Tokoh Misterius

Menurut Muhammad, Samson Adalah Seorang Nabi (?)

Menurut Muhammad, Samson Adalah Seorang Nabi (?)

Dari Abi Zar r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda ketika ditanya tentang jumlah para nabi, “Jumlah para nabi itu adalah seratus dua puluh empat ribu (124.000) nabi.”
“Lalu berapa jumlah Rasul di antara mereka?” Beliau menjawab, “Tiga ratus dua belas (312).”
(Hadits riwayat At-Turmuzy)

Samson atau Simson, merupakan seorang nabi di dalam ajaran islam yang dikenal dengan nama Nabi Sam’un Ghozi AS. Kisah nabi ini, terdapat di dalam kitab-kitab, seperti kitab Muqasyafatul Qulub dan kitab Qishashul Anbiyaa.

Nabi Sam’un Ghozi AS memiliki kemukjizatan, yaitu dapat melunakkan besi, dan dapat merobohkan istana. Cerita Nabi Sam’un Ghozi AS adalah kisah bani Israil yang diceritakan turun-temurun di jazirah Arab. Cerita ini melegenda jauh sebelum Rasulullah lahir.

Dari kitab Muqasyafatul Qulub karangan al Ghazali, diceritakan bahwa Rasulullah berkumpul bersama para sahabat dibulan Suci Ramadhan. Kemudian Rasulullah bercerita tentang seorang Nabi bernama Sam’un Ghozi AS, beliau adalah Nabi dari Bani Israil yang diutus di tanah Romawi.

Dikisahkan Nabi Sam’un Ghozi AS berperang melawan bangsa yang menentang Ketuhanan Allah SWT. Ketangguhan dan keperkasaan Nabi Sam’un dipergunakan untuk menentang penguasa kaum kafirin saat itu, yakni raja Israil.

Akhirnya sang raja Israil mencari jalan untuk menundukkan Nabi Sam’un. Berbagai upaya pun dilakukan olehnya, sehingga akhirnya atas nasehat para penasehatnya diumumkanlah, barang siapa yang dapat menangkap Sam’un Ghozi, akan mendapat hadiah emas dan permata yang berlimpah.

Singkat cerita Nabi Sam’un Ghozi AS terpedaya oleh isterinya. Karena sayangnya dan cintanya kepada isterinya, nabi Sam’un berkata kepada isterinya, “Jika kau ingin mendapatkanku dalam keadaan tak berdaya, maka ikatlah aku dengan potongan rambutku.”

Akhirnya Nabi Sam’um Ghozi AS diikat oleh istrinya saat ia tertidur, lalu dia dibawa ke hadapan sang raja. Beliau disiksa dengan dibutakan kedua matanya dan diikat serta dipertontonkan di istana raja.

Karena diperlakukan yang sedemikian hebatnya, Nabi Sam’un Ghozi AS berdoa kepada Allah SWT. Beliau berdoa dengan dimulai dengan bertaubat, kemudian memohon pertolongan atas kebesaran Allah.

Do’a Nabi Sam’un dikabulkan, dan istana raja bersama seluruh masyarakatnya hancur beserta isteri dan para kerabat yang mengkhianatinya. Kemudian nabi bersumpah kepada Allah SWT, akan menebus semua dosa-dosanya dengan berjuang menumpas semua kebathilan dan kekufuran yang lamanya 1000 bulan tanpa henti.

Ketika Rasulullah selesai menceritakan cerita Nabi Sam’un Ghozi AS yang berjuang fisabilillah selama 1000 bulan, salah satu sahabat nabi berkata : “Ya Rasulullah, kami ingin juga beribadah seperti nabiyullah Sam’un Ghozi AS. Kemudian Rasulullah SAW, diam sejenak.

Kemudian Malaikat Jibril AS datang dan mewahyukan kepada beliau, bahwa pada bulan Ramadhan ada sebuah malam, yang mana malam itu lebih baik daripada 1000 bulan.

Pada kitab Qishashul Anbiyaa, dikisahkan, bahwa Rasullah Muhammad SAW tesenyum sendiri, lalu bertanyalah salah seorang sahabatnya, “Apa yang membuatmu tersenyum wahai Rasulullah?”

Rasullah menjawab, “Diperlihatkan kepadaku hari akhir ketika dimana seluruh manusia dikumpulkan di mahsyar. Semua Nabi dan Rasul berkumpul bersama umatnya masing-masing, masuk ke dalam surga. Ada salah seorang nabi yang dengan membawa pedang, yang tidak mempunyai pengikut satupun, masuk ke dalam surga, dia adalah Sam’un.”

Demikian kisah Nabi Sam’un Ghozi AS atau yang lebih dikenal dengan Samson atau Simson. Semoga dari kisah ini, dapat kita petik sebuah pelajaran di dalamnya.

Sumber Islam: Fakta dan Misteri Dunia

 

PERTANYAAN AWAM KEPADA Al-GHAZALI & KYAI PENULIS:

  1. Darimana Muhammad bisa tahu jumlah seluruh nabi (124.000) dan rasul (312) dunia bilamana bukan berasal dari wahyu yang disaksikan (Quran)? Padahal Quran samasekali tidak berbicara tentang jumlah-jumlah nabi/rasul, bahkan tidak juga mewahyukan kisah Samson ini. Lihat angka 312 rasul. Itu bukan angka pembulatan, melainkan angka eksakta, riil , yang dimaksudkan Muhammad sebagai jumlah rasul historis yang Allah utus! Apalagi ditambahkan Muhammad bahwa setiap negeri ada terutus nabi-nabi Allah : “Setiap Nabi diutus hanya kepada bangsanya sendiri tetapi aku telah diutus kepada seluruh bangsa” (Hadis Shahih Bukhari 7, nomor 331).

Jadi mohon Muhammad dan pengikutnya kini dapat menyebutkan SATU saja nabi diluar Israel dan Arab. Indonesia? Tiongkok? India?

  1. Dikatakan bahwa cerita ini telah melegenda jauh sebelum Rasulullah lahir. Jadi bukankah ini adalah kisah dari mulut kemulut – sejak ribuan tahun sebelumnya– yang tidak mungkin akurat sampai kepada Muhammad, sehingga sangat berbahaya bilamana itu diadopsi dan dikisah ulang oleh Muhammad, mengingat bahwa Muhammad itu dipercaya tak pernah salah berucap, benar 100%, karena sebagai nabi Allah, beliau maksum (dihindarkan Allah) dari berkata salah!?
  1. Tetapi nyatanya, logika kisah sudah ambul radul dan saling kontradiksi. Lihatlah, disatu segi dikisahkan bahwa “istana raja bersama seluruh masyarakatnya hancur beserta isteri dan para kerabat yang mengkhianatinya”. Walau seluruh masyarakat kufur sudah dimusnahkan, namun Samson masih minta melanjutkan perjuangan “menumpas semua kebathilan dan kekufuran yang lamanya 1000 bulan tanpa henti (berjuang fisabilillah selama 1000 bulan)”.

Bagaimana sesuatu yang sudah dimusnahkan total bisa perlu dikenakan lagi jihad fisabilillah 1000 bulan kedepannya? Ya, itulah cara dan usaha ulama2 Islam untuk mencocok-cocokkan apa yang bukan cocoknya dengan membawa-bawa JIBRIL, “Kemudian Malaikat Jibril AS datang dan mewahyukan kepada beliau, bahwa pada bulan Ramadhan ada sebuah malam, yang mana malam itu lebih baik daripada 1000 bulan” (seperti yang tertulis di Surat Al Qadar) ???

  1. Apakah kisah ini betul berasal dari mulut Muhammad diabad ke-7, ataukah justru bermula dari penulis kitab Muqasyafatul Qulub (karangan al Ghazali)? Bilamana Sirat dan Hadist Nabi (yang ditulis 200-an tahun setelah Muhammad wafat) tidak berkata apapun tentang Samson, tidakkah itu berarti bahwa kisah ini hanya ditulis sebagai dongeng tambahan tanpa pernah diketahui Muhammad – yaitu dengan sedikit menyontek sumber aslinya dari Alkitab yang memang tidak mungkin diverifikasi oleh Muhammad?
  1. Dikatakan lagi bahwa Samson adalah “Nabi dari Bani Israil yang diutus di tanah Romawi”. Nabi Israel? Tanah Romawi? Tapi tidak ada tercatat dikitab Israel manapun bahwa Samson itu seorang nabi Israel. Ia hanyalah seorang Nazir yang sejak lahir dipersembahkan orang tuanya kepada Tuhan, yang Tuhan pakai untuk membebaskan Israel dari penindasan Filistin.

 Juga di zamannya, Israel bukanlah jajahan Romawi. Sungguh konyol ulama-ulama Islam menempatkan Samson (yang lahir ditahun 1090 SM itu) dalam tanah jajahan Romawi. Bukankah kerajaan Romawi justru baru didirikan diabad ke-8 SM (menurut tradisi Roma dan sistim penanggalan Roma dimulai tahun 753 SM).

  1. Dan yang paling menyesatkan adalah pernyataan atas nama Muhammad (yang mengatas-namakan Allah swt) bahwa:Ada salah seorang nabi yang dengan membawa pedang, yang tidak mempunyai pengikut satupun, masuk ke dalam surga, dia adalah Sam’un.” KENAPA? Simple saja, sebab jikalau dia diutus sebagai nabi Allah dan tidak mendapatkan seorang pengikutpun, maka KENABIANNYA GAGAL TOTAL. Semua Nabi diutus Tuhan demi untuk berinteraksi dengan umat manusia demi penyelamatan. Nabi sesuai dengan fungsinya selalu akan mempunyai pengikut yang disebut UMAT Tuhan. Apalagi Allah swt memperpanjang masa kenabian Samson selama 1000 bulan kedepannya dalam keadaan buta-mata! Dalam keadaan buta, tentu Sam’un Ghozi AS (Samson Islam) tidak sendirian. Dia harus dituntun seseorang dalam kebutaannya, dan paling sedikitnya, si penuntun Samson Islam itulah adalah pengikutnya!

[Sebaliknya Samson Alkitab bukan nabi. Ia nazir, dan bisa saja berjuang SOLE sendirian walau Tuhan tetap memakainya untuk maksudNya].

Tampak karya Allah swt yang seharusnya Agung itu telah dimubaziri dengan kekerdilan yang manusia dongengkan sesukanya!

  1. Samson masih diizinkan hidup 1000 bulan sesudah memusnahkan seluruh komunitas musuh Allah?! DUSTA BESAR! Lihat gambar diatas, dimana Samson dalam keadaan buta-mata dituntun untuk mencapai 2 pilar penyanggah istana. Dan disitulah dia berdoa agar Tuhan memberikan kekuatan mukjizat terakhir baginya demi bisa meruntuhkan pilar istana itu dan memusnahkan 3000-an raja-raja dan orang2 Filistin yang ada diatas balkon istana. Dan disinilah Samson mati sebagai martir Tuhan yang telah mendengar doanya.

“Panggillah Simson untuk melawak bagi kita.” Simson dipanggil dari penjara, lalu ia
melawak di depan mereka, kemudian mereka menyuruh dia berdiri di antara tiang-tiang.

Berkatalah Simson kepada anak yang menuntun dia: “Lepaskan aku dan biarkanlah aku
meraba-raba tiang-tiang penyangga rumah ini, supaya aku dapat bersandar padanya.”

Adapun gedung itu penuh dengan laki-laki dan perempuan; segala raja kota orang Filistin
ada di sana, dan di atas sotoh ada kira-kira tiga ribu orang laki-laki dan perempuan, yang menonton lawak Simson itu.

 Berserulah Simson kepada YAHWEH, katanya: “Ya Tuhan YAHWEH, ingatlah kiranya
kepadaku dan buatlah aku kuat, sekali ini saja, ya Elohim, supaya dengan satu pembalasan
juga kubalaskan kedua mataku itu kepada orang Filistin.”

Kemudian Simson merangkul kedua tiang yang paling tengah, penyangga rumah itu, lalu bertopang kepada tiang yang satu dengan tangan kanannya dan kepada tiang yang lain
dengan tangan kirinya.

 Berkatalah Simson: “Biarlah kiranya aku mati bersama-sama orang Filistin ini.”
Lalu membungkuklah ia sekuat-kuatnya, maka rubuhlah rumah itu menimpa raja-raja kota
itu dan seluruh orang banyak yang ada di dalamnya. Yang mati dibunuhnya pada waktu
matinya itu lebih banyak dari pada yang dibunuhnya pada waktu hidupnya”
(Hakim 16:25-30).
 

  1. AKHIR KATA: Samson mati secara martir, bukan sebagai pejihad buta yang luntang lantung entah bagaimana jihadnya diatur oleh Allah swt (atau manusia?) demi untuk berjuang sendirian 1000 bulan kedepan tanpa pengikut!

12 thoughts on “Menurut Muhammad, Samson Adalah Seorang Nabi (?)

  1. semoga web ini segera ditutup karena menyebarkan berita palsu atau sepotong-sepotong, tanpa dasar yang jelas, untuk menebar fitnah kebencian.

  2. Darimana Muhammad bisa tahu jumlah seluruh nabi (124.000) dan rasul (312) dunia bilamana bukan berasal dari wahyu yang disaksikan (Quran)? Padahal Quran samasekali tidak berbicara tentang jumlah-jumlah nabi/rasul, bahkan tidak juga mewahyukan kisah Samson ini. Lihat angka 312 rasul. Itu bukan angka pembulatan, melainkan angka eksakta, riil , yang dimaksudkan Muhammad sebagai jumlah rasul historis yang Allah utus! Apalagi ditambahkan Muhammad bahwa setiap negeri ada terutus nabi-nabi Allah : “Setiap Nabi diutus hanya kepada bangsanya sendiri tetapi aku telah diutus kepada seluruh bangsa” (Hadis Shahih Bukhari 7, nomor 331).

    Jadi mohon Muhammad dan pengikutnya kini dapat menyebutkan SATU saja nabi diluar Israel dan Arab. Indonesia? Tiongkok? India?

  3. lha nggak usah heran, muhammad yg jauh dari kepantasan sebagai nabi aja menganggap dirinya nabi, mengarang segala macam cerita dan ajaran untuk mengesahkan pengangkatan dirinya oleh dia sendiri untuk dianggap dan diterima masyarakat saat itu sebagai nabi. jadi nggak heran nabi palsu ini ngarang cerita dan ajarannya seenaknya sendiri, karena pada dasarnya tipu dan kebohongan diperlukan untuk memperkuat eksistensi kenabian sesatnya. kebetulan masyarakat pendukungnya memang jauh dari akal sehat dan kepandaian, jadi dapat dukungan luas dalam kebodohan dan penyesatan. jadi jangan heran dgn kisah ngawur seperti diatas, karena sumbernya ngawur dan sesat, dan sampai sekarang ini, agama ini masih menyesatkan orang dimanapun, tapi menganggap dirinya rahmat bagi alam semesta. Ha…ha…ha… luar biasa mempertahankan kebodohan dan kesesatan selama 1300 tahun lebih. bukankah Hitler yg jahat itu juga punya pengikut dan sempat menjadi panutan ?? nggak perlu heranlah kalau nabi sakit ini juga seperti itu. otaknya sakit, makanya ajarannya juga sakit, akibatnya seluruh dunia sakit karena tertular penyesatannya.

  4. dalam islam emang aneh ..sulaiman juga diangap nabi ,,entahlah sulaiman islam , Daud islam juga dibilang nabi ,zakaria juga nabi….heheheheh agama aneh

    1. Hei bung dalam islam jihad menegakkan tiang agama dimulai sejak adam a.s menginjakan kaki didunia hingga saat ini . puluhan ribu tahun di sempurnakan sampai yg paling sempurna di ajarkan baginda muhammad s.a.w . dan tidak dpt di ganggu gugat apalagi revisi .. tidak ada keanehan Padanya . Yg aneh kalau kitab ada versi lama dan versi baru .

  5. Dengan modal dengar dengaran tentang kisah kisah yg ada di Alkitab muhammad menjadi seorang narator yg sukses memperdaya pengikutnya pengikutnya yg ummi dengan memasukkan nama nama tokoh alkitab pada kisah Dongengannya.

    Aku membayangkan saat nabi saw mendongeng sambil dikelilingi para pengikutnya yg mengangguk angguk takjub dengan kisah dan angka fantastis semacam 124.000 nabi dan 312 rasul sambil bergumam “SubahenolLah”…. Auwloh hoaxbarrrrr.

    Orang islam boleh bangga dengan nabinya yg suka berfantasi itu.
    Tapi bagiku Muhammad saw itu hanyalah SEORANG PELAWAK YG KONYOL DAN NEKAT.

    1. jika anda ahli injil kembalilah ke injil . pelajari sesuai kyakinan anda . Karena bagi kami muslim ,riwayat injil tdk pernah mengajarkan orang menghujat orng lain . Selama injil itu “asli” yg dibawa nabiallah isa a.s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *