Blog

Quran Tertua di Dunia Mendukung Klaim bahwa Teks Sebelumnya Diubah untuk Menciptakan Buku Suci Islam

“Ini memberikan lebih banyak dasar kepada apa yang telah menjadi pandangan di sekeliling penciptaan Quran, seperti bahwa Muhammad dan pengikutnya yang mula-mula menggunakan sebuah teks yang telah ada dan membentuknya agar cocok bagi agenda politik dan teologis mereka, dibandingkan dengan Muhammad menerima wahyu dari Surga.” Atau bahwa yang lainnya belakangan menggunakan sebuah teks yang telah ada dan membentuknya agar cocok bagi agenda politik dan teologis mereka – seperti yang saya argumentasikan di dalam buku saya Did Muhammad Exist? – Robert Spencer.

 

Informasi baru disekitar penemuan Quran tertulis paling tua, yaitu teks suci umat Islam, telah membawa beberapa sarjana untuk mempercayai bahwa teks tersebut dikompilasi untuk mesjid pertama di Mesir.

“Ini adalah penemuan paling penting bagi dunia Muslim,” direktur pelaksana dari Yayasan Mohammaed bin Rashid Al Maktoum, dalam sebuah laporan BBC News pada hari Rabu.

Cerita tersebut berhubungan dengan fragmen-fragmen berusia 1.370 tahun yang berasal dari Quran paling tua di dunia yang berhasil di temukan oleh Universitas Birmingham di Inggris awal tahun 2015 ini, yang menjadi berita internasional.

Pare peneliti seperti Huwareib sekarang mengklaim bahwa terdapat bukti bahwa pekerjaan penulisan tersebut diperintahkan oleh Abu Bakr, seorang sahabat dari Nabi Islam, Muhammad, bagi mesjid paling tua di Mesir, yaitu Mesjid Amr ibn al-As yang terletak di Fustat.

Laporan BBC tersebut menyatakan bahwa para akademisi mampu menentukan bahwa manuskrip Birmingham tersebut adalah sebuah padanan yang persis dari fragmen Quran lain yang terdapat di Perpustakaan Nasional Perancis, yang diketahui telah disimpan di Mesjid Amr ibn al-As.

Telah terdapat perdebatan tentang penanggalan yang pasti dari fragmen Birmingham tersebut, namun, beberapa sarjana Inggris mengusulkan bahwa tulisan tersebut lebih awal dari penemuan Islam oleh Muhammad.

“Ini memberikan lebih banyak dasar kepada apa yang telah menjadi pandangan di sekeliling penciptaan Quran, seperti bahwa Muhammad dan pengikutnya yang mula-mula menggunakan sebuah teks yang telah ada dan membentuknya agar cocok bagi agenda politik dan teologis mereka, dibandingkan dengan Muhammad menerima wahyu dari Surga,” Keith Small dari Perpustakaan Oxford’s Bodleian mengatakan di bulan Agustus kemarin.

Mustafa Shah dari Universitas London’s School of Oriental and African Studies membantah dugaan tersebut.

“Jikapun benar, manuskrip itu telah mengkonsolidasi catatan tradisional tentang asal usul Quran,” dikatakan Shah.

Uji radiokarbon memberikan penanggalan terhadap manuskrip tersebut berasal dari antara 568 – 645 Masehi, yang menyebabkan perdebatan – karena kematian Muhammad tercatat di tahun 632 Masehi.

David Thomas, dosen ke-Kristenan dan Islam dari Birmingham University, mengatakan bahwa mungkin saja penulis Quran tertua tersebut sudah mengenal nabi Islam tersebut.

Huwareib, yang telah mengunjuni Birmingham untuk menguji manuskrip tersebut, mengatakan bahwa, ia percaya Abu Bakrlah yang memberikan perintah atas fragmen Quran yang ditemukan tersebut.

“Versi ini, koleksi ini, manuskrip ini adalah akar dari Islam, ia adalah akar dari Quran,” katanya. “Ini akan menjadi sebuah revolusi di dalam mempelajari Islam.”

 

Sumber: JW

6 thoughts on “Quran Tertua di Dunia Mendukung Klaim bahwa Teks Sebelumnya Diubah untuk Menciptakan Buku Suci Islam

  1. Jadi tidak ada teks yang diubah melainkan mengumpulkan ayat2 tersebut menjadi 1 mushaf agar tidak hilang dan menjaga orisinalitas Al Qur’an tsb

  2. Abu bakar RA memberikan mandat kepada Zaid untuk menghimpun catatan dan hafalan Al Qur’an yang tercecer di antara para sahabat yang masih hidup. “Engkau adalah seorang pemuda yang cerdas, Zaid. Kami tidak pernah meragukan kemampuanmu. Engkau juga selalu diperintahkan Nabi SAW untuk menuliskan wahyu, maka kumpulkanlah ayat-ayat Qur’an tersebut..”

    😀

  3. Abu bakar RA yang memerintahkan untuk mengumpulkan semua ayat Al quran menjadi 1 mushaf demi mencegah hilangnya ayat2 Al Qur’an serta menjaga keaslian Al Qur’an dari kerusakan seperti rusaknya kitab-kitab Wahyu terdahulu spt taurat, Zabur dan Injil

    Di masa Rasulullah saw , beliau punya juru tulis yang khusus menulis Al Qur’an Zaid Radhiyallahu.

    Jadi tidak benar tuduhan bahwa Al Qur’an di tulis oleh abu bakar.

    😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *