Blog

Misi Utama Nabi Muhammad Bukan untuk Mengislamkan Dunia

“Kalau seandainya Tuhanmu menghendaki, tentu berimanlah semua manusia di bumi. Maka apakah engkau (Muhammad) akan memaksa manusia hingga mereka menjadi orang-orang yang beriman semua?” (QS Yunus 10:99).

Banyak yang kaget rupanya ketika disodorkan ayat ini. Misi utama Nabi itu sejatinya bukan untuk menaklukkan dunia dan mengislamkan semua orang.

Misi Nabi itu dijelaskan oleh al-Quran sebagai rahmat untuk semesta alam. “Dan tiadalah Kami (Allah) mengutus engkau (Muhammad), kecuali untuk menjadi rahmat bagi semesta alam” (QS. Al-anbiya 21/107). Dan dijelaskan sendiri oleh Nabi dalam satu riwayat Hadis Sahih: “Sesungguhya aku diutus untuk meyempurnakan akhlak yang mulia.” Innama bu’itstu liutammima makarimal akhlaq (HR Bukhari).

Menebar Rahmat dan memperbaiki Akhlak itulah misi utama Nabi, bukan maksa-maksa orang lain masuk Islam atau memaksa mengikuti fatwa dan tafsiran kita sendiri, atau bahkan memaksa orang lain mengikuti pilihan politik kita. Pemaksaan terhadap orang lain itu bukan rahmat dan bukan pula akhlak yang mulia. La ikraha fi al-din. Tidak ada paksaan dalam beragama.

Tafsir Ibn Katsir menjelaskan: “tidak perlu memaksa mereka. Barangsiapa dibukakan pintu hatinya oleh Allah maka mereka akan memeluk Islam. Barang siapa dikunci hati, pendengaran dan penglihatannya maka mereka tidak akan mendapat manfaat jikalau dipaksa masuk Islam”.

Tafsir Fi Zhilalil Qur’an mengonfirmasi bahwa “manusia telah diberi tanggung jawab untuk memilih jalannya sendiri, dan mereka pula lah yang akan bertanggungjawab atas pilihannya tersebut.”

Keimanan itu tidak perlu dipaksakan. Dakwah itu mengajak, bukan memaksa. Maka hindari cara-cara yang memaksa. QS al-Nahl 16/125 memberi kita petunjuk metode dakwah yang harus ditempuh: Pertama, dengan hikmah, kedua, dengan mauizah (nasehat/pelajaran) yang baik dan terakhir kalau harus berdebat, bantahlah dengan argumentasi yang lebih baik.

Tidak perlu pula menjelekkan atau menghina kepercayaan orang lain. Bahkan standar moral yang luar biasa ditegaskan dalam QS al-An’am 6/108: “Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan.” Kita dilarang dengan tegas untuk menistakan Tuhan dan sesembahan agama lainnya. Inilah akhlak yang diajarkan al-Qur’an.

Mari kawan …Kita tunjukkan pada penduduk dunia akan ketinggian ajaran Islam yang menjadi rahmat bagi semesta dan membentuk pribadi-pribadi yang berakhlak mulia. Begitu mereka tahu maka biarkan mereka sendiri yang akan berbondong-bondong masuk Islam.

“Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat”. (QS al-Nashr 110/1-3)

Salam hangat dan selamat melanjutkan misi Nabi Muhammad di hari Senin ini,

Nadirsyah Hosen
Rais Syuriah PCI Nahdlatul Ulama
Australia-New Zealand

18 thoughts on “Misi Utama Nabi Muhammad Bukan untuk Mengislamkan Dunia

  1. Sesungguhnya allah telah wujud dari azali lagi tidak ada siapa pun yang bisa mempersoalkan kewujudanNya seandainya sesiapa yang mempersoalkan kewujudanNya maka berdosa besar lah dia,tidakkah kamu pernah mendengar sebuah kisah apabila ada sekumpulan orang kafir bertanya “wahai orang2 beriman seandainya tuhanmu yang telah menciptakan segala-galanya jadi mengapakah Dia menciptakan kejadian dimana tentera bergajah menyerang kota mekah dan meruntuhkan Kaabah lalu allah menghukum mereka dengan menyuruh burung ababil membawa ketulan2 batu berapi dari neraka dan membaling ke arah mereka sedangkan tuhanmu mengetahui segalanya tidakkah tindakkan itu satu tindakkan yang sia2”)…..
    Orang kafir mempersoalkan kekuasaan allah,sesungguhnya dia berhak ke atas segala sesuatu yang ada di seluruh alam..
    Dia yang menguasai hari pembalasan,dia yang mempunyai 7 syurga yang indah,dia yang mempunyai 7 neraka yang penuh penderitaan…..
    Tidakkah disitu sudah tebukti bahawa allah lah yang maha kaya jadi apa yang mahu dilakukanNya terserahlah padaNya….
    Hanya dengan menyebut “kun faya kun-jadilah maka jadilah ia”),maha suci allah tuhan yang maha besar….
    Biarkan saja apa yang mahu dilakukanNya kerana dia berhak atas segalanya….
    Syaitan musuh yang nyata dia akan menyesatkan manusia hingga akhir zaman,jadi di situlah terbuktinya kuasa allah mengapakah allah menghantar nabi padahal niat mereka bukan untuk mengislamkan dunia,jika allah mengkehendaki maka Dia bisa jadikan semua ciptaanNya di alam ini dan alam lain hanya beriman dan menyembahNya,Allah maha bijaksana tiada siapa pun yang setanding denganNya itulah rahsia allah s.w.t,jika hidup sahaja tanpa ada ujian dan tanpa ada dosa pahala maka tiada gunalah kamu hidup,oleh itu diciptakan akal fikiran untuk manusia supaya kamu bisa berfikir,rahsia allah sangat besar dan tiada sesiapa pun yang tahu melainkan Dia kita sebagai hambaNya hanya perlu melakukan apa yang disuruhNya dan meninggalkan segala yang dilarangNya
    Jadi janganlah kita persoalkan dia,janganlah kita jadi golongan yang kafir dan sesat,Nabi tidak pernah memburukkan patung2 berhala orang2 kafir nabi cuma memohon sahaja supaya janganlah menyembah berhala,jika nabi ingin memaksa dan menghina sudah tentu tiada lagi orang kafir di dunia ini
    Maha suci allah
    Allah yang maha Esa
    Tiada tuhan selain allah
    ALLAHHUAKBAR

  2. Hai teman2 Muslimku, Inilah akhlak yang diajarkan al-Qur’an.
    QS al-An’am 6/108: “Dan janganlah kamu memaki sembahan2 yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dg melampaui batas tanpa pengetahuan.”
    JADI, Kita dilarang dengan tegas untuk menistakan Tuhan dan sesembahan agama lainnya.

    TAPI, wahai teman2ku Muslim,
    Justru Nabi kitalah yang per-tama2 terbukti meng-olok2 Kafir Quraysi yang memberhalakan 360 dewa-dewi mereka di Kabah. Jadi bagaimana kita bisa memahami dan mengampuni wahyu Allah yang disalah gunakan oleh Nabi?

  3. Hemm ,, sumfah demi memek-memek dari ke 72 bidadari surganya allah s.w.t, ana jadi bingung sendiri memerhatikan umat ana sendiri yg seolah faham dgn agama yg sudah ana ciftakan tersebut (Islam).

    1. Oh gitu ? Komen jelek g brani majang muka ? Bagus ! Pecundang sekarang bnyak banget yakk ? Orang” sperti Anda itu pantesnya di bully

  4. Tidak ada misi Islam yg tertinggi selain:
    Pancung yg bukan Islam
    Jadi misi-misi yg lain yg lebih rendah dari itu hanyalah gula-gula. Pemanis dan pewarna buatan saja.
    Kebusukan dibungkus oleh selogan-selogan dan jargon-jargon Islam.
    Anehnya misi ini ganjarannya Surga, memancungi orang bukan dosa, besar pahalanya.
    Tergiur surga Islam banyak orang ikut jihad, jihad sex juga boleh utk wanita.
    Di manapun negara-negara Islam di dunia sangat suka dan kecanduan perang.
    Itulah misi tertinggi Islam Kafah.

  5. Kontradiksi ayatnya gak ktulungan jumlahnya..dsni yg d dngerin yg bagus2 aj.lom yg klakuan gilanya si momod..yg istri wajib nyusuin budak laki2 lah,yg cebok pake batu brjumlah ganjillah,
    Kayanya sy mulai paham dh deskripsi nih orang;orang dungu yg lagi nuntun suatu kaum buta huruf..jd cuma crita konyol doang yg d sodorin.

  6. sudahkah anda beriman dengan agama anda sendiri ? mengapa anda harus mengatakan hal yang salah tentang agama islam? lebih baik anda mengurus agama anda sendiri !!!,dan itukah yang diajarkan oleh agama anda ? yaitu untuk memfitnah agama lain ?

  7. Beginilah kalo tuhan jadi 2 an bikinan muhamad, sudah ga kuasa, lemah karena perlu bantuan muslim, yang konyol lagi menyukai harta rampasan, mungkin harta rampasan buat beli 72 bidadari montok buat persiapan muslim yg bunuh diri seperti yg di lakukan di Brussel, Belgia

    1. Sampean ini prazt ko cari musuh…. ngga ngerti islam sok ngebahas tentang Islam jadi kelihatan bgt bodohnya….. emang kalau sy lihat dr tampangmu ini sepertinya bisa semalam bersama 72 pezina… eh maaf sudah suudzon, tapi yg harus anda catat dan ingat prazt jika anda menghina saya maka saya akan tersenyum tp anda sudah menghina orang yg paling sy cintai Muhammad SAW, maka 72 orang seperti anda sy hadapi sendiri… sy sedang mencari fatwa apakah darah anda halal??…. ingat itu……

    2. Garis bawahi tuhan jadi2an…menurut anda allah tuhan jadi2an? Apakah anda pernah melihat allah? Apakah anda pernah memegang dan membuat Allah? Jika tidak, bagaimana anda bisa menyebut allah itu tuhan jadi2an, yang sedangkan anda sendiri tidak pernah melihat wujudnya? Allah itu tidak berwujud, karena hanya bisa di yakini oleh orang – orang muslim yang beriman, justru dari sini terlihat jelas bahwa kadar keimanan seorang muslim kepada tuhannya itu lebih besar di banding agama yang lain, yaitu agama yang jelas jelas tuhannya itu mempunyai wujud, mulai dari wujud yang berbentuk hewan, sampai dengan tuhan yang berwujud seperti manusia,, astaghfirullah…..

      1. oh allah tidak berwujud ya, lalu bagaimana anda tahu atau kenal allah anda itu? oh di dzat ya, dzat apa ya? dzat cair? dzat padat? dzat udara? atau dzat lain yg tidak bisa anda jelaskan? kalau tidak bisa dijelaskan, bagaimana anda mengenal allah anda? katanya islam agama yang logis dan mudah dimengerti, tapi mau mengerti allah saja bingung. ngomong2 dzat dan zat bedanya apa yah?

  8. ALLAH BERKATA: “Kalau seandainya Tuhanmu menghendaki, tentu berimanlah semua manusia di bumi”.
    JADI KENAPA ALLAH JUGA BERKATA BHW AGAMA YG DIRIDHOINYA HANYALAH ISLAM?.
    DAN ALLAH PERINTAHKAN MUSLIM UTK MEMERANGI & MEMAKSA KAFIR UTK MASUK ISLAM (qs.9:29)
    Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian, dan mereka tidak mengharamkan apa yang diharamkan oleh Allah dan RasulNya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al-Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk”.

    ALLAH SWT INI SUNGGUH MENYELESAIKAN MASALAH DENGAN MASALAH YG LEBIH BESAR!!!!.

    1. Masyaallah, anda berbicara hanya dari sepotong ayat saja? Astaghfirullah….surat attaubah itu ga cuma satu ayat isinya tapi ada 129 ayat. Dan jika anda membaca dari ayat 1 sampai dengan potongan ayat yang mas tampilkan disini yaitu ayat 29, insyaallah mas akan mengerti manusia kafir yang seperti apa yang harus di perangi dalam ayat 29 tersebut…..subhanallah….
      Logikanya gini mas, mas lagi jalan nih, tiba2 liat orang rame2 lagi tauran, nah mas ikut2an tuh tauran tanpa tau sebabnya apa, menurut mas tindakan mas ini bener gak? Berpendidikan gak? Berintelektual gak? Ada landasannya gak? Sama aja mas yang tiba2 ngasih dalil tapi cuma 1 potong ayat, mas ngerti gak asal muasalnya itu ayat? Ngerti gak sama persoalan itu ayat?
      Udah gitu aja klo dari saya, semogahan masnya baca surat attaubat yang mas posting tersebut secara keseluruhan, biar ngerti, syukur2 mas bisa dapat hidayah abis baca alquran….amin amin ya allah.

      1. coba mas jelaskan apa isi surah at taubah, sekalian mencerahkan kita2 disini, supaya kita mendapat hidayah. jangan koar2 gak mutu gitu ahhh…. BASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *