KitabNabi-nabi

“Alif Lam Mim”, Huruf-huruf Dunia atau Sorga?

“ALIF LAM MIM”, HURUF-HURUF DUNIA ATAU SORGA ?

By Miryam Ash

Wahyu itu firman yang sakral, kudus, total benar, berguna, selamanya, berwibawa bahkan berkuasa. Tak ada yang mubazir, sia-sia dan tak berguna. Tuhan telah mengatakannya secara eksplisit:
“… demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya” (Yes.55:11).

“Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Allah kita tetap untuk selama-lamanya.” (yes.40:8). 

Namun yang ditemui dalam Quran sering merupakan pernyataan-pernyataan yang justru sebaliknya. Banyak narasi yang kacau dan berloncatan, tanpa konteks, tidak jelas benarnya dimana, bertele-tele, diulang-ulang tanpa guna, dan sering tidak bermuatan wibawa dan sakralnya Allah, melainkan hanya kata-kata manusia naïf belaka. Bahkan banyak ayat-ayat yang dicoba untuk di mistik-mistikkan guna mengesankan sakralnya bak mantera. Lihat itu misalnya pada singkatan kata-kata mantera yang banyak bertebaran di Quran: “Alif Lam Mim”, Alif Lam Ra, Alif Lam Mim Ra, Kaaf Ha Ya Ain Saad dll. Itu semua terletak pada posisi paling strategis di awal sejumlah surat Quran yang ada.

Inilah kombinasi huruf huruf abjad dalam Quran yang terkenal disebut muqatta’at, yaitu huruf potong atau singkatan kata-kata, atau juga disebut fawatih al-suwar, pembuka-pembuka Surat, yang total-total telah mengambil tempat sebagai ayat pertama dari 29 Surat Quran! Lihat daftar berikut:

Al-Muqatta’at atau Fawatih al-Suwar

  1. QS 2, Surah Al-Baqara  : ʾAlif Lām Mīm
  2. QS 3, Surah Āl-Imran  : ʾAlif Lām Mīm
  3. QS 7, Surah Al-Aʿarāf  : ʾAlif Lām Mīm Ṣād
  4. QS 10, Surah Yunus  : ʾAlif Lām Rāʾ
  5. QS 11, Surah Al-Hud  : ʾAlif Lām Rāʾ
  6. QS 12, Surah Yusuf  : ʾAlif Lām Rāʾ
  7. QS 13, Surah Al-Raʿd  : ʾAlif Lām Mīm Rāʾ
  8. QS 14, Surah Ibrahim  : ʾAlif Lām Rāʾ
  9. QS 15, Surah Al-Ḥijr  : ʾAlif Lām Rāʾ
  10. QS 19, Surah Maryam  : Kāf Hāʾ Yāʾ ʿAin Ṣād
  11. QS 20, Surah Ṭāʾ-Hāʾ  : Ṭāʾ Hāʾ
  12. QS 26, Surah Asy-Syu’araa  : Ṭāʾ Sīn Mīm
  13. QS 27, Surah Al-Naml  : Ṭāʾ Sīn
  14. QS 28, Surah Al-Qaṣhaṣh  : Ṭāʾ Sīn Mīm
  15. QS 29, Surah Al-Ankabut  : ʾAlif Lām Mīm
  16. QS 30, Surah Al-Ruum  : ʾAlif Lām Mīm
  17. QS 31, Surah Luqmān  : ʾAlif Lām Mīm
  18. QS 32, Surah Al-Sajdah : ʾAlif Lām Mīm
  19. QS 36, Surah Yāʾ-Sīn  : Yāʾ Sīn
  20. QS 38, Surah Ṣād  : Ṣād
  21. QS 40, Surah Al-Mu’min : Ḥāʾ Mīm
  22. QS 41, Surah Fuṣṣilat  : Ḥāʾ Mīm
  23. QS 42, Surah Asy-Syūrā  : Ḥāʾ Mīm; ʿAin Sīn Qāf
  24. QS 43, Surah Al-Zukruf  : Ḥāʾ Mīm
  25. QS 44, Surah Ad-Dukhaan  : Ḥāʾ Mīm
  26. QS 45, Surah Al-Jaatsiyah  : Ḥāʾ Mīm
  27. QS 46, Surah Al-Ahqaaf  : Ḥāʾ Mīm
  28. QS 50, Surah Qāf  : Qāf
  29. QS 68, Surah Al-Qalam  : Nūn

Pertanyaan dasariah: apakah itu dimaksudkan sebuah huruf, ataukah kata, atau bahkan kalimat, yang setiapnya bermakna dan bertujuan ilahiah?

Inilah adalah bentuk ketidak jelasan dan kebingungan yang serius, kontradiksi dengan Quran dimana Allah menyatakan tegas-tegas bahwa Quran diturunkan dengan bahasa Arab yang jelas. Yang namanya jelas tentu harus dapat dipahami tanpa ditafsir dalam aneka ragam yang spekulatif.
Allah berkata, “Kami telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan yang benar dalam bahasa Arab”(QS. Ar Ra’d 13 : 37) “dengan bahasa Arab yang jelas”(Qs. Asy Syu’araa’ 26 :195),
“Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan”(QS, AzZumar 39 : 28). Akan tetapi apa yang terjadi dengan ayat-ayat fawatih ternyata TIDAK JELAS sama sekali sedemikian sehingga sering pula disebut sebagai “huruf-huruf misterius” Quran.

Kaum Muslim disepanjang sejarah Islam telah bergumul untuk terus menyelami rahasia dari huruf-huruf yang misterius itu. Soalnya huruf-huruf tersebut sepertinya telah membentuk sebuah ayat tertentu, yaitu ayat pembuka penting dari sebuah surat yang mengikutinya. Mau tak mau, dikalangan ulama Muslim terjadi perkembangan penafsiran yang cukup intensif, namun simpang siur tanpa arah, tanpa solusi, bahkan tanpa mampu memperlihatkan apa hakekat sejati dari fawatih itu sendiri!

Umumnya mereka mentok sampai kepada pandangan tafsir dan pendekatan yang tidak memberikan solusi apapun, seperti:

  1. Tafsir yang meletakkan huruf-huruf misterius itu kedalam golongan ayat-ayat mutasyaabihaat yang tak bisa ditafsir, yang maknanya hanya diketahui oleh Allah saja.
  2. Tafsir yang memandang huruf-huruf tersebut sebagai singkatan dari kata atau kalimat khusus, yang juga sangat variatif dan simpang siur tanpa sandaran yang otoritatif. Misalnya, “alif-laam-miim” ada yang coba menafsirkannya menurut seleranya, sebagai singkatan dari TRIO Allah, Jibril, dan Muhammad, dimana Alif= Allah, Laam= Jibril, dan Miim= Muhammad… Atau ada yang memandangnya sebagai nama surat, atau singkatan inisial nama dari nabi-nabi, atau inisial penulis-penulis surat tersebut…
  3. Tafsir Serba Serbi (arbiter) yang menganggap huruf-huruf itu sebagai pengisyarat bahwa Al Quran itu diturunkan dari Allah dalam bahasa Arab yang tersusun dari huruf-huruf abjad. Ada yang melihatnya sebagai ayat yang hanya dikhususkan kepada Muhammad untuk pembangkit perhatian khususnya. Ada yang mengajukan bahwa peran pembobotan perhatian itu terkait dengan isi surat yang sedang disampaikan. Ada lagi yang meyakininya sebagai symbol-simbol numerik yang harus dielaborasikan lebih jauh… entahlah sejauh mana.

Disinilah kita melihat ketidak berdayaan Quran membela dirinya dalam klaim sebagai wahyu dalam bahasa Arab yang jelas (26:195), yang terang (16:103), bisa dipahami (43:3), tidak menyusahkan (20:2).

Mari kita berkritis:
Kenapa Allah berkomunikasi dalam 29 rangkaian fawatih – yang berbeda atau sama– dalam 29 peristiwa yang saling berbeda? Khususnya disini dengan cara dimana tak ada Muslim manapun yang tahu tentang artinya dan maksudnya, sejak fawatih itu muncul hingga sekarang pun?

Kita pertama tama melihat keanehannya dimulai dari Allah sendiri, yang membiarkannya! Namun kemudian ternyata Muhammad juga sama membiarkan makna dan maksud fawatir ini tak tersentuh oleh penjelasannya, sementara umatNya terbingung dan terbodohkan. Tambah aneh lagi bahwa tak ada satupun sahabat Muhammad yang berani menanyakannya kepadanabinya ketika ayat itu ditulis atau dihafalkan kekepala masing-masing!

Timbul spekulasi, apakah Muhammad sendiri betul tahu akan artinya sehingga diapun diam begitu lama disepanjang masa kenabiannya? Kalau benar tidak tahu, kenapa beliau tidak menanyakannya kepada Jibril yang katanya setiap Ramadan datang kepada Muhammad untuk me-review apa-apa wahyu yang sudah diturunkan olehnya kepada sang Nabi? Tatkala mereview, bukankah dimulai dari ayat pertama dari sebuah surat yang direview, sehingga ke-29 fawatih mustahil bisa luput dari pe-review-an dari dua sosok dari TRIO-TERBESAR dari Quran, Allah-Jibril-Muhammad?

Sekalipun banyak ahli-ahli tafsir menyerahkan pengertiannya kepada Allah karena dipandang mutasyaabihaat (tak bisa ditafsir), namun terlepas dari segala kesulitan yang telah menyusahkan semua umat Muslim ini, tetap banyak pihak yang bersikukuh menafsirkannya. Mereka percaya ada maksud-maksud tersirat yang sangat penting didalamnya sehingga fawatih sampai diperkenankan hadir dalam 29 surat Quran, suatu jumlah yang tidak sedikit! Apalagi ada dua surat yang dimulai dengan fawatih yang menjamin upaya pencaharian mereka walau sepertinya cukup menyulitkan.
Yang satu menjamin penjelasan yang clear (mubiin), yang lain menjamin ketiadaan kesulitan bagi Muslim:

* “Alif laam raa, inilah ayat-ayat Kitab dan Quran yang memberi penjelasan” (QS.15:1).
* Thaahaa. Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah (QS.20:1,2).

Ini menambah suntikan Muslim untuk menggagas tafsirannya. Sebab 29 potong ayat Allah yang terpampang strategis mustahil boleh dihilangkan tafsirnya oleh kemalasan para mufassir untuk menggumulinya.

Tetapi disinilah masalahnya! Semua penasaran untuk mencarinya dengan spekulasi liar sampai tidak terbatas itu justru meluputkan masalah kuncinya. Mereka tidak pernah berani keluar dari konsepsi dasar bahwa fawatih itu pasti 100% wahyu ilahi. Mereka tidak berani menyinggung kemungkinan-kemungkinan bahwa jangan-jangan Allah dan nabi sendiri memang betul tidak tahu menahu keberadaan penempatan huruf-huruf fawatih tsb dalam Quran! Mustahil?

Sesungguhnya dan samasekali tidak mustahil mengingat ada analogi kembarannya, sangat mirip dengan masalah seputar basmalah, yang walau tercantum dalam pembukaan setiap surat Quran (kecuali surat at Taubah), namun hanya 1 basmalah saja yang diakui (oleh mayoritas Muslim) sebagai WAHYU, bagian sah dari Quran, yaitu hanya di surat Al-Fatihah. Jadi, kenapa fawatih itu tidak dipermasalahkan pula dari sudut kemungkinan yang sama bahwa jangan-jangan iapun BUKAN ayat Allah yang murni keluar dari mulut Allah sendiri, melainkan hanya sebuah trick PRIBADI dari penulis Quran, termasuk mulai dari Muhammad?

Kita sangat tahu betapa senditif nya Muhammad akan keabsahan kenabiannya yang diolok-oloki oleh kaum kafir Mekah, termasuk Yahudi dan Nasrani. Mereka mempersoalkan mujizat kenabiannya yang tiada. Mereka mempertanyakan wahyunya yang ngincrit cicilan secuil-secuil saja. Mereka mengherankan kenapa Allahnya kok sama namanya dan sama Baitnya…. O, Muhammad tampak sangat defensive dibuatnya sehingga sampai menantang lawan-lawannya untuk membuatkan sebuah “Semisal Quran” (QS.17:88), yang lalu dilayani lagi dengan mereduksi tantangan tsb menjadi cukup membuat 10 Surat saja (QS.11:13), yang berakhir dengan cukup 1 Surat saja! (QS.2:23)

Begitu pula terdapat banyak sekali pembelaan Muhammad atas-nama Allah demi meyakinkan bahwa Quran itu hanyalah wahyu semata dan bukan perkataan yang diada-adakan Muhammad (QS.53:4; 21:45; 10:37,38; 60:40; 6:19 dll). Bahkan sampai kepada bentuk ancaman bagi mereka yang masih tidak percaya bahwa Quran itu wahyu (59:21). Nah, dalam kaitan untuk memberikan bobot mistis tambahan demi lebih meyakinkan bahwa Quran adalah kalimat-kalimat yang berasal dari “dunia lain”, bukan ciptaan Muhammad, maka potongan-potongan “sacral-misterius” semacam fawatih ini diperlukan oleh Muhammad! Dan apalah sulitnya bagi Muhammad untuk mendesahkan dari mulutnya sendiri huruf-hurf tersebut kedalam Quran?

Ini juga pas-klop menjelaskan beberapa hard-questions yang tidak bisa dijawab dengan dalil lainnya. Yaitu kenapa Muhammad santai saja dan tak mau (baca: tak perlu) menanyakannya kepada Jibril, dan tak mau (baca: menawarkan) menjelaskannya kepada para sahabatnya. Sekaligus menerangkan kenapa fawatih itu umumnya hanya terjadi diawal masa kenabiannya, dimana Muhammad paling memerlukan peneguhan tambahan atas kenabiannya. Maka lahirlah fawatih di Mekah, dan bukan di Medinah, dikala-mana beliau sudah tak memerlukannya lagi!

 

Seribu masalah gelap

Kita melihat bahwa huruf-huruf potong itu ada yang hanya terdiri dari satu huruf saja. Tetapi banyak yang 2 atau 3 hingga 5 huruf. Pertanyaan kita adalah apakah ia merupakan ayat tersendiri yang lepas terpisah samasekali (seperti misalnya ayat pertama surat Al-Israa’), atau ia merupakan ayat yang bisa (seharusnya) berelasi dengan ayat-ayat berikutnya?

Juga mencetuskan masalah, kenapa khusus ke-29 surat itu yang memuat fawatih, sambil menyisakan 85 surat lainnya tanpa fawatih? Kenapa pada umumnya itu diturunkan di Mekah dan bukan di Medinah? Kalau begitu tentunya ada makna lain lagi yang tersembunyi yang terkait dengan terpilihnya 29 surat yang ber-fawatih tersebut. Atau bagaimana?

Sebaliknya, jikalau Muslim memang merasakan “blank” (tak punya isi) terhadap fawatih, tidakkah kehadirannya itu seperti pajangan yang boleh dilupakan saja? Tapi benarkah sesuatu yang khusus diturunkan dari sorga secara bertubi-tubi itu boleh diabaikan oleh manusia?

Masih ada jalur yang Quran sediakan untuk memecahkan keraguan atau misteri, dan itu diperintahkan Allah kepada Muhammad (dan Muslim) untuk mendapatkan pencerahan dan kebenaran terhadap setiap wahyu yang atasnya dia ragu-ragu: “Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu” (QS.10:94).

Nah, adakah fenomena fawatih ini pernah tercermin juga dalam Alkitab, Taurat dan Injil? Sepertinya ada, jikalau kita merujukkan kepada Quran itu sendiri. Bukankah kita telah memaparkan ayat fawatih yang khusus ini sebelumnya dalam QS.15:1,
“Alif laam raa, inilah ayat-ayat Kitab dan Quran yang memberi penjelasan”. Ada dalam Quran, ada dalam Alkitab? Tapi adakah?

Ini semuanya adalah misteri yang bisa menjadikan pencaharian makna fawatih ketitik yang paling liar tak terkontrol, atau sebaliknya menjadikannya berhenti ketitik mati dalam sumur tanpa alas! Ini semua ibarat yang Alkitab sempat pertanyakan, Siapakah yang telah mengumpulkan angin dalam genggamnya?” (Amsal 30:4). Tidak ada!

 

Fawatih dibawah pencerahan terang Alkitab

Akan tetapi, pembacaan akan Alkitab sebagai referensi kebenaran memberikan banyak peringatan ilahi agar kita mawas bahwa apa-apa yang diklaim sebagai firman kebenaran (wahyu) ternyata hanyalah berasal dari roh dan nabi yang tidak pernah diurapi oleh Tuhan. Fawatih juga tersangkut disini. Lihat, lewat Musa misalnya Tuhan telah menubuatkan akan datangnya dua orang nabi, yang satu dari Tuhan, dari keturunan Abraham-Ishak-Yakub, yang lain abal-abalan diluarnya.

Yang satu adalah nabi dari tengah-tengah Israel, seperti diri Musa sendiri, yang akan Tuhan bangkitkan bagi Israel, dan kepada dialah yang harus kaumnya mendengarkannya (Ulangan 18:15, juga garis seketurunannya dlm QS 29:27). Dan apabila tidak mendengarnya, maka mereka akan dihukum! Kenapa begitu? Karena Tuhan sendiri yang menaruhkan firmanNya kedalam mulut nabi tsb, dan karenanya nabi ini berbicara atas namaNya, dan hanya akan mengatakan segala yang Tuhan perintahkan kepadanya (ayat 18, 19).

Akan halnya nabi kedua –setelah nabi pertama– ia ditandai dengan “terlalu berani” berbicara semaunya dengan mengatas-namakan Tuhan:

Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama allah lain, nabi itu harus mati…. (tandanya ialah) apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya.” (Ulangan 18:20,22). 

Disinilah terlihat betapa nabi terakhir itu terlalu berani berkata “Demi Allah” padahal dia tidak pernah sekalipun diajak berbicara oleh Allah-nya! Nabi ini hanya bisa mengklaim dirinya berbicara dengan “malaikat” (bukan Tuhan Elohim yang berbicara baik dengan Musa maupun nabi pertama yang dinubuatkannya). Nabi terakhir ini juga terlalu berani mengklaim dirinya sebagai nabi terbesar, padahal tak ada otoritas ilahiah yang mengangkat/ memeteraikan kenabiannya!Nabi ini bahkan berani berkata bahwa Firman Allah bisa dibatalkan/digantikan (nasikh) dengan ayat-ayat baru, padahal Tuhan Alkitab berkata: ”Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Tuhan kita tetap untuk selama-lamanya.” (Yesaya 40:8)

Disini nabi tersebut terjeblos dalam ciri nabi palsu yang Musa tandai, yaitu “perkataannya (atas nama Allah) tidak terjadi dan tidak sampai” karena dimanapun Allah tak berkata-kata dengannya. Bahkan sekalipun ada berkata-kata, namun ayat tsb akan kena dibatalkan oleh ayat pembatal (nasikh), sehingga iapun akan void (kosong), alias ‘tidak terjadi dan tidak sampai’. Dan itulah tanda nabi palsu, yang tampak garang sehingga menggentarkan. Namun Tuhan bersabda dua hal atasnya:
1.“Nabi itu harus mati”, mati dalam kekekalan, sebagai pertangung-jawaban atas apa yang sudah disesumbarkannya atas nama Allah! Dan 2.“Janganlah gentar kepadanya”, yaitu nabi yang rupa-rupanya bercirikan “menggentarkan dalam terror-terornya, namun Tuhan bersabda menguatkan umatNya: jangan gentar akan terornya! He is a finished creature!

Akhirnya kembali kemasalah fawatih sebagai penutup.
Bukankah itu adalah ayat yang VOID hingga hari ini?
Message-nya sungguh “tidak terjadi dan tidak sampai”!
Alias bukan berasal dari mulut Tuhan!

Sayang ada ayat Allah yang boleh dibatalkan/ digantikan
(nasikh dengan ayat yang lebih baik), namun tidak sekalian
di nasikh-kan saja ke-29 ayat yang “tidak diketahui baiknya ada dimana” terhadap manusia selama ini? Yang justru mengesankan betapa “redundant” nya, mubazir dan sia-sianya firman yang Allah keluarkan dari mulutNya? Padahal Firman Tuhan tidak akan pernah gagal dan sia-sia, bila itu berasal dari mulutNya:

 

“… demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku:
ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya”
(Yes.55:11).

 

68 thoughts on ““Alif Lam Mim”, Huruf-huruf Dunia atau Sorga?

  1. Bro klo pgin memahami Alif lam mim alloh/rahasia alloh itu gampang
    Coba anda artikan ini dlu

    YKTP

    Klo anda bisq mnemukan arti dari ayat tsb yg saya buat dan sesuai dgn yg saya simpan jwbnya berarti anda ilmu klo ngga bisa mnerjmahkan ayat saya jgn mencoba mnerjmahkan ayat rahasia tuhan

    Sekedar logika
    -anda tau kode bbm? Bukan pin bb tapi kode batangnya anda sering gunakan gambar bures ga jlas gtu tau artinya ngga knp anda cari tau rahasia tuhan pke bbm aja g tau artinya situ g protes
    -anda tau folder? Itu loh wadah penyimpanan berkas file dlm memori
    Analogi
    Dlm 2 penyimpanan ada 2 pilihan m.telpon / m.external
    Anggap aja external memory sbg al quran setiap folder adalah surat setiap file adalah ayat
    Folder al fatihan isi file nya gambar text .7 file .
    file 1 gambar tulisan bismilah
    Gambar 2 tulisan pujian
    Gambar 3 kalimat sifat
    Gambar 4 kalimat pnjlasan
    Dst
    Lalu folder 2 al baqoroh saat di buka ada folder lagi folder alif lamim kdian di bwahnya ada file penjelasan ayat al quran
    Pertanyaan nya karena al quran adalah kitab atau memori mnual bukan digital tdk ada yg bisa mmbuka folder tsb kcuali jika mode digital artinya folder itu tembus ke surat lain anggap sja ke kitab lain karena al quran adalah kitab yg mnyempurnakan kitab tedahulu

  2. Saya melihat dari ilmu IT … mengingatkan saya pada struktur database … dimana suatu kode unik yg berkelompok..di sisipkan di depan data. Supaya mudah dalam pencarian data .. atau bisa di sebut KEY … atau kunci penghubung data …

    Fungsi ini bisa berguna untuk sebuah Kode Unik anti pemalsuan…
    Artinya kode unik yg sudah mempunyai sebuah arti .. jika ada sebuah penambahan atau pengurangan ..atau perubahan dalam isi… maka akan mengetahuinya

  3. Saya melihat dari ilmu IT … mengingatkan saya pada struktur database … dimana suatu kode unik yg berkelompok..di sisipkan di depan data. Supaya mudah dalam pencarian data .. atau bisa di sebut KEY … atau kunci penghubung data …

  4. Bagaima, sdh faham.blm?
    Masih blm.ngerti? Tdk percaya?
    Mau bukti?
    Ini buktinya berdasarkan dalil QS Ali Imran:7
    Pelajari baik2 jgn buru2

  5. Dari cara2 yg kalian lakukan tsb, bahkan tdk jarang malah hasilnya meleset dr tujuan awalnya.
    Para calon pendeta/missionaris tdk jarang malah yg jd terbuka mata hatinya/imannya malah jd muallaf, krn jd tahu bhwa Al Qur’an itu adalah benar stl memperbandingkan dg mempelajari berbagai kitab yg ada.
    Subhanallah, Dia lah yg bisa membolak- balik kan hati hamba-hambanya.

  6. Puih….
    Sy salut bwt anda penulis dg timnya atau kaum orientalis yg dr dulu sibuk utk mempelajari Kitabullah Al Qur’an nur karim.
    Kalo scr nalar, seharusnya anda sekalian sadar dg mengimani Al Qur’an ini. Tp memang masalah keimanan adalah perkara yg hanya Allah SWT yg berhak utk memberikan hidayahNya.

    Selain masalah keimanan, ‘gagal pahamnya’ kalian krn memang tujuan mempelajari Al Qur’an ini tdk lain utk mengotak-atik kebenarannya, mencari kesalahan & kelemahannya yg sampai kapan pun tujuan tsb tak akan tercapai agar yg awam & lemah imannya menjdi ragu.

    Sudahlah… kegiatan yg kalian lakukan ini sdh sjak dr dulu dikerjakan oleh generasi orientalis sblmnya. Bahkan sampai didirikan perkumpulan, sekolah (kurikulum, jurusan) & bentuk lainnya utk melancarkan metode dakwah kalian yg diorganisir gereja & organisasi lain yg sejenis.
    Tp hasilnya…. tdk ada yg signifikan.
    Metode yg berhasil bukan dr itu tp dr iming2 cinta pd dunia. Ini jg bwt memperingati saudara/saudari2 muslim agar berhati2 terhadap hal tsb.

    Sudahlah…mempelajari surat & ayat Al Qur’an yg artinya jelas sj kalian gagal paham, apalagi mau mempelajari, memahami huruf kalam Illahi, muqatta’at yg termasuk dlm fawatih al-suwar.

    Pelajari sj kitab mu yg kau yakini kau imani dg baik & benar. Kalo boleh saran, carilah kitab mu yg benar2 asli Kitabullah (injil, zabur & taurat).
    Kalo kau bingung mana kitabullah yg benar atau asli, carilah dg menggunakan hati (qalbu), akal & iman. Sy yakin dlm hati kecilmu yg suci (terdalam) yg mana iman itu terletak pasti tahu apa yg sy maksud.
    Sdh bnyak Allah membukakan tabir misteri keberadaan kitabNya yg benar/asli di berbagai situs penemuan di dunia ini, tp begitu ditemukan pihak2 yg brkepntingan tdk benar slalu menyembunyikannya krn berbeda dg ajaran mereka yg sdh kadung diketahui umum atau disebarkan.
    Mungkin kalian tahu siapa “pihak-pihak” tsb yg sy maksud.

    Wassalam…

  7. Allah SWT berfirman:

    وَمَنْ يَّبْتَغِ غَيْرَ الْاِسْلَامِ دِيْنًا فَلَنْ يُّقْبَلَ مِنْهُ ۚ وَهُوَ فِى الْاٰخِرَةِ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ
    wa may yabtaghi ghoirol-islaami diinan fa lay yuqbala min-h, wa huwa fil-aakhiroti minal-khoosiriin

    “Dan barang siapa mencari agama selain Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang yang rugi.”
    (QS. Ali ‘Imran 3: Ayat 85)

    1. A L A M

      AWAL NYA NUR MUHAMMAD RAHSIA ALIF LAM LAM HA

      AKHIR NYA ALIF LAM MIM AL-MAHDI

      RAHSIA
      SIFAT
      RUPA
      DIRI
      WUJUD
      NAMA

      ALIF LAM LAM HA
      ALLAH
      LAILAHAILLALLAH
      MUHAMMAD
      ALIF LAM MIM
      AL MAHDI

      PERHATIKAN HURUF-HURUF ALAM ADA MAKSUD&RAHSIA

  8. jika iman kpd yg ghoib, perpecahan antara manusia menimbulkan pemusnahan manusia, untuk mencegahnya hanya dengan rahmatan lil alamin. jati diri manusia adalah jasad dan batin-yang seimbang-yang di simpuli oleh ruh. diluar itu adalah penyesalan tanpa akhir.

  9. Orang fasik pasti munafik. Kenapa orang munafik menyerang agama nya sendiri. Melindungi perbuatan maksiat nya. orang munafik intip lah kehidupan sehari hari nya akan kelihatan harta tahta wanita yang Di lakukan nya. Orang munafik lebih berbahaya dari kafir

    1. @adeputra,….bangunlah dari mimpimu,….percuma komen kalau tidak ada yang gubris,….he bangun jangan ngigau,….

  10. siapakah orang yang tidak beriman itu ? Orang yang sudah berjanji /bersahadat tapi dia berpaling memilih kesenangan dunia menghalang halangi orang orang dari jalan Allah. Semua amalan yang Di kerjakan mereka tidak Di anggap oleh Allah. Sahadat/perjanjian mereka tidak Di terima Allah. ini lah penyebab turun nya azab Allah yang Di hancur kan sehancur hancur nya seperti kaum kaum yang Di terangkan dalam alquran. Apa bila masih ada satu orang beriman Di situ Allah akan menurunkan peringatan contoh hujan batu bencana alam

  11. Apa perbedaan orang beriman dengan tidak beriman dalam pertempuran bertemu nya
    dua pasukan. Bukan orang beriman yang berani Allah yang akan menanam kan keberanian nya Bukan orang beriman yang kuat Allah lah yang akan menguatkan nya bukan orang beriman yang membunuh Allah yang akan membunuh nya bukan orang beriman yang melempar Allah yang melempar nya. Orang tidak beriman akan hilang keberanian mereka Allah lah yang mencabut keberanian mereka. saat bertemu dua pasukan Jin /tuhan mereka akan melarikan diri meninggalkan mereka

  12. Kenapa ada kaum yang dimusnah kan Allah ? Kezaliman yang melampaui batas tidak ada satu pun orang beriman nama nya azab. Apa bila masih terdapat orang beriman nama nya peringatan contoh hujan batu /bencana alam

  13. Apakah Jin bisa mati Dan butuh makan ? Jin sama seperti manusia makanan Jin itu aroma sari pati. Yang terakhir mati yang tinggal Di dunia adalah iblis karna Allah menangguhkan kematian nya. Kalau ngak pasti nabi sudah duluan membunuh nya

  14. Apakah nama bagi Jin sakti ? ifrit apakah ada Jin yang kebal terhadap bacaan alquran ? ada Jin yang pakai jimat Di leher nya. bagai mana menghancurkan jimat nya ? Al hasyr 21

  15. Untuk banser. Sadarlah apabila Allah masih melihat kebaikan Di hati mu pastilah kamu akan bertobat.tidak ada tuhan selain allah.kalau tuhan mu lebih hebat dari Allah buktikan sama ku

  16. Di zaman imam al mahdi. 3 tahun sebelum dajjal keluar. akan ada kekeringan kelaparan. apa makanan kita ? Subhanallah walhamdulillah walailahaillallah wallahuakbar

  17. apabila Indonesia sudah Di kuasai salah satu dari dua kubu. Kita semua pasti tau apa yang akan terjadi kepada negara kita. Untuk kedua kubu bagi rata jangan serakah. Kalian tidak boleh menguasai Indonesia sendirian.

  18. @isapanjempol . Carilah tuhan sesuai pikiranmu atau pikiran gurumu. Apa bila wahyu Di turunkan kepada mu niscaya akan bertambah kesesatan mu. Karna Allah maha mengetahui segala sesuai.

  19. @allmuslim
    Hadist shahih Muslim No.5215 di riwayat Abdullah bin Umar.ra. berkata :

    … Nabi berkata kepada Ibnu Shayyad : Apakah kamu bersaksi bahwa aku ini utusan Allah ? Ibnu Shayyad memandang beliau lalu berkata : Aku bersaksi bahwa engkau adalah utusan orang-orang yang buta huruf . lalu Ibnu shayyad balik bertanya kepada Rasullulah saw. Apakah engkau bersaksi bahwa aku utusan Allah??. Beliau menolaknya dan bersabda : Aku beriman kepada Allah dan para Rasul-Nya. Kemudian Rasulullah berkata kepadanya : Apa yang kamu lihat? Ibnu Shayyad berkata : Aku didatangi orang yang jujur dan pendusta…Pergilah kau orang yang hina! Kamu tidak akan melewati derajatmu. (Muhammad mendengarnya dengan perasaan malu).

    Lalu Umar bin Khatab berkata : wahai rasullulah inzinkan aku memenggal lehernya. (sampai akhir hayatnya Umar bin Khatab tidak pernah masuk Islam).

  20. Saat imam mahdi muncul. Tidak akan ada lagi penghianat yang ada penyakit Di hati nya seperti kisah kisah sebelum nya. Bagi yang takut kepada imam al mahdi tidak takut kepada Allah akan langsung Di pukul malaikat wajah nya. tidak terjadi Di dalam kisah kisah sebelum nya.

    1. @adeputra,….
      Siapa iman mahdi itu,….yang jualan pentol bakso itu kah,….asal komen mana dasarnya,….seperti orang mabuk tuak,…..he he he ups.

  21. @isapanjempol,…
    pahamilah ayat ini kalau memang apa yang kamu katakan itu benar,…
    Allah SWT berfirman:

    وَاِنْ کُنْتُمْ فِيْ رَيْبٍ مِّمَّا نَزَّلْنَا عَلٰى عَبْدِنَا فَأْتُوْا بِسُوْرَةٍ مِّنْ مِّثْلِهٖ ۖ وَادْعُوْا شُهَدَآءَكُمْ مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ
    “Dan jika kamu meragukan (Al-Qur’an) yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad), maka buatlah satu surah semisal dengannya dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah jika kamu orang-orang yang benar.”
    (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 23)

    1. @isapan jempol,…
      ini ayat selanjutnya,…..

      Allah SWT berfirman:

      فَاِنْ لَّمْ تَفْعَلُوْا وَلَنْ تَفْعَلُوْا فَاتَّقُوْا النَّارَ الَّتِيْ وَقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ ۚ اُعِدَّتْ لِلْكٰفِرِيْنَ
      “Jika kamu tidak mampu membuatnya, dan (pasti) tidak akan mampu, maka takutlah kamu akan api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu yang disediakan bagi orang-orang kafir.”
      (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 24)

  22. saya tidak bingung dengan alquran, kenapa quran tidak sempurna bahkan cendrung dibesar-besarkan oleh Ulama dan Muslim, sejarah penulisannya jelas, yaitu ditulis Zaid bin Tsabit atas arahan Usman bin Affan.ra. ayat-ayat yg tidak cocok dengan Usman, dibakar dan dimusnahkan, yang cocok dicatat dibukukan, dalam tulisan arab gundul, bahkan dilaporkan oleh Aisya ada yg dimakan Kambing, ada yg manshuk-nashuk. ini sudah jelas ayat-ayat quran tidak dalam perlindungan awlloh. stelah ratusan tahun kemudian dari penulisan para ulama menemui kesulitan dalam membaca atau melapaskan. kemudian para ulama mencari cara supaya mudah membaca quran. pada tahun 1923 para sarjana Universitas anshar mesir menemukan cara yaitu dengan cara memberi tanda baca pada huruf ayat quran gundul. tahun 1924 para sarjana menyatakan quran sudah sempurna dengan penambahan tanda baca. jadi inilah kenyataan bahwa quran itu tidak sempurna, karangan dan buatan manusia, tetapi para ulama dan islam tidak terima kenyataan ini, mereka akan lebih agresif dan divensif, bila diluar islam berani mengotak-atik kenyataan ini, mereka anggap orang diluar islam itu tidak tau apa-apa, berbohong, menfitnah mereka dan ulama.

    tetapi ulama dan islam lenggang kangkung menyatakan yahudi dan nasrani lah yang merubah ayat-ayat alkitab shingga nubuat tentang nabi Muhammad tidak ada dalam alkitab, sedangkan diquran disebutkan. alkitablah yg palsu tidak asli lagi, tetapi kita balik bertanya kepada mereka alkitab yang asli itu dimana, merekapun bungkam tidak tau hanya menuduh untuk membela quran yg tidak mampu berdiri sendiri.

    Kenyataan bahwa Alkitab(taurat) 6000 tahun telah ada duluan dari quran jadi bagaimana mungkin merubahnya, zabur 4000 tahun, injil 665 tahun telah ada dan beredar diseluruh dunia termasuk jasirah arab melalui pengijilan misionaris Kristen dan Yahudi, termasuk pendeta Waraqah kakak Khadijah istri Muhammad yg dinikahkan ala kristen. pencatatan yang salah atau dibelokan oleh Muhammad bahkan Zaid karena politik Muhammad karena dia ingin menjadi pemimpin dan penakluk dunia seperti Iskandar Dzulkarnain, para kaisar romawi dapat mengauasai Erofa dan Asia kecil. maka Muhammad dan genknya membentuk organisasi namanya ISLAM dan kitab undang-undangnya adalah alquran.

    Ini terbukti bila tidak mau ikut islam akan dibunuh dan dibantai diperangi, ditaklukkan dimulai dari keluarganya paman-pamannya penaklukan medinah, memerangi yahudi di mekah, melalu cara ini Muhammad dan genknya menjadi kaya raya melalui harta rampasan perang. perang ini dilakukan terus-menerus sampai keluar arab, termasuk romawi, konstantinipel, cordova, bizantium dll. Akhirnya organisasi islam mengausai dunia, jadilah organisasi Islam menjadi Agama, alquran sebagai kitab sucinya, Muhammad sebagai nabinya. itulah kenyataan islam yg sebenarnya.

  23. Kenapa nabi isa as Di turun kan setelah Di angkat kelangit ? Sebelum Di angkat kelangit dia Di fitnah umat nya. Di langit dia Di fitnah umat nya. Siapakah umat yang memfitnah nabi isa as ? apakah dajjal? Hanya Allah yang tau. kita Hanya bisa mengira ngira

  24. Bagaimana dajjal dapat tau teknologi? Belajar dari alquran. Kenapa lambang dajjal piramida ? energy al fateah berbentuk piramida . berarti piramida tempat ufo mengisi bahan bakar. Kenapa alien tidak Di gambarkan dalam alquran . Aku rasa karna mahkluk kloning dajjal. apa itu kloning? Persilangan kayak sapi. Di antara manusia Dan Jin. itu semua Hanya Allah yang tau. kita Hanya bisa mengira ngira. otak manusia lemah

  25. Kapan dajjal lahir ? . Sebelum nabi Muhammad saw lahir. Kapan Dajjal Di rantai ? Saat nabi Muhammad saw lahir. Otak dajjal 1 abad pintar nya dari manusia normal. Apa kendaraan nya dajjal Saat dia lepas ? Seperti telingga keledai. Apakah ufo seperti telingga keledai ?

  26. siapakah dajjal? Manusia raja sihir. Siapakah iblis? Yang Di utus Allah untuk bangsa Jin. Apakah nama keturunan iblis? adalah syetan. Jadi tidak semua Jin itu syetan. Jin Muslim menjaga jarak dari manusia. kenapa iblis ingkar kepada Allah? Malaikat Di ciptakan murni dari nur /Cahaya. Jin Di ciptakan murni dari api. Manusia Di ciptakan sempurna tanah air angin api Cahaya. Api Di dalam diri kita itu nafsu.kalau ngak ada nafsu kita ngak inggin makan minum Dan lain lain maka kita harus menggendalikan nafsu kita. nur/Cahaya Di dalam diri kita yang Di benci iblis sehingga iblis melawan perintah allah. iblis minta izin kepada Allah agar hukuman kepada diri nya Di tunda Dan mengguji iman nur /Cahaya manusia . alasan iblis kepada allah? Gara Gara manusia dia dapat hukuman masuk neraka. Untuk keturunan iblis adalah syetan bertobatlah jangan ikut kakek mu hahaha Hanya bercanda kalau mau bertobat bagus

  27. Siapa yang akan Di siksa dajjal ? =Pendusta alquran. Kenapa?=dajjal butuh keyakinan dari pengikut nya. agar dia terlihat punya Kuasa seperti tuhan. jadi akan Di main main kan kematian nya. Karna dajjal tau tidak akan ada pertolongan dari Allah kepada pendusta alquran. Jadi dajjal akan berlama lama mempertontonkan. itulah cara dajjal menipu pengikut nya

  28. Takut lah kepada Allah.karna dajjal syetan tidak ada daya kekuatan.hanya tipu daya dan kesombongan.hanya mampu mencari orang yang mendustakan Alquran dan allah

  29. Apakah kelemahan Dajjal.tidak bisa masuk Makkah Madinah.gimana cara nya kita terhubung dengan Makkah Madinah.al kaffi 1-10 akan ada cahaya dari Mekkah Madinah ketubuh kita.

  30. seandainya nya aku bertanya kamu ngak akan bisa jawab contoh tuhan maha pencipta jadi Yang menciptakan tuhan siapa? Jawab: kalau masih ada yang menciptakan tuhan berarti dia bukan tuhan .

  31. Jin manusia dan di antara kedua nya di ciptakan untuk beribadah.Jin dinosaurus ada sebelum Adam di turunkan kebumi.Bumi di hujan meteor dinosaurus musnah.kalau aku bertanya kamu ngak akan bisa menjawab.karna kamu tidak mendalami Alquran.

  32. Ini web penyesat, penyusup yang bodoh yang ingin menyesatkan dan ingin membuat ragu akan firman Allah. Tp syang ni orang g’ tau klo iman kita g bsa di mainin dan dibodohi. Karna agama islam(kita) diciptakan untuk orang yang berakal dan berilmu.. Karna agama tanpa ilmu sama dengan bohong alias Nol… Kaya ente yang punya situs…

  33. Selamat wahai orang musyrik dan orang kafor…..selamat masuk neraka….otak mu sama badanmu memang kamu yang berkuasa tapi bagaimana dengan nafasmu dan rohmu….jika kematiannmu tidak dijalur nabi muhammadad saw….yang telah disebutkan dalam kitap mu
    ?….bahwa muhammad nabi terakhir dan penyempurna ajaran Allah…dan Allah itu satu jangan kamu ikuti syetan dan nenek moyangmu…ikutilah Allah dan Muhammad…alquran itu tidak satupun manusia mampu membuatnya…itu Dari Allah yang Maha Tunggal bukan buatan muhammad…

    1. Betul sekali wahai restu, ente memang ditakdirkam masuk neraka sesuai perintah allah dalam quran.

      Allah SWT berfirman:

      وَاِنْ مِّنْکُمْ اِلَّا وَارِدُهَا ؕ كَانَ عَلٰى رَبِّكَ حَتْمًا مَّقْضِيًّا
      “Dan tidak ada seorang pun di antara kamu (Muslim) yang tidak memasuki [neraka]. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu ketentuan yang sudah ditetapkan.”
      (QS. Maryam: Ayat 71)

  34. selamat anda telah disesatkan oleh kitabnya orang islam 😀
    lagian ko penulis iseng banget?
    lah wong di kitabnya orang muslim aja udah diterangkan artinya ya sama seperti ucapan si “HURUP” itu tadi.
    bila hurupnya adalah “B” ya = “B”
    sudah seharusnya tidak ada inisial samasekali dalam hurup “B” dan tidak ada singkatan apapun dalam hurup “B A B”
    kecuali bila anda iseng mengaitkan hurup “B A B” = buang air besar
    atau “B A B” – “B A B” yang lain.
    bila anda paham arti sebuah HURUP anda akan memahami arti kata yang terdiri dari rangkaian HURUP.

  35. alahmak apa yang kalian bicarakan…sesama manusia jangan saling menghardik menjelekan…kita pun tidak tau mana mana yang benar.bisa saja semua salah..jangan mencari pembenaran dengan menjelekan lawan.benar tidaknya kalo kalian sudah ketemu Tuhan yesusmu atau Tuhan Allahmu…selebihnya hanya omong kosong belaka kalian muslim dan umat nasrani.bisanya cuma saling mencela.penting kalian urus anak istrimu..anak suamimu…besarkan dia kasih sayangi mereka.seandainya injil..alquran itu cuma karangan manusia biasa kalian mau apa…kalo surga neraka itu hanya dongeng seprti kisah atlantik kalian mau apa…ahhh sudahlahh payahh kalian umat yang punya bagi…

  36. Orang kafir memang seperti bertindak bodoh, walaupun dipaksakan pakai logat profesional tapi tetap tampak bodoh sekali, maaf jika mengomentari. Hanya orang yang beriman lah yang dapat merasakan apa itu alif lamm miim dan huruf mukhotat lain nya.. Jika lah saya beritahu apa itu alif lamm mim sudah tentu kamu celenat celenut alis buka kitab injil sambil kentut gih, cari kerja yang benar dulu… Jangan cari musuh didunia islam apa lagi islam di indonesia, berani mati tuh untuk menggorok nasrani jahil laknatullah. Untuk mendapatkan mu gampang.. Tinggal tunggu perbuatan mu yang melampui batas lain nya

  37. Lebih mengarah pada cara para kolektor sistem kode pengoleksian saat penyusunan kodifikasi koran, namun terjebak memformalkan, hingga justru malah menunjukkan kodifikasi dan ayat terpaksa dilanjutkan sesudah pengarangnya wafat, seakan ayat tersebut diciptakan saat hidupnya.

  38. Astagfirullah al adim….ini situs web…menyesatkan…semoga Anda yang memiliki/membuat web ini cepat sadar..eling Bahwa Allah Swt. itu hanya Satu..Esa…Anda jangan berupaya membela diri atau mengajak orang sesat…apalagi ngaku mantan muslim…itu dajal telah merasuk rohmu….mumpung diberi waktu cepatlah bertobat…yang sesungguhnya…Allah maha pengampun.

  39. Saya sungguh malu mengaku umat yesus klo cara berkomentar ataupun menganalisis tdk mencerminkan kasih sayang…..belajar yg bener baru jd umat yesus…..

    1. Untuk memberitakan kabar keselamatan dari Tuhan Yesus gak perlu ada malu dan takut dimusuhi, kalau malu mengkabarkan berita Injil, Tuhan Yesus akan mempermalukan kita ke neraka.
      Jangan pernah mengharapkan mengkabarkan Injil agar mendapat upah, tetapi sudah menjadi tugas murid Tuhan Yesus memberitakan keselamatan dengan iman dalam Nama-Nya.

  40. Ya…mungkin itu kalimat utk pengasihan, pelet dan karisma, tuh liat aja bonyok nya aisyah dilamar muhammad dan aisyah terima, bonyoj nya kena ilmu karisma sehingga terima, aisyah manut2 aja, atau krn aisyah msh kecil msh blom pny otak utk menolak, dan saat muhammad indehoy dgn maryam, maryam menerima nya, pdhl umur muhammad sdh tua, bau bdn(krn didiagnosis terkena pentakit apa tuh aku lupa nama latin nya, itu sebabnya muhamad terobsesi sm minyak wangi utk menghilangkan bau bdn nya) gigi ompong krn kena bogem (sayang sekali knapa ga mati aja tuh orang), muka rusak krn penyakitnya itu…

  41. REPOT2 BANGET KALIAN MUSLIM YG CARI2 MISTERINYA MUHAMMAD.
    ITU BISIKAN2 FAWATIR BILA TAK BISA DICARIKAN MAKNANYA, BERARTI BUKAN WAHYU UTK MANUSIA. KATA2 ITU HANYA LAYAK UTK SETAN DAN IBLIS DAN JIN. ITU SAJA! hEH!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *