sekaligus mengimplikasikan bahwa setiap nabi yang sejati harus serta-merta menegakkannya pula. Alhasil, kitab setiap nabi mutlak harus menggantungkan dirinya kepada kedua hukum tersebut. Dan bilamana tidak, maka dipastikan kenabiannya adalah DILUAR garis kenabian Tuhan Abraham, Tuhan Ishak, Tuhan Yaqub! (lihat pula QS.29:27).
Muhammad itu ummi (buta huruf), dan karenanya beliau hanya terbatas melaporkan hal-hal faktuil yang bisa diperoleh dari hasil dengar-dengaran mulut kemulut tentang Injil. Itu sebabnya Muhammad bisa banyak mengkisahkan kejadian-kejadian tentang sosok-sosok Injil (seperti Imran, Zakaria, Yahya, Maryam, Isa, namun sedikit sekali ajaran verbatim yang bisa diingat/dicatatkan dari mulut mereka. Ia tidak menguasai issue detail teologis yang dalam, dan doctrinal tentang Yesus. Semisal, seluruh isi Quran tidak mampu menjelaskan untuk tujuan apa Yesus diutus kedunia? Kenapa harus dibarengkan dengan Nabi Yohanes (Yahya) dalam satu masa misi yang sama? Apa peran khusus misi Yohanes sehingga misi Isa sendirian dianggap Allah sebagai tidak cukup? Dan kenapa kedua misi nabi besar dari Allah itu berakhir dengan kekalahan fatal, memalukan bagi keduanya dan bagi Allah? Yang satu kalah karena kepalanya dipancung oleh raja Herodes (Mat 14:10-12). Yang lain kalah karena harus di RAIB kan Allah sembunyi-sembunyi kesisinya disorga (QS.4:157-158), karena tidak rela nabiNya disalibkan orang fasik. Muhammad sulit mencernakan –-sehingga masa bodo—terhadap fakta keras didepan hidung, kenapa Isa yang diutus lewat seabrek mukjizat (sampai-sampai menyamai mukjizat Allah) toh berakhir dengan tragedy terbesar? Kenapa terbesar?

 

  1. DIMANA INJIL-ISLAMIK BISA DITEMUKAN UNTUK DIIMANI?

injil
Disisi Inilah Muslim Perlu Berkritis.

Apa tujuan dan manfaat Isa diturunkan dari Kalimat dan Ruh Alah dan selalu-senantiasa diperkuat oleh Ruhulkudus? (QS.2:87, 253, 5:110). Buat apa Isa diberi kuasa mujizat Allah yang tiada tara? Tetapi berakhir dalam kegagalan misi yang tidak selesai, terputus karena diraibkan Allah, paling tragis dan memalukan?
Dengan demikian, misi Allah yang terputus dan gagal total ini kini diabadikan dalam rangkuman sejarah yang terbuka, disebut sebagai “TEORI TIGA ISA HILANG”:

(1). Sosok ISA  hilang lenyap diraib Allah diam-diam kesisiNya (QS.5:157-158), karena Allah tidak mengizinkan nabiNya disalib. Tak ada saksi mata tentang peraiban, tak ada yang tahu bahwa Allah telah MENDUSTAKAN sosok Isa-saan yang diserupakan dengan ISA. Dan dusta ini tetap melekat kepada miliaran umat manusia karena ia terus berjalan sejak abad ke-1 hingga ke-7 ketika hal raibnya Isa itu baru dibukakan sebagai “fakta Islamik” lewat Muhammad!

(2). Para pengikut Injil /Isa (hawariyyun, QS.3:52) turut hilang diam-diam menyusuli  sosok Isa yang hilang secara diam-diam, maka hilang pula yang tadinya semuanya  islami pengikut Isa. Mereka dipercaya terdesak dan akhirnya tertelan habis oleh ajaran sesat “Tuhan Trinitas” dari Paulus sampai saat ini. Hilang punah dari sejarah. Padahal Quran menjanjikan para murid ini kemenangan:
Isa ibnu Maryam telah berkata kepada pengikut-pengikutnya yang setia: “Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku (untuk menegakkan agama) Allah?” Pengikut-pengikut yang setia itu berkata: “Kamilah penolong-penolong agama Allah”, lalu segolongan dari Bani Israil beriman dan segolongan lain kafir; maka Kami berikan kekuatan kepada orang-orang yang beriman terhadap musuh-musuh mereka, lalu mereka menjadi orang-orang yang menang”. (QS.61:14). Namun faktanya, semua mereka kini menjadi kafir Kristen yang mentuhankan Yesus.

 (3). Injil Isa yang asli Islamik hilang-lenyap entah bagaimana?! Isa berkata: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi” (QS.19:30). Tapi dunia sedari dulu hanya mengenal InjilYesus, tak ada Injil Isa yang islami!
Tak ada yang tahu INJIL, tapi Muslim diajar untuk meyakini bahwa Injil Isa itu sudah terkorup, terhilang, diganti oleh ‘Injil-palsu’ buatan Paulus dan paderi cs. Allah dianggap sudah menjaga Quran dengan sempurna (QS.15:9) dan  itu sudah mencukupi apa yang umat manusia butuhkan…

Namun nanti dulu! Bilamana Allah SWT begitu menjamin Quran, apakah mungkin Dia tidak sekalian menjaga apa-apa yang berasal daripadaNya, termasuk Taurat dan Injil yang adalah FirmanNya sendiri? Ingat bahwa Quran hanya diturunkan lewat perantara Jibril, namun Taurat dan Injil diturunkan oleh Allah sendiri secara langsung dan pribadi. Lihat betapa khususnya Allah menurunkan InjilNya kepada Isa:

“Dan Allah akan mengajarkan kepadanya (Isa) Al Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil” (QS.3:38). Jadi, bilamana Allah benar-benar menjaga Quran yang ditransmisikan Hanya oleh seorang perantara Jibril, maka mungkinkah Allah membiarkan Injil yang Dia turunkan secara pribadi itu menjadi korup, najis, dan terhilang?

Sebaliknya, Tuhan Elohim dan Yesus berkata sama:

Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Allah kita tetap untuk selama-lamanya.” (Yes.40:8).

Dan Yesus berkata dalam otoritasNya: “Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu” (Mat 24:35).

Jikalau apa-apa yang paling berharga yang dipunyai oleh Isa itu hilang dan hilang dan hilang, maka salahkah bila banyak orang akan berkesimpulan bahwa sosok ISA ITU JANGAN-JANGAN  HANYA ‘ISA-ISAAN’ YANG BERUJUNG FIKTIF BELAKA?

Akhir kata, dunia sudah kepenuhan kemelut dan tipu-daya! Bersyukur kita ada seseorang yang selalu berkata benar –-diakui benar oleh semua pihak– dan siap menantang Anda yang mungkin masih tidak mempercayainya:

 

INJIL YESUS:
“Siapakah di antaramu yang membuktikan bahwa Aku berbuat dosa? Apabila Aku mengatakan kebenaran, mengapakah kamu tidak percaya kepada-Ku.“ (Yohanes 8:46).

 

AL-QURAN:
“Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang MEREKA berbantah-bantahan tentang kebenarannya.” (QS.19:34).

 

125 thoughts on “Apa itu Injil? Apa Isinya?

  1. I have noticed you don’t monetize your website, don’t waste your traffic,
    you can earn additional cash every month because you’ve got hi quality content.

    If you want to know how to make extra bucks, search for: Boorfe’s tips best adsense alternative

  2. To: daniel ez zeketela
    Dan trus kata kmu Yesus berkata harus mmenyembah allah memang betul di kristen juga seperto itu coyy

    1. @Jesus IsMyGod,….
      Allah adalah nama sang pencipta, tapi kenapa kamu tulis dengan huruf kecil ( allah ) sedangkan Yesus kau tulis dengan huruf besar ( Yesus ) berarti di kristen tidak seperti itu,….akan tepi seperti begono,….coyy

  3. DIMANA INJIL-ISLAMIK BISA DITEMUKAN UNTUK DIIMANI?
    Injil yg lbh mendekati ajaran Islam adalah injil barnabas, tp oleh kalangan umkris sendiri ditolak.
    Dan msh perdebatan dikalangan ulama islam itu sendiri.
    Tp bagi kami umat islam sgl sesuatunya dikembalikan lg yg jd indikatornya adalah Al Quran & Hadits shahih.

    Alkitab adalah wahyu mengenai ajaran yg disampaikan pd nabi/rasul Allah terdahulu yg ditujukan pd kurun waktu & pd umat tertentu yg berlaku pd saat itu & umat dimana nabi/rasul itu diutus.
    Contoh:
    Torat, zabur & injil diturunkan pd nabi Musa, Daud & Isa as utk bani Israel.
    Sejak dahulu kala, tiap2 umat/bangsa diturunkan utusan Allah sbg penuntun ajaran (pedoman) bagi mereka dlm kehidupannya sesuai dg kehendak Allah swt yg berlaku utk umat tsb dlm kurun waktu tsb.
    Sebagaimana firman Allah swt:

    وَلِكُلِّ أُمَّةٍۢ رَّسُولٌۭ ۖ فَإِذَا جَآءَ رَسُولُهُمْ قُضِىَ بَيْنَهُم بِٱلْقِسْطِ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ
    QS 10;47. Tiap-tiap umat mempunyai rasul; maka apabila telah datang rasul mereka, diberikanlah keputusan antara mereka dengan adil dan mereka (sedikitpun) tidak dianiaya.

    Jadi alkitab2 terdahulu sblm adanya Al Quran, sdh tdk belaku lg utk saat ini krn memang hnya ditujukan pd jaman & umat tertentu. Sehingga keberadaan & peninggalan drpdnya hanya berupa sisa2 yg sdh rusak (tdk terjaga keasliannya), baik fisik maupun isinya krn termakan oleh waktu & penyelewengan tangan2 jahil manusia.

    Sebagai kitab suci the last & final testament, Al Quran terpelihara & terjamin keasliannya sbg firman Allah :
    “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Qur`an dan sesungguhnya Kami pula yang memeliharanya. ” (Qs 15 Al Hijr 9)

    Dan setelah diutusnya nabi terakhir, Muhammad saw dg kitab suci Al Quran yg diutus utk seluruh umat manusia di bumi ini, ajaran2 & kitab2 terdahulu, sejak itu tdk berlaku lagi setelah disempurnakannya agama yg diturunkan oleh Allah swt kpd nabi terakhir Muhammad saw & the last & final testament Al Quran.
    Firman Allah:
    “Dan Kami tidak mengutusmu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya, sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui.”
     [QS. Saba’ (34): 28]

    Tidaklah Kami mengutusmu, melainkan untuk menjadi rahmat bagi sekalian alam
    [Al-Anbiyâ’21:107].

    Katakanlah: “Hai manusia, sesungguhnya aku adalah utusan Alloh kepadamu semua, yaitu Alloh yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Ilah (yang berhak disembah) selain Dia, yang menghidupkan dan yang mematikan, maka berimanlah kamu kepada Alloh dan RosulNya, Nabi yang ummi yang beriman kepada Alloh dan kepada kalimat-kalimatNya (kitab-kitabNya) dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk. [QS. Al-A’rof (7): 158]

    “Demi (Allah) Yang jiwa Muhammad di tanganNya, tidaklah seorangpun di kalangan umat ini, Yahudi atau Nashrani, mendengar tentang aku, kemudian dia mati, dan tidak beriman kepada apa yang aku diutus dengan-nya, kecuali dia termasuk para peng-huni neraka.” [Hadits Shohih Riwayat Muslim, no: 153, dari Abu Huroiroh]

    “…Aku diberi syafa’at (oleh Allah).
    Dan Nabi-Nabi dahulu (sebelum-ku) diutus khusus kepada kaumnya, sedangkan aku diutus kepada manusia semuanya.”
    [Hadits Shohih Riwayat Bukhori, no: 335]

    Seluruh manusia wajib beriman & mengikuti pd ajaran yg dibawakan Rasulullah saw yaitu Al Quran & Hadits shahih sbg kabar gembira yg membawa cahaya kebenaran, yg membedakan mana yg haq (baik) & yg bathil (buruk) sbg jalan yg lurus, membawa keselamatan dunia & akhirat.

    إِنَّا أَرْسَلْنَاكَ بِالْحَقِّ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَإِنْ مِنْ أُمَّةٍ إِلا خَلا فِيهَا نَذِيرٌ
    QS 35:24 Sesungguhnya Kami mengutus kamu dengan membawa kebenaran sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan. Dan tidak ada suatu umatpun melainkan telah ada padanya seorang pemberi peringatan.

    Alif laam raa, (inilah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya engkau mengeluarkan manusia dari gelap kepada terang dengan izin Tuhan mereka ke jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji.” (Qs 14 Ibraahim 1 )

    “Sesungguhnya agama yang diridhoi disisi Allah hanyalah islam.” (QS Ali Imraan : 19)

    “Maka mengapa mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nyalah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa, dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan.

    Katakanlah, “Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya’qub dan anak-anaknya; dan apa yang diberikan kepada Musa, Isa, dan para nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka, dan hanya kepada-Nyalah kami menyerahkan diri (muslim)”

    “Barangsiapa mencari agama selain dari agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia diakhirat termasuk orang-orang yang rugi..” 
    (QS Ali Imraan : 83-85)

    Sekali lagi, silahkan manusia bebas memilih mau pilih agama & kepercayaannya terserah kalian masing2. Itu urusan manusia dg Tuhannya.
    Karena Allah Ta’ala berfirman:

    “Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat.” (QS. Al Baqarah: 256).

    Dan silahkan kalo mau menyembah tuhan selain Allah,

    Maka sembahlah selain Dia sesukamu! (wahai orang-orang musyrik). Katakanlah, “Sesungguhnya orang-orang yang rugi, ialah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri dan keluarganya pada hari Kiamat.” Ingatlah! Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata.” 
    (Az-Zumar 15)

  4. 2. APA PESAN-POKOK AJARAN INJIL/ISA, menurut Quran?
    Ajaran yg dirisalahkan oleh nabi Isa as sebenarnya sama dg ajaran nabi2 sebelumnya dr mulai nabi Adam as s.d. penutup nabi Muhammad saw yaitu: Islam yg berarti damai, selamat atau sejahtera dan penganutnya disebut muslim yg artinya berserah diri, tunduk & patuh utk mnyembah pd Allah yg esa serta melaksanakan segala perintah Nya (beribadat) & menjauhi sgl yg dilarang Nya.

    Perhatikan ucapan Nabi Isa as (Yesus) dalam Al Qur`an:
    “Sesungguhnya Allah Dialah Tuhanku dan Tuhan kamu, maka sembahlah Dia, inilah jalan yang lurus. “(QS. Ali Imaran 3 : 51)

    Demikian pula dlm bible:
    “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal engkau, satu-satunya Allah yang benar dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.”
    ( Yohanes 17 : 3).

    Matius, 4:10 “Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti.”
    Markus, 12:29 “Tuhan Allah kita, Tuhan itu Esa.”

    Sedangkan hukum yg berlaku dlm ajarannya apa yg terdapat dlm taurat (10 perintah).
    Matius 5:17. “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.
    5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.
    5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

  5. 1. APA ITU INJIL menurut Quran?
    Padahal dlm tulisan ini sdh sngat jelas disebutkan apa itu injil yg diturunkan kpd nabi Isa as wahyu dr Allah Swt.
    Nabi Isa as diutus HANYA kpd bani israel utk meluruskan ajaran tauhid yg sdh diselewengkan & mengingkari ajaran2 yg dibawa nabi2 terdahulu dg kitab2nya kemudian menggenapinya dg ajaran nabi Isa as dg injil nya.

    Mengenai apa itu alkitab (taurat, zabur, injil) yg hrs diimani oleh seluruh umat islam, ada panduannya mengenai hal tsb yaitu berdasarkan firman Allah Swt:
    وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ عَمَّا جَاءَكَ مِنَ الْحَقِّ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَلَكِنْ لِيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ إِلَى اللَّهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

    Dan kami telah turunkan kepadamu Al-Qur’an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu, maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat di antara kalian, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kalian dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kalian terhadap pemberian-Nya kepada kalian, maka berlomba-lomba­lah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kalian semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepada kalian apa yang telah kalian perselisihkan.
    (Qs. Al Maidah :48)

    Dari ayat tsb, apa yg disebut Alkitab yg wajib diimani itu adalah sbg berikut:
    1. Apa saja isi dari alkitab yang sesuai dengan Al-Qur’an, maka itu adalah benar;
    2. Apa saja isi dari alkitab yang tidak sesuai dengan Al-Qur’an, itu adalah batil.
    3. Apa yg ada dlm alkitab tp tdk terdapat dlm Al Quran, maka abaikan

  6. To: Ning nong
    SURAT MARYAM(19:22-23)
    Maaf kepada saudara Ning nong,karena kemaren saya menulisnya di Arab (bisa dibilang kesalahan tehnik)maaf y.GBU.

    1. @Jesus IsMyGod,….
      lebih jauh manakah jaraknya kandang domba atau tanaman pohon kurma,….karena beliau sedang berusaha mengasingkan diri dan menjauhi orang sekitar,…sedangkan kandang biasanya di buat tidak jauh dari penduduk atau dekat dengan rumah pemilik kandang,….hanya Allah yang maha tau,….

  7. To: Ning nong
    Untuk saudara Ning nong,saya minta maaf atas kesalahan tulis saya yaitu di Arab(maklum kiboard eror njirrr),yang saya maksud adalah dibawah pohon kurma.

  8. To: Ning nong
    Trimakasih atas jawababya Ning nong,tapi saya mau tanya(Ning nong:Tanya mulu lo),maaf bila saya bertanya ini,aapakah saufara Ning nong sudah bertobat sehingga berkata
    Ning nong:Inilah jawaban yang kmu tunggu,Yesus lahir di Betwhem,dikandang domba
    Dan saudara Ning nong malah tidak berkata yang ada didalam kitab anda Al Quran ,tetapi mengatakan yg ada di Alkitab.
    Al Quran:Sesungguhnya Isa anak maryam lahir di Arab.

      1. @Jesus IsMyGod,….
        tobat saya adalah hanya Allah saja yang tuhan dan tuhan ku hanya satu yaitu Alloh subhana watta ala yang menciptakan alam semesta ( Allah swt) dan aku bersaksi nabi Muhamad adalah utusan Allah,… dan islam adalah agama ku,..

  9. Ingatlah ayat2 dlm bible mu ini, kalo kau mengikuti perintah Tuhan Allah/bapa & nabi mu, yesus as maka keselamatan & kerjaan sorga ganjarannya. Tapi kalo kalian menolak atau mengingkari perintah & ajarannya, baik sebagian apalagi semuanya, maka kafir & sesat lah kalian.

    1 Tesalonika 5:21. Namun, ujilah segala sesuatu! Peganglah apa yang baik! Hendaklah segala perkara kamu uji, dan yang baik kamu pegang.

    Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu Iakukan dengan setia, janganlah engkau menambahinya ataupun menguranginya. ”
    (Ulangan 12:30-32)

    Yohanes :14:15
    “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

    “Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku. Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.”(Matius 19:8-9)

    “Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapaku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepadaku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” (Matius 7:21-23)

    “Percuma mereka beribadah kepada-Ku. sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia. Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia. (Markus 7: 7-8)

    Yakobus 2:17 dikatakan :
    Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

    Yakobus 2:14
    Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia?

    JADI APAKAH HANYA BERMODALKAN PERCAYA/IMAN SAJA KEPADA YESUS CUKUP MENYELEMATKAN MU KPD KERAJAAN SORGA???

    Silahkan renungkan, mudah2an kalian sadar & dapat hidayah

    Kalo tidak, maka benarlah sesuai dg ayat berikut ini:

    Yeremia 4 : 22
    “Sungguh, bodohlah umat-Ku itu, mereka tidak mengenal Aku! Mereka adalah anak-anak tolol, dan tidak mempunyai pengertian! Mereka pintar untuk berbuat jahat, tetapi untuk berbuat baik mereka tidak tahu.”

  10. Umkris yg mngaku pengikut ajaran yesus (nabi Isa as) tp malah mngingkari ajarannya & injil malah lbh mengikuti ajaran paulus cs (rasul/nabi palsu) & gereja masehi/romawi

    Menistakan ajaran para nabinya dg menuhankan manusia yesus yg jelas2 nabi/utusan Allah dg membuat patung & gambar yg jelas2 melanggar perintah Allah, Tuhan YMK dlm 10 perintah Tuhan (Taurat).

    Mengaku pengikut yesus tp malah ingkar thd ajarannya malah lbh memilih ajaran paulus cs/konstantin & doktrin gereja dg dodolan “pepesan kosong – penebusan dosa”
    Menistakan Tuhan semesta alam dg rendahnya disamakan sifat & wujud dg mahluk ciptaan Nya.

    Dimana mukjizat kelahiran yesus klo kalian mnganggap bhw Tuhan berhub. dg maria dan memperanak yesus??

    Kalo cuma bikin anak spt itu, binatang pun bisa pnya anak

    Kmna logika kalian dg menistakan Tuhan sdemikian rendahnya??

    Justru dg kalimat/firman “kun” jadilah..
    Maka yesus jd dlm kandungan maria tnp proses hukum alami dg tnpa dicampuri laki2
    Disitulah letak mukjizat & ke Maha Kuasa an Allah

  11. To:Ning nong
    Kan saya cuman tanyadimanaIsa/Yesus dilahirkan.Tlong hargai pertanyaan saya dong!
    Tlong dijawab dengan benar saya mohon•﹏••﹏••﹏••﹏••﹏••﹏••﹏•

  12. Allah SWT berfirman:

    اِنَّاۤ اَوْحَيْنَاۤ اِلَيْكَ كَمَاۤ اَوْحَيْنَاۤ اِلٰى نُوْحٍ وَّالنَّبِيّٖنَ مِنْۢ بَعْدِهٖ ۚ وَاَوْحَيْنَاۤ اِلٰٓى اِبْرٰهِيْمَ وَاِسْمٰعِيْلَ وَاِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَ وَالْاَسْبَاطِ وَعِيْسٰى وَاَيُّوْبَ وَيُوْنُسَ وَهٰرُوْنَ وَسُلَيْمٰنَ ۚ وَاٰتَيْنَا دَاوٗدَ زَبُوْرًا
    innaaa auhainaaa ilaika kamaaa auhainaaa ilaa nuuhiw wan-nabiyyiina mim ba’dih, wa auhainaaa ilaaa ibroohiima wa ismaa’iila wa is-haaqo wa ya’quuba wal-asbaathi wa ‘iisaa wa ayyuuba wa yuunusa wa haaruuna wa sulaimaan, wa aatainaa daawuuda zabuuroo

    “Sesungguhnya Kami mewahyukan kepadamu (Muhammad) sebagaimana Kami telah mewahyukan kepada Nuh dan nabi-nabi setelahnya, dan Kami telah mewahyukan (pula) kepada Ibrahim, lsmail, Ishaq, Ya’qub dan anak cucunya; ‘Isa, Ayyub, Yunus, Harun, dan Sulaiman. Dan Kami telah memberikan Kitab Zabur kepada Daud.”
    (QS. An-Nisa’ 4: Ayat 163)

  13. Dan bilamana tidak, maka dipastikan kenabiannya adalah DILUAR garis kenabian Tuhan Abraham, Tuhan Ishak, Tuhan Yaqub! (lihat pula QS.29:27). Muhammad itu ummi (buta huruf), dan karenanya beliau hanya terbatas melaporkan hal-hal faktuil yang bisa diperoleh dari hasil dengar-dengaran mulut kemulut tentang Injil. Itu sebabnya Muhammad bisa banyak mengkisahkan kejadian-kejadian tentang sosok-sosok Injil (seperti Imran, Zakaria, Yahya, Maryam, Isa, namun sedikit sekali ajaran verbatim yang bisa diingat/dicatatkan dari mulut mereka. Ia tidak menguasai issue detail teologis yang dalam, dan doctrinal tentang Yesus. Semisal, seluruh isi Quran tidak mampu menjelaskan untuk tujuan apa Yesus diutus kedunia? Kenapa harus dibarengkan dengan Nabi Yohanes (Yahya) dalam satu masa misi yang sama? Apa peran khusus misi Yohanes sehingga misi Isa sendirian dianggap Allah sebagai tidak cukup? D

  14. Namun nanti dulu! Bilamana Allah SWT begitu menjamin Quran, apakah mungkin Dia tidak sekalian menjaga apa-apa yang berasal daripadaNya, termasuk Taurat dan Injil yang adalah FirmanNya sendiri? Ingat bahwa Quran hanya diturunkan lewat perantara Jibril, namun Taurat dan Injil diturunkan oleh Allah sendiri secara langsung dan pribadi. Lihat betapa khususnya Allah menurunkan InjilNya kepada Isa:

    “Dan Allah akan mengajarkan kepadanya (Isa) Al Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil” (QS.3:38). Jadi, bilamana Allah benar-benar menjaga Quran yang ditransmisikan Hanya oleh seorang perantara Jibril, maka mungkinkah Allah membiarkan Injil yang Dia turunkan secara pribadi itu
    Menjadi korup,najis,dan terhilang??

    1. @Jesus IsMyGod,….
      manusia itu di berikan kuasa bebas artinya manusia itu boleh melakukan apa saja tergantung pilihannya,….bahkan ada manusia yang menyiksa nabi Allah atau menyerang nabi Allah…dan untuk pilihan salah ada neraka menunggu dan pilihan benar surga menunggu artinya manusia yang di dalam kendali setan bisa melakukan apa saja untuk menyesatkan manusia lainya,…..termasuk merubah isi kitab tidak akan di cegah oleh Allah,….kecuali kitab suci Al-qur’an Allah akan menjaganya karena merupakan wahyu yang terakhir,….terbukti bahwa manusia bersedia menghafal Al-qur’an dengan suka rela,…..

  15. Dan Yesus berkata dalam otoritasNya: “Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu”
    (Matius 24:35)

    1. @Jesus IsMyGod,…..
      semua perkataan para nabi dan rasul yang di tujukan kepada umat dan untuk kebaikan umat itu merupakan wahyu Allah dan tidak akan berlalu,….

  16. AL-QURAN: “Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang MEREKA berbantah-bantahan tentang kebenarannya.”
    (QS.19.34)

    1. @Jesus IsMyGod,….
      dimana nabi Isa di lahirkan,…di akhirat nanti tidak ada pertanyaan semacam itu,…yang ada pertanyaannyaTuhanmu siapa dan kalau salah jawab pasti deh kena gebuk sampai bonyok,…tapi kalau penasaran lihat aja di google,…..

  17. To:Ning nong
    Lu kira nyanyi bukan menyembah Tuhan gitu????
    Hehh gua kasih tau nyanyi dalam ibadah merupakan ucapan syukur,doa merupakan wujud cinta dan percaya=sholat.
    Semoga kmu mengerti.
    GOD BLESS YOU.☆☆☆♥♥♥♡♡

    1. @Jesus IsMyGod,….
      Islam itu nabinya cuma satu yaitu nabi besar Muhammad,… nabi terakhir,…..selanjutnya kamu bisa jawab sendiri,….pasti nggak salah,…

  18. To:Ning nong
    ……………..Lha……………………………………Trus……………………
    Kemaren kan kmu bilang nabinya sekarang kmu ngomong agama.
    Buktinya Kristen bertahan lama,klo yg gk bertahan lama apa????
    Tolong di JAWAB.
    •﹏• •﹏• •﹏•

    1. @Jesus IsMyGod,….
      Taurat,…zabur,….Injil,…dan kitab suci Al-qur’an semua sumbernya sama yaitu merupakan wahyu dari Allah SWT,…..hanya saja setan berupaya menyesatkan manusia,…dan setan merasuk kedalam tubuh manusia untuk mengendalikannya dan membuat konspirasi agar manusia berpaling dari Allah,…Allah adalah nama tuhan yang menciptakan alam semesta,…..Allah bapa sama dengan Alloh,…tuhan itu hanya satu,….sedang yang lain semuanya itu makhluk,…malaikat juga termasuk makhluk,….hanya di dalam islam saja yang di ajarkan sholat,…..sholat itu menyembah Allah dan sujud kepadaNya,…..sedangkan yang lain cuma nyanyi-nyanyi gitu deh,….

  19. To:Ning nong
    Maksud kmu nabi akan bertahan lama gitu???.
    Setiap manusia punya umur brayyy,jadi orang jangan bego!!!!.
    Setiap orang akan mati kyai,dukun,pendeta,biksu,guru,tentara,polisi,tukang becak,penjual es dawet,penjuar sariroti,penjual bakpao,semuanya akan mati brooo….
    Sadar……sadar…….sadar….
    Bisa saja orang itu mati mengenaskan,bisa saja mati alami/mati biasa,bunuh diri
    Apakah anda pernah mendangar orang yg tidak bisa mati???tentu saja tidak kan???
    Karau yang tidak bisa mati namanya SANG ILAHI/TUHAN.

    1. @Jesus IsMyGod,……
      yang bertahan lama itu ajaran nya atau agama nya tidak akan pudar oleh jaman walaupun nabinya sudah tidak ada agamanya tetap ada sampai menjelang kiamat nanti,….akan tetapi kalau nabi palsu agamanya akan hilang tidak lama setelah dia meninggal,……paham.

  20. Allah SWT berfirman:

    لَقَدْ كَفَرَ الَّذِيْنَ قَالُوْۤا اِنَّ اللّٰهَ هُوَ الْمَسِيْحُ ابْنُ مَرْيَمَ ۗ وَقَالَ الْمَسِيْحُ يٰبَنِيْۤ اِسْرَآءِيْلَ اعْبُدُوا اللّٰهَ رَبِّيْ وَرَبَّكُمْ ۗ اِنَّهٗ مَنْ يُّشْرِكْ بِاللّٰهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللّٰهُ عَلَيْهِ الْجَـنَّةَ وَمَأْوٰٮهُ النَّارُ ۗ وَمَا لِلظّٰلِمِيْنَ مِنْ اَنْصَارٍ
    laqod kafarollaziina qooluuu innalloha huwal-masiihubnu maryam, wa qoolal-masiihu yaa baniii isrooo`iila’budulloha robbii wa robbakum, innahuu may yusyrik billaahi fa qod harromallohu ‘alaihil-jannata wa ma`waahun-naar, wa maa lizh-zhoolimiina min anshoor

    “Sungguh, telah kafir orang-orang yang berkata, Sesungguhnya Allah itu dialah Al-Masih putra Maryam. Padahal Al-Masih (sendiri) berkata, Wahai Bani Israil! Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu. Sesungguhnya barang siapa mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka sungguh, Allah mengharamkan surga baginya, dan tempatnya ialah neraka. Dan tidak ada seorang penolong pun bagi orang-orang zalim itu.”
    (QS. Al-Ma’idah 5: Ayat 72)

  21. Baca Yohanes 1:10
    10.Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya,tetapi dunia tidak mengenal-Nya
    Dan malaikat Jibril tidak ada brooo….

    1. @Jesus IsMyGod,……
      jelas aja ngak ada gue belok kanan elu belok kiri kita kan tidak searah kalau gitu kita masing-masing aja,…terserah elu aja,….

  22. To:Ning nong
    Ketimbang lu banyak omong(bukan banyak duit)
    Mendingan kmu bertobat aja,ketimbang terlambat/keburu Kiamat ntar masuk NERAKA lebih baik tobat*^▁^**^▁^* GBU.

    1. @Jesus IsMyGod,…..
      Surga atau neraka itu hak Allah yang maha kuasa,….kalau kita menyembah dan sujud kepadanya kita boleh berharap mendapat sorgaNya,…yaa Allah ya Tuhanku,…tampakanlah yang benar adalah benar dan yang salah adalah salah,….tunjukilah aku pada jalan yang lurus,…yaitu jalan yang Engkau ridhoi,…..amiin.

  23. Dan juga mengapa tidak dibaca dengan nyaring…….karena kita /Yesus bukan berasal dari dunia ini,melainkan dari rmah sang Ilahi,sedangkan al quran,islam dan agama/kepercayaan lain berasal dari dunia ini/bisa dibilang SESAT
    Baca Matius 5:16
    16.Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang,supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.
    Masih banyak ayat2 yang belum aku tuliskan.GBU

    1. @Jesus IsMyGod ,…..
      Bapamu yang di sorga,….adalah Allah subhana watta alla atau Allah SWT sedangkan putra bunda maria atau Yesus/ Isa adalah nabinya atau Rasulnya dan bukan tuhan sedangkan Roh kudus adalah Malaikat Jibril Sang pembawa wahyu,….sedangkan Yesus ketika masih bayi di dampingi oleh malaikat Jibril agar bayi yesus bisa bicara untuk menjelaskan,….bahwa Yesus adalah bayi suci walaupun tanpa ayah,……paham,…!!!
      Dan ketika dewasa dia di takdirkan menjalani penyaliban agar memberikan kepastian kepada manusia bahwa dia bukan Tuhan,….

  24. Ayat tadi membuktikan bahwa Yesus bangkit pada hari yang ke3,dan menyediakan hidup kekal bagi orng yg percaya akan dia,dia -Yesus- akan kembali dan menghakimi umat manusia
    Baca Kisah Para Rasul 1:10-11
    10.Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu,tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka,
    11.dan berkata kepada mereka:”Hai orang-orang Galelia,mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu,akan kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga”

  25. Baca Markus 16:6
    6.Tetapi orang muda itu berkata kepada mereka:”Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret,yang disalibkan itu.Ia telah bangkit.Ia tidak ada disini.Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia”

  26. To:Ning nong
    Hanya orang bodoh yg menanggapi Yesus disalib bukan sebagai Tuhan
    Baca:Matius 1:21
    21.Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus,karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.
    Jadi Yesus lahir dan mati di kayu SALIB bukan karena dia kehilangan kuasanya,tapi untuk menebus dosa manusia
    Sebelum Yesus mati ia berkata,
    Baca Yohanes 19:30
    30.berkatalah Ia:”Sudah selesai”
    Arti dari kata2 ini adalah semua dosa manusia sudah diampuni
    Peringatan
    Baca Matius 7:15
    15.”Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba,tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
    Dari ayat ini kita diutus untk waspada terhadap nabi2 palsu,pengajaran sesat,dan selalu percaya kepada Yesus kristus,GBU.

    1. @Jesus IsMyGod,….
      hanya orang bodoh yang tidak dapat membedakan antara nabi beneran dan nabi palsu,…..karena nabi palsu tidak akan bertahan lama tidak sampai ratusan tahun sedangkan nabi Allah itu abadi sampai menjelang hari kiamat nanti,….makanya jangan makan daging babi biar ndak bebal,……tidak tau tanda-tanda kebenaran,……

  27. Allah SWT berfirman:

    قُلْ اِنَّمَاۤ اُنْذِرُكُمْ بِالْوَحْيِ ۖ وَلَا يَسْمَعُ الصُّمُّ الدُّعَآءَ اِذَا مَا يُنْذَرُوْنَ
    qul innamaaa unzirukum bil-wahyi wa laa yasma’ush-shummud-du’aaa`a izaa maa yunzaruun

    “Katakanlah (Muhammad), Sesungguhnya aku hanya memberimu peringatan sesuai dengan wahyu. Tetapi orang tuli tidak mendengar seruan apabila mereka diberi peringatan.”
    (QS. Al-Anbiya 21: Ayat 45)

  28. Dan soal ngapalin
    Heh ning nong lu bodoh banget,sumpah”Bodoh”kurang pengajaran dasar,(Emang dia orang sesat)
    Mangkanya sering bca Alkitab,biar pikiran lu kebuka,biar gk kentel
    Dalam Alkitab Tuhan tidak menyuruh untuk menghafalkan semua,tpi Tuhan menyuruh kita untuk melakukannya,tidak seperti halnya al quran,menghafal tpi gk diterapkan dlam kehidupan,kan percumah
    Masa,kita manusia pada akhir hidup hya membawa hafalan
    Klo kita sebagai umat kristen,mati bukanlah membawa amal,kebaikan,hafalan.
    Karena kebaikan kita tidak setara dengan kejahatan.
    Maka bagai mna kita memperoleh keselamatan dari sang “ILAHI”
    Caranya adalah,hanya PERCAYA kepada Yesus Kristus.
    Tuhan memberikan hidup “KEKAL”secara CUMA-CUMA
    Jadi jangan sia-siakan pemberian Sang “ILAHI”.Semoga kalian bertobat dari Hidup sesat,Menyembah berhala,dan mau menerima Tuhan Yesus sebagai JURU SELAMAT Anda.Tuhan Memberkati Anda Sekalian.

    1. @Jesus IsMyGod,……
      bro saya itu baru bicara soal ke unggulan kitab,… fokus kesitu bro fokus,….orang ke utara kamu keselatan,…dasar bodoh,…bicara so’al keselamatan lagi,…wong tuhannya aja di siksa gitu,…masak kita mau mintak tolong,….payah deh,…..

  29. To:Ning nong
    Hehh yaampun dasar gk tau malu se karang lo buktiin ketik :(berlaku
    untuk semua pembaca)
    Al Quran menurut orang kristen baca blogs:isadanislam(baca semua sekaligus coment dan kmu akan tau siapa yang benar,dan semoga kmu bertobat dan percaya kristus GBU)

  30. Sebenernya sih aku mau berhenti dari perdebatan ini karena ada ayat yang mengtakan
    Baca:Yakobus 5:7-9
    7.Karena itu,saudara-saudara,bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi.
    8.Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu,karena kedatangan Tuhan sudah dekat!
    9.Saudara-saudara,janganlah kamu bersungut-sungut dan saling mempersalahkan,supaya kamu jangan dihukum.Sesungguhya Hakim telah berdiri diambang pintu.

  31. Qur’an menyempurnakan kitab2 sebelumnya, artinya injil itu belum sempurna (diperuntukan hanya untuk satu kaum dan pada masa itu. “kali masih jaman BATU &masih sangat primitif) Dalam islam hanya diwajibkan meng’Imani, bukan mempelajari apalagi mrngikuti karena udh beda zaman broo. Muhammad yg tidak bisa baca tulis kenapa di wahyukan Qur’an? karena pada masa itu kalau muhammad pandai baca tulis maka akan disangka mengada-adakan firman Alloh, itu sebuah mu’jizat bagi orang yang berfikir. Dalam wikipedia injil itu ada puluhan versi (matius,yohanes,barnabas,mani,maryam dll..) ada yg dihapus, dirubah, di tambah, di kurangi isinya. dan bagi admin blog ini pasti setuju kalau ente bingung mana injil yg harus dipercaya. Jadi kalo nulis sesuatu jangan ngasal yah. Moga aja hatimu terbuka menerima Qur’an sebagai pencerah bukan membaca Qur’an sebagai olok2 untuk kami muslim. Assalamualaikum..

  32. To:Ning nong Hahaha dasar orang sesat heh al quran dbacakan lewat speaker bukan arena lebih unggul, tapi kaena maunya sendiri atau banyakna umat islam di Indonesia seharunya kamu malu dengan sikap agama kamu, dasar anak jaman sekarang lagi pula itu juga gk bisa jadi bukti dasar anak LoL masa cuma spiker keras bisa jadi bukti ya gk masuk akal lahhh yaampun dasar masih anak anak gk tau apa2 mangkanya sering belajar ya dik jangan asal BUNYI!! Aja dya udah sana tidur

    1. @Jesus IsMyGod,….
      makanya jangan makan daging babi,….sok tua tapi bodoh,….sekarang satu lagi,…hanya kitab suci Al-qur’an yang manusia bersedia menghapal isinya,….apakah kamu hafal isi kitab mu walaupun dua lembar halaman saja,….pasti tidak mungkin,…masih banyak lagi bukti,…..bro,…tapi kamu bodoh,…jadi percuma saja,….makanya jangan makan tu daging babi,….

    2. @Jesus IsMyGod,….
      ini buktinya kalau kamu bodoh,…yang kamu tangkap dalam kalimat saya itu cuma masalah speakernya saja,…padahal aku mau jelaskan kalau kamu baca kitabmu tidak berani nyaring,….kalau perlu bisik-bisik saja sudah cukup,…nanti malu di dengar orang,…..

  33. Eeeh hadeeehhh, mangkanya bocah2 Islam kan aku da bilang ketimvang kalah bkti trus ntar (malu )Mending jualan tempe kan rmanfaat /es dawet gitu (cuman nyarann )klo mau yaa bagus de ada pedagam kaki lima biar gubisa beli (ntar fua borong okkok tenang aja )ketimbang sirikhh aja gk ada guna

  34. To: Ning nong
    Eeehh jawab dulu pertanyaan saya janfan bisa ngolok oloin saya doang kli brani jawab, klo gk brani y maaf(Bocah Srikhh)aku gk bisa ngladenin kmu karena anak kecil cima bisa ngomong gk brani bertindak soryy

  35. To: Ning nong
    Udah kwlitan bangt gobloG nya kan, kalo berdasarka akal manua terus berarti buatan manusia maangkanya unya otak uat mikir jangan Sirikkhh aja

    1. @Jesus IsMyGod,…
      masa agama itu buatan manusia,…yaa bukanlah,…karena kalau buatan manusia umurnya tidak lama tidak sampai ratusan tahun,….kalau kebanyakan makan daging babi pasti tidak mengerti,…yang di omongin tidak sama dengan yang kamu pahami,…itu bodoh namanya,…

  36. To: Ning nong
    Udah kwlitan bangt GOBLOG nya kan, kalo berdasarka akal manua terus berarti buatan manusia dong (Mikir angkanya unya otak uat mikir jangan Sirikkhh aja

  37. Eh gakk kebalik apa yang bodoh sapa ,bukany siru yng bodoh, klo lu bilan katanya ALKItab lebih buruk kwtbangAL QRQAAN Manaa buktiya coba klo gak jawb paati ngarang, klo aku punya buktinya To: Ning nong

    1. @Jesus IsMyGod,…..
      tidak ada kitab lain yang berani di baca pakai pengeras suara,…cuma kitab suci Al-qur’an yang di baca nyaring dengan menggunakan pengeras suara,….kalau ada ayo kita nilai mana yang unggul,…..pasti nggak berani tanding,….yang mau baca nyaring pasti malu yaa,…coba deh kamu yang coba,….ini bukti,…masih banyak lagi bukti yang lain bahwa kitab suci Al-qur’an paling unggul dalam segala hal,…karena memang merupakan wahyu Allah tuhan semesta alam,…..

  38. 2.Gua pernah baca mungkin Al Quran tentang muhammad pergi ke ahli2 kitab pada zaman itu
    Bisa saja muhammad mencontek alkitab dan menggant

    1. @Jesus IsMyGod,….
      apa mungkin hasil nyontek lebih unggul dari yang di contekin,…dasar kamu bodoh karena kebanyakan makan daging babi,…..

  39. To Bla-bla
    AD A KOK LUNYA KALI YANG ODOH GAKTAU CEEITANYA ASALBNYIAJA
    DASAR ORANG ISLAM SIRIK AJ KERJAANYA, TIMBANG SIRIK BEIRUT BUATEMPE DI RUMAH TRUS KALIAN JUAL KAN MALAH dAPAT KEUNTUNGANletimbang sirik ajaG SIRIK AJA SI

    1. To: BlaBLu
      Eh KOPLAG sejarh itu bisa diandalin
      1.Al Quran past nyontek dari. Alkitab karena sesudah Isa almasih mati 600 th kemudianMUHAMMad lahir
      Secara lofika berartalkitab lebih dlu dari alquran (emang kenyataanya begitu )
      secara logika bisa saja MUHAMMAd menu ntek

    2. To: BlaBLu
      Eh KOPLAG sejarh itu bisa diandalin
      1.Al Quran past nyontek dari. Alkitab karena sesudah Isa almasih mati 600 th kemudianMUHAMMad lahir
      Secara lofika berartalkitab lebih dlu dari alquran (emang kenyataanya begitu )
      secara logika bisa saja MUHAMMAd menu ntek

  40. Allah SWT berfirman:

    اِنَّنِيْۤ اَنَاۡ اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّاۤ اَنَاۡ فَاعْبُدْنِيْ  ۙ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ لِذِكْرِيْ
    innaniii anallohu laaa ilaaha illaaa ana fa’budnii wa aqimish-sholaata lizikrii

    “Sungguh, Aku ini Allah, tidak ada tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan laksanakanlah sholat untuk mengingat Aku.”
    (QS. Ta-Ha 20: Ayat 14)

  41. Masya ALLAH pusing aku baca perdebatan kalian setahu aku Tiada tuhan selain ALLAH,,dan ALLAH itu tidak beranak dan juga tidak di pula peranakan,,ALLAH.SWT..itu ESA

  42. Asalammualaikum….hai manusia tuhan itu satu….kalau tuhan bayak maka bakalan ada perang antara tuhan tuhan …..terus manusia sebagai apa……pembuat apa hamba …..trims

  43. Sudah di bilang kalau agama mengandalkan sejarah itu artinya bodoh,…karena sejarah yang berkaitan dengan agama itu sudah pasti setan ikut terlibat dalam penyesatan karena setan selalu membuat konspirasi di mana-mana,…bahkan nabi atau rasul bisa saja di bunuh atau di aniaya apalagi sejarah,…sejarah kalau sudah di perkosa sama setan,…sudah pasti tidak perawan lagi artinya tidak asli dan tidak outentik di ragukan kebenaranya,….jadi kalau debat agama jangan bawa-bawa sejarah kalau tidak mau ketahuan bodohnya,…

    1. Wkwkwkk… Sejarah adalah kisah nyata…dan sumber diluar kitab kita yg kta perlu cocokan.. Krna jg beda pandangan..jd jelas tdk ada konspirasi… Sya pelajari agama sya dan berani kluar dri kitab saya agar yakin dluar dri kitab jg ada kebenaran tentang yg saya imani. Dan puji Tuhan..tambah menguatkan saya bahwa yg saya sembah ada allah yg benar..

      1. maksutnya yang bisa disalib,….bisa bikin matahari seharusnya nggak bisa di salib,…tidak cocok sama akal,…Allah yang mana,…?

      2. @ning nong
        Itulah misteri ilahi… Kita manusia yang terbatas sedang Dia tak yang terbatas…MAHAKUASA, ngerti MAHA? Apapun bisa Dia lakukan, seperti yang telah dilakukannya firmannya yang yelah menjadu manusia yesus.. Ketahuilah perkataanmu adalah kamu..kira2 bisa ga kamu pisahkan perkataanmu dari kamu? Contoh saya sedang menyanyi di kamar dan kamu mendengarnya dari luar, lalu kamu bertanya pada seseorang ” siapakah yang bernyanyi dikamar” si seseorang menjawab ” si bla bla.. Itu artinya karna perkataanmu adalah kamu. Bukan orang lain..Itulah artinya dari ayat ini “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.” Yohanes 1:1. Jika allah harus menjadi sesuatu yang buruk/yang tidak baik maka itu tdk akan terjadi, karna allah itu suci tak bernoda maka bukan bagiannya untuk menjadi itu. Tapi untuk menjadi manusia yesus yang suci dan tak berdosa mengapa tidak? menurut anda allah itu zat tidak diperanakan dan sebagainya, dengan begitu allah menjadi tidak mahakuasa. Allah yang kami sembah mahakuasa dan punya rencana keselamatan bagi manusia melalui tubuh manusia yesus yang adalah firmannya dan rohNya adalah roh kudus maka dari itu kami percaya akan trinitas 3 didalam 1 kesatuan allah yang mahakuasa allah yang tak terbatas, jangan kau batasi dengan pikiranmu….salam

      3. @Bla bla,…
        berati kamu ini memang bodoh,….sudah di kasih tau bukanya mengerti malah ngeyel,…..wkwkwkk,…hi hik,….

      4. @Bla bla,…
        agama di ciptakan Allah itu untuk manusia,….jadi yang di gunakan harus menggunakan standart pemikiran manusia yang normal,…karena di antara manusia itu ada yang di bawah kendali setan yang misinya menyesatkan manusia,….tapi kalau kamu ngeyel memang saya bisa apa,….

    2. Jika tdk ada sejarah hampir sya mualaf..setelah selidiki ternyata banyak ayat yg bertentangan di quran mulai dari nama tempat/kota yg berbeda jika di cocakan skrg. Maria ibu yesus yg hidup sejaman dgn harun what? Saudara perempuan musa, what? Dan msh bnyak lg…padang gurun paran di mekah, what? Dan msh banyak lg…makanya belajar sejarah… Jgn lupa sejarah indonesia jg ya…salam sejarah…

  44. Allah SWT berfirman:

    يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِمَّا فِى الْاَرْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖ وَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِ ۗ اِنَّهٗ لَـكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ
    yaaa ayyuhan-naasu kuluu mimmaa fil-ardhi halaalan thoyyibaw wa laa tattabi’uu khuthuwaatisy-syaithoon, innahuu lakum ‘aduwwum mubiin

    “Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.”
    (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 168)

  45. Ralat:
    Yg diutus utk mnyrbarkan agama Allah yaitu agama tauhid utk seluruh umat manusia, diutus lah nabi & rasul Muhammad saw sebagai penutup nabi &r rasul…

      1. Buktinya mana? Bicara pake bukti jgn pake tebak gambar..ingat nubuat untuk yesus yg adalah iman umat kristen tp koq ada nubuatnya di kitab yahudi…luar biasa kan… Nabi penutup?

  46. Kalo kalian para domba bin kambing slalu berpijak fakta sejarah & akal buntu kalian..
    Pelajari sejarah perang salib…itukah ajaran dr yesus yg penuh belas kasih…
    Pembantaian & bagi wilayah kekuasaan ternyata yg dikejar..
    Sdhkah kalian baca, pelajari & pahami kitab injil mu yg menurt kalian benar bukan palsu…
    Terlalu bnyak kontradiktif isinya…bahkan ada yg berisi kisah cabul…layak kah menurut kalian kalo isinya begitu disebut kitab suci…
    Berkali-kali Allah swt menyingkap tabir keberadaan injil yg asli dg penemuan-penemuan diberbagai situs & kejadian, tp penemuan tsb selalu disembunyikan krn bertentangan dg konsep trinitas vatikan roma….negara para penyembah patung dewa berhala….(maka dibuat patung sadis orang disalib utk disembah spt yg sdh jadi kebudayan & adatnya).

    Nabi Isa as diutus utk bangsa israel bukan utk seluruh umat/bangsa manusia di dunia..
    Yg diutus utk mnyrbarkan agama Allah yaitu agama tauhi diutus lah nabi & rasul Muhammad saw…
    Paham…mudah2an dpt hidayah kalian para domba bin kambing…

    Wassalam..

    1. Ga usah banyak cincong.. Bicara pake bukti…mana penemuannya lampirkan dsni???? Dr dulu onta ya begini ada ini ada itu…tp ga ada bukti….mau tau kiblat pertama dmn??? Lu kira di pertama di al aqsa?? Blm tau kan?? Bnyak yg disembunyikan… Cari sumber masjid pertama kublatnya kmana tu… Klo uda tau baru kita bahas lg…jika kau pelajari injil justru kau akan mengerti apa itu injil. Injil arti bahasa indonesianya KHABAR BAIK alquranmu salah mengartikan seolah olah injil itu diturunkan berupa buku….wkwkwkk ketahuan boongnya jadinya…khabar baik itu adalah yesus membawa berita keselamatan dalam penebusan dosa ddlm diri yesus itu sendiri yg adalah mesias… Jadi injil yg ditulis oleh para rasul yesus melalui/dituntun oleh roh kudus itu mengenai sabda2 yesus tetang khabar baik yg akan kita terima…jd hanya yg memang dituntun oleh roh kudus yg bsa mencerna itu sehingga kita percaya akan yesus yg adalah firman allah itu sendiri yg turun ke dunia menjadi manusia..itulah injil. Smoga bsa nge….. Salam damai. Oh ya lupa satu lg ni… Mau tau soal mekah?? Coba cari tau kota mekah yg katanya dr jaman ismail sdh ada.. Coba cari sumber valid PETA KOTA MEKAH baru ada di dlm peta dunia di abad keberapa? Langsng luntur itu yg mengatakan mekah sdh ada dr jaman ibrahim/ismail…Klo uda tau ksini lg ya. Salam

      1. Sudah di bilang kalau agama mengandalkan sejarah itu artinya bodoh,…karena sejarah yang berkaitan dengan agama itu sudah pasti setan ikut terlibat dalam penyesatan karena setan selalu membuat konspirasi di mana-mana,…bahkan nabi atau rasul bisa saja di bunuh atau di aniaya apalagi sejarah,…sejarah kalau sudah di perkosa sama setan,…sudah pasti tidak perawan lagi artinya tidak asli dan tidak outentik di ragukan kebenaranya,….jadi kalau debat agama jangan bawa-bawa sejarah kalau tidak mau ketahuan bodohnya,…

  47. @setia budi,….
    sudah saya katakan bahwa agama mengikuti sejarah adalah bodoh,…karena sejarah hanya untuk di sekolah,…ini buktinya : kalau di tanya apakah Yesus tuhan pasti kamu jawab yaa,…coba tanya pada muslim,…apakah Dewa Hubal = Alloh,…pasti jawabanya bukan,…Alloh bukan dewa hubal,…dan cari pada kitab suci Al-qur’an dan hadist,…tidak akan kamu temukan tentang dewa hubal,…apalagi sebagai tuhan,…di dalam melakukan sholat kami tidak ada ucapan dewa hubal,…yang ada adalah segala puji bagi Allah tuhan semesta alam,…jadi kalau bodoh jangan di pamerkan,…biar tidak membuat malu,…

  48. @Imam,
    Kamu anti sejarah Islam??
    Dari sejarahlah kita tahu, apa itu Islam, siapa nabinya dan siapa Alloh Islam.

    Dari sejarah juga kita tahu siapa Abdullah (artinya: Abdi Alloh), ayah Muhammad dan Abdul Mutholib kakek Muhammad.

    Abdul Mutholib adalah seorang juru kunci Kabbah (Istana Dewa Hubal).
    Dia adalah pemuja Dewa Hubal (disebut : Alloh) yang taat kepada Allohnya menamai anaknya Abdullah.
    Jauh sebelum wahyu dituliskan Utsman Cs. di Al-Quran kata Alloh sudah dipakai kakek Muhammad untuk berdoa.
    Jadi Alloh yang dimaksud Muhammad Alloh yg mana??
    Tanpa sejarah, dari mana kamu tahu Alloh yg dimaksudkan Muhammad.
    GBU

  49. @setia budi,….
    sebenarnya kamu tidak mengerti apa-apa tentang islam dan sejarah itu hanya berlaku di sekolah,… hanya orang yang bodoh yang bersandar pada sejarah,…karena sejarah bisa jadi bagian dari konspirasi setan yang telah menyusup pada manusia,…kalau saja nabi dan rasul mereka aniaya,…sudah jelas sejarah nya dalam kuasa setan,….akan tetapi akal-fikiran tidak dapat di tipu sama setan,…sesungguhnya Tuhanya para nabi dan rasul bernama Allah,…hanya Dialah satu-satunya tuhan tidak ada yang lain,….kalau kamu terserah kamu,…karena tidak ada paksa’an dalam menentukan agama atau tuhanya,…

  50. @Imam,
    Untuk mengenal Tuhan yang benar, harus kita tahu secara jelas asal-usulnya, biar kita tahu cara menyembah Tuhan dengan benar.

    Tidak asal comot sana-sini dan klaim-klaim kisah nabi-nabi Israel yang diplintir. Tuhan Israel “dibajak”, padahal Hukum Tuhan diinjak-injak Muhammad, nyembah Istana Dewa Hubal juga, sholat, ritual Haji dan cium Batu Hitam dicontoh Muhammad bulat-bulat dari Pagan Arab.
    Pelajari sendiri sejarah Pra-Islam. Rekonstruksikan cara-cara yg dilakukan Muhammad untuk membuat agama Islam, maka kamu akan melihat agama warisan Pagan Arab yang membawa-bawa ajaran plintiran kisah nabi Israel, tetapi tetap memuja Alloh Pagan Arab yaitu : Dewa Hubal Allohnya Abdul Mutolib.
    GBU

    1. @setia budi,….
      sebenarnya kamu tidak mengerti apa-apa tentang islam dan sejarah itu hanya berlaku di sekolah,… hanya orang yang bodoh yang bersandar pada sejarah,…karena sejarah bisa jadi bagian dari konspirasi setan yang telah menyusup pada manusia,…kalau saja nabi dan rasul mereka aniaya,…sudah jelas sejarah nya dalam kuasa setan,….akan tetapi akal-fikiran tidak dapat di tipu sama setan,…sesungguhnya Tuhanya para nabi dan rasul bernama Allah,…hanya Dialah satu-satunya tuhan tidak ada yang lain,….kalau kamu terserah kamu,…karena tidak ada paksa’an dalam menentukan agama atau tuhanya,…

  51. @setia budi,….
    terserah kamu aja yang penting tuhan itu esa,….dan Dia yang maha pencipta,…tuhannya semua makhluk,…yaitu tuhanya para nabi dan rasul,…Dialah yang bernama Allah dan hanya Dia satu-satunya tuhan,…

  52. @Imam,
    Yesus sendiri sudah tahu dan sudah diceritakanNya kepada murid-muridNya, kalau Dia akan menderita di kayu salib.
    Jauh sebelum Yesus hadir ke dunia, nubuat Firman Tuhan : “Dia akan terhitung di antara orang-orang yg terkutuk”. Sebab ada tertulis: terkutuklah orang yang tergantung di kayu salib.

    Untuk mengetahui rencana rahasia Tuhan harus menggunakan Firman Tuhan, bukan dengan akal-akalan manusia.
    GBU

    1. @setia budi,….
      terserah kamu aja yang penting tuhan itu esa,….dan Dia yang maha pencipta,…tuhannya semua makhluk,…yaitu tuhanya para nabi dan rasul,…Dialah yang bernama Allah dan hanya Dia satu-satunya tuhan,…

  53. @pengikut kristus,…..
    kalau setan tidak menjalankan fungsinya sudah pasti perdebatan ini mudah selesai,…tapi seharusnya akal-fikiran lah yang menjadi juri nya karena akal-fikiran adalah anugrah tertinggi dari Allah yang maha kuasa,….hanya dengan akal-fikiran kita tidak bisa di perdayai atau di tipu oleh setan,….karena setan itu selalu membuat konspirasi agar manusia itu menjadi sesat dan tidak fokus kepada Allah sang pencipta,…Allah sang pencipta tidak bisa dilihat itu tidak menjadi alasan,…karena bila kita panggil dengan menyebut namanya dan kita mohon ampunanya Allah tentu melihat kita,…..

    1. TOLONG P. IMAM JAWAB YA?
      Muhammad sulit mencernakan –-sehingga masa bodo—terhadap fakta keras didepan hidung, kenapa Isa yang diutus lewat seabrek mukjizat (sampai-sampai menyamai mukjizat Allah) toh berakhir dengan tragedy terbesar?

    2. @Sitikhadijah,….
      gunakan akal-fikiranmu selamatkan dirimu dari api neraka,…bila kamu sudah yakin dengan pemikiran mu,….abaikan kalimatku kalau menurutmu salah,…biar aku tidak pusing cari jawabanya atas pertanya’an mu,…toh bila kujawab tidak kamu pakai,..jadi sia-sia,….capek percuma,…aku mau tidur dulu,….

    3. @Sitikhadijah,….
      Nabi Isa/ Yesus terlahir tanpa ayah,….ini membuktikan terjadinya mu’jizat yang di lakukan oleh Allah sang pencipta dan sekaligus membuktikan bahwa Allah itu benar-benar ada,…dan kelahiran Yesus di sertai oleh Roh kudus (malaikat jibril) agar bisa bicara walaupun dia masih bayi agar tidak terjadi fitnah karena dia terlahir tanpa ayah,…dan se-abrek mu’jizat membuktikan dia adalah Rasul Allah,….dan kemudian terjadi tragedy terbesar yaitu penyaliban,…Yesus di salib ini membuktikan bahwa dia tidak maha kuasa dalam menjalani takdirnya,…karena pemilik mu’jizat adalah Allah tuhan semesta alam,…sedangkan Yesus adalah Rasul Allah dan mengapa Yesus harus tersalib,…agar manusia mengerti bahwa yang tuhan itu adalah Allah sang pencipta alam semesta,….Paham,…?

  54. Keluaran 3 : 6 – Lagi Ia berfirman: “Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub.” Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah.

    Allah SWT berfirman:

    اِنَّنِيْۤ اَنَاۡ اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّاۤ اَنَاۡ فَاعْبُدْنِيْ ۙ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ لِذِكْرِيْ
    innaniii anallohu laaa ilaaha illaaa ana fa’budnii wa aqimish-sholaata lizikrii

    “Sungguh, Aku ini Allah, tidak ada tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan laksanakanlah sholat untuk mengingat Aku.”
    (QS. Ta-Ha 20: Ayat 14)

    1. @imam
      Yg dikaji itu adalah benarkah quran dan nabi itu? Kitab sebelum mendukungnya atau tidak? Dinubuatkan atau tidak? Jauh sblm islam datang? Jgn ambl ayat di quran jg…. Coba liat nubuat yesus brpa banyak? Itu sesuatu yg blm ada dan akan ada sudah diketahui…asal anda tau saat di bumi yesus itu manusiaa. Tp bkn bearti dia bkn Tuhan. Allah tidak bsa diliat. Kta baru bsa melihatnya saat wujudnya sbagai manusia yesus. Maka dr itu Dia sudah tidak berfirman kpada nabi2 lg. Melainkan firmannya itu turun ke dunia(yesus) dan HIDUP agar bsa langsung bersabda dan memberi contoh tentang pelayanannya sekaligus menyatakan jalan kebenaran dan hidup kekal dlm beriman dan percaya kpadanya. Bahwa dia adalah Tuhan dan juruselamat manusia. Sampai pada saat dia bangkit bersama tubuh jasmaninya itu adalah bukti bahwa maut tlah dikalahkannya. Siapakah dia? Dia adalah alfa dan omega.
      Yesaya 55:11
      LAI TB, demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya (SHELAKH’TIV).

      Keluaran 3:14

      Firman Allah kepada Musa: “AKU ADALAH AKU .” Lagi firman-Nya: “Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu.”

      Jd jgn bekeras bahwa yesus hanya utusan/nabi. Memang benar dia utusan dan jg nabi saat dia turun ke dunia tp bkn bearti dia bkn Tuhan alah. Di keluaran 3:14 itu jls Allah mengutus allah ya itu adalah firmannya allah sendiri. Inilah misteri Ilahi…

      Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.” Yohanes 1:1 .

      Bacalah alkitab mulai dr perjanjian lama dan baru secara menyeluruh sambil lepas atribut anda…salam damai.

  55. @Imam,
    Isa di Al-Quranmu, adalah tokoh fiktif yang dimunculkan penulis Al-Quran, tidak sama dengan Yesus, hanya kalian Islam yang mau terperdaya.

    Kalau mau dengar perkataan Yesus secara langsung bacalah Alkitab langsung, bukan Kitab yang meniru Alkitab. Karena niat penulis Al-Quran adalah untuk menyesatkan isi Alkitab, agar kamu percaya Alloh Arab sebagai Tuhan, dan kamu lupa sama Tuhanmu.

    Tanggapi saja yang saya tuliskan, jangan pakai jurus meloncat-loncat seperti bajing loncat pakai ayat-ayat Firman Alloh Arab yg mencoba menerangkan Tuhanmu kepadamu.
    GBU

    1. @setia budi,…
      Nabi Isa/ Yesus terlahir tanpa ayah,….ini membuktikan terjadinya mu’jizat yang di lakukan oleh Allah sang pencipta dan sekaligus membuktikan bahwa Allah itu benar-benar ada,…dan kelahiran Yesus di sertai oleh Roh kudus (malaikat jibril) agar bisa bicara walaupun dia masih bayi agar tidak terjadi fitnah karena dia terlahir tanpa ayah,…dan se-abrek mu’jizat membuktikan dia adalah Rasul Allah,….dan kemudian terjadi tragedy terbesar yaitu penyaliban,…Yesus di salib ini membuktikan bahwa dia tidak maha kuasa dalam menjalani takdirnya,…karena pemilik mu’jizat adalah Allah tuhan semesta alam,…sedangkan Yesus adalah Rasul Allah dan mengapa Yesus harus tersalib,…agar manusia mengerti bahwa yang tuhan itu adalah Allah sang pencipta alam semesta,….Paham,…?

  56. Allah SWT berfirman:

    وَاِذْ قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ يٰبَنِيْۤ اِسْرَآءِيْلَ اِنِّيْ رَسُوْلُ اللّٰهِ اِلَيْكُمْ مُّصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرٰٮةِ وَمُبَشِّرًۢا بِرَسُوْلٍ يَّأْتِيْ مِنْۢ بَعْدِى اسْمُهٗۤ اَحْمَدُ ۗ فَلَمَّا جَآءَهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ قَالُوْا هٰذَا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ
    wa iz qoola ‘iisabnu maryama yaa baniii isrooo`iila innii rosuulullohi ilaikum mushoddiqol limaa baina yadayya minat-taurooti wa mubasysyirom birosuuliy ya`tii mim ba’dismuhuuu ahmad, fa lammaa jaaa`ahum bil-bayyinaati qooluu haazaa sihrum mubiin

    “Dan (ingatlah) ketika ‘Isa putra Maryam berkata, Wahai Bani Israil! Sesungguhnya aku utusan Allah kepadamu, yang membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi kabar gembira dengan seorang rasul yang akan datang setelahku, yang namanya Ahmad (Muhammad). Namun ketika Rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata, Ini adalah sihir yang nyata.”
    (QS. As-Saff 61: Ayat 6)

    1. @imam
      Jelas beda…. Krna kitab2 sblmnya tdk pernah bicara soal quran dan nabimu… Klo taurat dan zabur sh menubuatkan yesus jauh sblm dia datang ke bumi…percaya boleh dgn kitabmu. Tp apa salahnya dikaji. Berani mengkaji….

    2. Betul sangat jawabanmu mas bro, anda akan capek menghadapi merka, krn jelas sangat dlm surat albaqarah sdh Allah katakan bahwa sudah Allah tutup pintu hati mereka, pendengaran mereka, penglihatan mata mereka,

      Jd apapun kebenaran yang mas sampaikan tidak ada gunanya, krn itu td mas,

      1. Allah SWT berfirman:

        اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا سَوَآءٌ عَلَيْهِمْ ءَاَنْذَرْتَهُمْ اَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُوْنَ
        innallaziina kafaruu sawaaa`un ‘alaihim a anzartahum am lam tunzir-hum laa yu`minuun

        “Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, engkau (Muhammad) beri peringatan atau tidak engkau beri peringatan, mereka tidak akan beriman.”
        (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 6)

        Allah SWT berfirman:

        خَتَمَ اللّٰهُ عَلٰى قُلُوْبِهِمْ وَعَلٰى سَمْعِهِمْ ۗ وَعَلٰىٓ اَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ وَّلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيْمٌ
        khotamallohu ‘alaa quluubihim wa ‘alaa sam’ihim, wa ‘alaaa abshoorihim ghisyaawatuw wa lahum ‘azaabun ‘azhiim

        “Allah telah mengunci hati dan pendengaran mereka, penglihatan mereka telah tertutup, dan mereka akan mendapat azab yang berat.”
        (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 7)

  57. @Imam,
    Bebas kamu berpendapat apa saja, tidak ada yang batal membatalkan seperti ayat-ayat di Al-Quranmu yang bisa batal.

    Kalau kamu cermati ayat di Al-Quranmu yang disusun Utsman Cs. perkataan siapa yg tertulis di situ, apakah Alloh Arabmu langsung atau penulis langsung. Kalau langsung dari Alloh Arab harusnya pakai kata “Aku” bukan kata “Tuhanmu”
    Itu berarti BERBEDA yang berkata (berfirman) dengan Tuhanmu.
    Padahal sahadat Islam tidak percaya kepada Tuhan tapi percaya Alloh Arab.
    Jadi Alloh Arab yang berfirman (berkata) masih punya Tuhan, yaitu Tuhanmu yang menciptakan kamu.

    Kenapa kamu percaya kepada firman Alloh Arab, yang mengatakan Tuhanmu begini-begitu. Padahal dia (Alloh Arab) bukanlah Tuhanmu.
    GBU

  58. Allah SWT berfirman:

    اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَ الْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِ ۗ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهٗ حَثِيْثًا ۙ وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖ ۗ اَ لَا لَـهُ الْخَـلْقُ وَالْاَمْرُ ۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ
    inna robbakumullohullazii kholaqos-samaawaati wal-ardho fii sittati ayyaamin summastawaa ‘alal-‘arsy, yughsyil-lailan-nahaaro yathlubuhuu hasiisaw wasy-syamsa wal-qomaro wan-nujuuma musakhkhorootim bi`amrihiii alaa lahul-kholqu wal-amr, tabaarokallohu robbul-‘aalamiin

    “Sungguh, Tuhanmu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan, dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Maha Suci Allah, Tuhan seluruh alam.”
    (QS. Al-A’raf 7: Ayat 54)

  59. @Imam,
    Memahami Firman Tuhan sepotong-sepotong tanpa kronologis dan diluar konteks adalah sia-sia.
    Ayat yang kamu kutip dalam konteks Yesus mengajar kepada murid-muridNya tentang Tuhan dan bukan tentang Alloh Arabmu yang beristana di Kabah.

    Misi Tuhan Yesus datang ke dunia dalam rupa sama dengan manusia untuk mengajar murid-muridNya adalah juga kepada kita manusia.

    Manusia makhluk yang lemah, Tuhanpun datang dengan melepaskan “super hero” yang ada dalam diriNya agar Firman Tuhan dapat sampai kepada umat manusia dan manusia bisa percaya kepada Tuhan, bukan dengan cara paksaan anggar kuasa, seperti yang dilakukan ISIS, Alqaidah, Boko Haram, Taliban, Abu Syayaf dll, untu misi Kilafah menegakkan Syariah Islam memenggali kepala yang bukan Islam.

    Tuhan Yesus mengasihi dunia ini. Dia pernah mengajarkan: Kalau kamu di pukul pipi kiri, serahkan juga pipi kananmu.
    Sewaktu Yesus di salib perkataan Yesus dibuktikanNya (bukan omdo), suka-suka manusia pada waktu ITU menghina dan menganiaya Yesus bahkan nyawaNya diserahkanNya bukan karen Dia berdosa tapi karena dosa manusia cucu-cucu Adam.
    Bandingkan dengan Muhammad yang haus akan Harta, Tahtah dan Wanita, mengumandangkan genderang perang untuk Agama Alloh Arabnya untuk rampasan perang bagian nabi Alloh.

    Saat ini Tuhan Yesus tetap hidup, Dia terangkat ke Surga.
    Keinginan kamu Tuhan Yesus datang dengan “Full Super Hero” akan terwujud pada saat kedatanganNya yang kedua kali ke bumi, tapi sayang bagi yang tidak percaya Tuhan Yesus, semua sudah terlambat, tinggal menunggu siksa api neraka.
    Isa yang kalian maksud sudah datang itulah IS(A)IS.

    Tetapi Tuhan Yesus akan datang menjemput GerejaNya.
    GBU

  60. Markus 12 : 29 – Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.

      1. Kalau nabinya saja bisa di salib dan di aniaya apalagi kitab nya,…berubah dari nabi jadi Tuhan,…salah tuhan masuk neraka,…hanya akal-fikiran yang tidak bisa di tipu sama setan,…..

  61. @Imam,
    Dalam benakmu, Tuhan datang ke dunia dengan segala kuasa dan kedigjayaanNya layaknya manusia “Super Hero”. Kalau seperti itu cara berfikirmu lebih baik kamu sembah Batman atau Superman.

    Dari mana orang Kristen tahu bahwa Yesus adalah Tuhan??
    Jb: Firman Tuhan
    yang sudah dinubuatkan ratusan atau ribuan tahun sebelum kedatangan Yesus lahir ke dunia.
    Kalau kamu pake ayat-ayat yg diilhami makhluk Goa Hira susunan Ustman Cs jelas tidak nyambung bung.

    Bagi pandang umat Islam, ayat firman Alloh Arab bisa berubah-rubah yang dituangkan dalam jargon-jargon penyejuk qolbu dapat berubah sesuai masanya (masa perjuangan politik Islam):
    Islam itu Indah

    dapat dirubah menjadi:
    Islam rahmatil alamin.

    dapat berubah lagi menjadi:
    Tegakkan Syariah Islam

    berubah lagi:
    Tegakkan Kilafah Islam dan yang terakhir:
    Bunuh yang bukan Isam.
    Memang begitulah mekanisme penyamaran Alloh Arab dari domba menjadi serigala buas.

    Tetapi Tuhan Kristen tidaklah demikian. Walaupun langit runtuh dan Bumi hancur lebur tetapi Firman Tuhan kekal tidak akan pernah lenyap.
    GBU

    1. Islam mengajarkan bahwa Allah itu Esa,….tidak trinitas atau tri in one.
      Islam itu mengajarkan bahwa Allah adalah sang pencipta dan hanya Dia saja yang tuhan sedangkan yang lain bukan.
      Islam itu mengajarkan cara beribadah dan berbuat kebaikan sebagai amal.
      Islam itu tidak mengajarkan kesesatan dan kejahatan.
      Sedangkan yang sebaliknya itu berasal dari setan,…..

  62. Bagaimana mau pelajari injil,..sedangkan pengikutnya mengatakan Yesus Tuhan,…padahal beliau adalah Rasul Allah,…jadi injil itu habis masanya,..sekarang giliran kitab suci Al-qur’an,…..karena kitab Allah itu ada empat,…Taurat,…Zabur,….Injil,..Al-qur’an. Jadi setiap masa ada kitabnya,…bila kita tidak mengikuti urutanya kita akan di sesatkan setan,…dan tempatnya neraka.

    1. Ya klo anda tidak pelajari makanya anda tidak tau klo yesus itu benar2 Tuhan…lepas dulu atribut islaminya…jgn sebelum baca anda telah berpikir bahwa injil sesat/salah…harus berani mengkaji kebenaran itu serta jgn lupa cocokan dengan sejarah dari sumber yg kredibel. Sudah kah pelajari sejarah arab jaman jahilia dan Peta kota arab? Tau kah anda tahun brpa kota mekah baru muncul di Peta kota arab?

      1. Sejarah,…yang bikin sudah pada mati semua,…kalau salah siapa yang tanggung jawab,…sejarah hanya bisa di pakai di sekolah,…kalau agama harus berdasarkan kitab suci,…dan akal-fikiran,….
        Yesus bukanlah Tuhan,…karena Allah telah menjelaskan secara akal-fikiran,….terbukti Dia bisa di salib dan di aniaya dan tidak maha kuasa dalam menjalani takdirnya juga di dalam kitab suci Al-qur’an telah di jelaskan secara terang benderang dalam firman Allah tuhan semesta alam,….

  63. Kalo kalian mau buka hati pelajari injil… Lepas dulu atribut islam anda..akan kau temukan kebenaran. Satu hal lagi mengapa banyak muslim tdk mengerti dan tau apa itu kitab dan apa itu injil?. Ya krna quran berbahasa arab… Bagi sebagian muslim lebih penting hafal quran drpda mengerti isi quran itu sendiri. Ini yg repot… Berbeda dengan injil. Salinan tertua tetap disimpan. Yg beredar keseluruh dunia terjemahannya dengan masing2 bahasa di tiap2 negara/daerahnya agar bisa dimengerti sebagai pedoman hidup. Pesan saya banyak2 belajar lagi ya… Dan satu tambahan saya coba kaji sejarah islam, kota arab dan kota Petra dan pelajari lg quran dengan terjemahan yaa…masa banyak ayat yg kontradiksi koq kalian ga liat. Dstu kadang saya merasa lucu… Contoh 1. Ayat lain mengatakan yesus tdk disalib tp diangkat ke sorga. Ayat lain mengatakan yesus lahir, mati dan bangkit naik ke sorga. Itu cuma satu. Masih banyak tapi biar dalam ilmunya cari sendiri ya dengan mengkaji alquran dengan terjemahaan…jgn ngarang yg di salib adalah yudas. Kasih dalilnya di quran jika nama yudas di sebutkan? Jgn ngarang ya..malu tau… Kla ada dalilnya yudas tunjukan ayat berapa surah brpa? Oh ya lupa.. Soal injil barnabas itu sdh basi…itu injil sesat dan palsu…klo mau tau cari sumber yg kredibel injil itu sdh di tolak dan di cap palsu baik pihak kristen dan islam sendiri…krna bukan hanya nyerang kristen tp jg islam..jgn dipaksakan deh nyari nubuat/pembenaran buat nabi penutp ddlm injil….Salam damai

    1. Bagaimana mau pelajari injil,..sedangkan pengikutnya mengatakan Yesus Tuhan,…padahal beliau adalah Rasul Allah,…jadi injil itu habis masanya,..sekarang giliran kitab suci Al-qur’an,…..karena kitab Allah itu ada empat,…Taurat,…Zabur,….Injil,..Al-qur’an. Jadi setiap masa ada kitabnya,…bila kita tidak mengikuti urutanya kita akan di sesatkan setan,…dan tempatnya neraka.

  64. Tuhan itu nggak dilahirkan ataupun melahirkan,kalau Yesus itu lahir dari rahim maria,jadi Yesus a.s itu bukan tuhan,melainkan utusan allah.jika anda mengira Yesus a.s itu Tuhan,brati anda itu salah

  65. Nabi Isa rosul & Nabi Muhammad Rosul SAW akhir zaman
    Jika engkau memang beriman kepada Nabi mu (Isa) maka hendalah kau juga harus beriman kepada Rosullulloh karna di hari kiamat Nabi Isa turun dari langit untuk melaknakan tugas mulia dari Alloh SWT pada saat subuh menjelang & bertemu rombongan yg di pimpin iman mahdi lalu menjalankan sholat subuh bersama & setelah itu menumpas da’jal yg sudah menyesatkan 96% umat manusia. dari semua kitab Alloh Al Qur’an lah yg paling sempurna. & bagi penganut kitab injil cobalah untuk membaca injil bernabas yg sekian lama disembunyikan oleh paulus vatikan sebab mereka takut tak bisa berkuasa lagi di roma akan kedatangan Rosul setelah Nabi Isa yaitu Nabi Muhammad SWA, belas kasihnya melampaui yesus patung yg ada di setiap gereja. lalu setelah membaca isi al kitab injil bernabas si paulus mendustakan akan kebenaran Nabi Isa sebab di dalamnya Isa al masih tidak pernah di salib yg di salib itu pengikutnya yg bernama yudas iskariot & Nabi Isa alaihisalam pun beriman kepada Nabi Muhammad Rosullulloh Shollalloh hu alaihi wa salam beliau menyakini bahwa sannya Nabi Muhammad itu utusan Alloh. celakalah bagi para pendusta yg mengingkari Risalah para Nabi. Sebab mereka yg mengingkari akan tersesat kedalam jurang kekafiran yg tak berujung. Innalillahi wa Innalillahi Roji’un

  66. Si Penulis artikel ini dodol kentut juga, sok mengutip ayat2 Alquran tapi tidak mengerti maksud dan makna ayat tersebut. Pikiran si penulis menyesatkan, tidak berguna, sampah, najis. Sudah pasti si penulis KAFIR.

  67. SUBAHANAALLAH,SEBAIK BAIKNYA MANUSIA YG MENILAI SESUATU dari pemikirannya dgn ILMU dan petunjuk ,lalu dia berkata jujur,menilai sesungguhnya itu lebih baik dari golongan manusia yg hanya MENILAI dgn pikiran dan dalil perkataan suatu PERKARA tampa memiliki iLMU,Petunjuk,dri ALLAH HU AL AZIM…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *