BlogNabi-nabi

Mustahil Yesus Tuhan

mesjid

AKU AKAN MURTAD BILA YESUS ITU TUHAN

  1. SAYA MUSLIM. TUNJUKI SAYA AYAT DIMANA YESUS BERKATA:
    “AKU TUHAN, SEMBAHLAH AKU”? MAKA SAYA AKAN SEGERA MURTAD,
    DAN JADI PENYEMBAH YESUS.

    A. INILAH contoh kata-kata angkuh yang sering kita dengar, yang sekalihus membenarkan pernyataan Dr Billy Graham ketika beliau berkata: “Our society strives to avoid any possibility of offending anyone – except God” (Masyarakat kita berjuang keras menghindari setiap kemungkinan untuk menghina seseorang lain – kecuali Tuhan)

Maaf. Tantangan Q dari Anda itu bukan hanya arogan, tetapi juga kebodohan. Dua nasihat agar anda tidak sesumbar arogan dan bodo disini.
1. Seseorang yang tidak mengumumkan sesuatu dari propertynya bukanlah berarti bahwa dia tidak memiliki property tersebut. Jikalau anda seorang bapak yang tidak mengumumkan kepada anak-anakmu : “Aku ini laki-laki”, maka apakah ke-laki-lakian Anda menjadi tidak sah, alias bukan laki-laki? 2.Dan anda begitu rentan murtad dan gampang menyangkal iman anda? Seharusnya anda berikrar kepada Allah-mu bahwa Yesus, nabi atau agama lain manapun yang mengatakan apapun, anda tidak akan bergeming dari iman Islam anda! Syahadat “tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad Rasul Allah” adalah harga mati! Itu baru menjadi Muslim sejati yang Allah layakkan.

Muslim terjebak dan tersesat dalam 5 fallacy, kesalahan cara bernalar dan berargumentasi.

Fallacy pertama. Ratusan kali dalam Alkitab, Yesus telah berkata dan bertindak dalam kapasitas Firman dan adikodrati ilahiah melebihi manusia dan nabi manapun. Namun Muslim tidak mau melihat ini, melainkan mencari satu kutu-busuk, bersesumbar menantang  Yesus kalau-kalau Dia ada mengucapkan satu kalimat verbatim yang mereka tentukan sendiri bagi Yesus. Muslim tak sadar bahwa seorang Tuhan tidak harus – dan pasti tidak mau– membeo kalimat verbatim made by Muslim untuk membuktikan diriNya Tuhan semesta.

Sebegitu anda menantang seperti itu, segera orang tahu bahwa anda tak tahu siapa Yesus itu, dan tidak membaca InjilNya. Bukankah dalam Injil, ahli Taurat dan kaum Farisi –seperti juga anda kini – telah dijuluki  Yesus sebagai “angkatan jahat” yang juga sudah pernah menantang Yesus untuk memperlihatkan satu TANDA, agar mereka baru bisa percaya kepadaNya ?

Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: “Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu.”  Tetapi jawab-Nya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.”
(Mat 12:38-39) …. sesungguhnya yang ada di sini (Yesus) lebih dari pada Yunus! (ayat 41) … dan sesungguhnya yang ada di sini (Yesus) lebih dari pada Salomo!” (ayat 42).

Yesus dan nabi mulia manapun  mustahil mau dikerdilkan oleh angkatan orang jahat ini dengan melayani keinginan mereka yang mau melihat kebesaran dan kemuliaan tandaNya. Apalagi jikalau tuntutan terhadap tanda ini dan itu HARUS menurut frasa verbatim yang mereka sendiri inginkan. Anda yang menolakNya samasekali tidak akan diberi apa-apa, justru sebaliknya, apa-apa yang telah anda punyai akan diambil habis. Anda akan ditinggalkan, dan murtad anda juga tidak dibutuhkan Yesus:

“Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya” (Mat 13:12).

Sebaliknya, banyak cara dan frasa lain yang justru sudah Dia sodorkan menurut caraNya demi untuk menyatakan diriNya sebagai Tuhan yang mulia. Tanpa menyebutkan gelar resmi diriNya “Akulah Penakluk Syaitan”, tetaplah Yesus sudah menaklukkan semua setan menuruti apa yang Dia hardik-kan dengan kata-verbatim yang lain:

“Diam, keluarlah dari padanya!” (Mrk 1:25, Luk.4:35). Dan setanpun terusir!

Bukti dari ketuhanan Yesus bukan dengan membeo nafsu orang fasik dengan berkata: “AKU Allah, Sembahlah aku”,  sebab setanpun bisa menjadi al-Ilah dengan menipu (Yoh 8:44; 2Kor 11:14).  Yesus sudah  membuktikan jatidiri dan mahakuasa-keilahianNya sampai kepada titik dimana Dia tidak bisa tidak terpaksa harus “disetarakan” sebagai Tuhan yang mutlak. Maka terjadilah perbantahan diantara umat manusia sendiri yang saling ber-antagoni. Dan hal inipun sudah dinubuatkan oleh Simeon –seorang tua yang benar dan saleh yang dituntun oleh Roh Tuhan– untuk bertemu dengan Maria dan bayinya di Bait Tuhan, demi untuk bernubuat tentang “tanda perbantahan” umat manusia:

“Sesungguhnya Anak ini (Yesus) ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang di Israel dan untuk menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan dan suatu pedang akan menembus jiwamu (Maria) sendiri–,supaya menjadi nyata pikiran hati banyak orang.”(Luk 2:34-35).   

Muslim tak sadar bahwa Yesus punya sejuta cara dan kata untuk mengklaim diriNya Tuhan. Dia sendiri adalah Firman/ Kalimat Allah, kok Anda cecere bisa membatasi caraNya serta mensyaratkan “firman” Anda sendiri atasNya?

Fallacy kedua. Nah, dikala Muslim merasa bahwa Yesus sudah TERLANJUR LUAS dituhankan dari yang bukan Tuhan – dan itu adalah dosa syirik terbesar Islam yang tak terampuni–  maka mereka justru harus menantang Yesus dengan cara yang terbalik demi menghentikan kesesatan syirik yang telah meracuni dunia ini. Yaitu menuntut agar Yesus Kristus dalam InjilNya memproklamirkan kepada dunia: “AWAS! AKU BUKAN TUHAN, JANGAN SEMBAH AKU”! Tuntutan kritis untuk menyelamatkan milaran umat tersesat Kristani ini tentu semiliar kali lebih urgent dan benar (!) ketimbang tuntutan “AKU TUHAN, SEMBAHLAH AKU”.

Dalam Islam, melanggar seruan “sembah Aku” tidak serta merta membuat sipelanggar masuk neraka karena dosanya masih terampuni. Namun pelanggar seruan “Jangan sembah Aku” – dan itu sudah terjadi pada miliaran manusia pelanggar dimuka hidung– dipastikan dosanya tak terampuni dan binasalah mereka selamanya. Itu yang sejatinya harus ditantangkan oleh Muslim, sebab Yesuspun pasti tidak akan membiarkan miliaran pengikutNya tersesat dalam kesyirikan (dengan mentuhankan diriNya), jikalau Ia bukan Tuhan!

Jadi, apakah Yesus di Injil pernah sekalipun menolak atau melarang  tatkala dirinya disebut Guru, Tuhan, God, atau tatkala disembah oleh pelbagai pengikutNya? NOL! Sebaliknya yang ada…

Kalau begitu kenapa Muslim sedunia sepakat “me-rejeksi” tantangan ‘jangan sembah Aku’ namun mengadopsi tantangan ‘sembahlah Aku’? Saya hanya bisa menjawab 2 hal. Bahwa manusia memang bisa ramai-ramai sepakat untuk menipu dirinya sendiri. Dan selebihnya, hanya Allah SWT yang tahu.
Fallacy ketiga. Tuhan yang Maha Kuasa dan Mulia tidak gila-gila menuntut mutlak dan langsung (baca: dadakan) disembah seperti yang dikira oleh kebanyakan Muslim. Penyembahan kepada Tuhan harus mengalir dari proses pengenalan dan pengalaman kita yang penuh hikmat, hormat dan kagum akan kebesaranNya. Penyembahan yang benar merupakan konsekwensi, bukan sebab. Itu  sebabnya Yesus mengharuskan kita untuk menyembah Tuhan dalam roh dan kebenaran (Yoh 4:24).

Dalam Sepuluh Hukum  Taurat, Tuhan juga pertama tama menekankan jatidiriNya yang konkrit historis. Yaitu Tuhan yang dahsyat yang menuntun umat Israel keluar dari tempat perbudakan Mesir. Baru sesudah jelas dan tidak nyasar siapa Tuhannya, maka menyusullah larangan terhadap penyembahan berhala kepada yang bukan Tuhan. Sebaliknya justru Setan lah yang mau menuntut disembah dengan cara acakan dan mendadak –lewat godaan, tipuan, intimidasi dan terror– tanpa usah kenal apa dia Tuhan atau tuhan-tuhanan. Lihat cara setan menggoda Yesus, Matius 4:7-9.

Kini, siapakah Tuhan bagi seorang Muslim? Apakah ciri-ciri manifestatif-Nya yang dapat kita kenal?
Kita tidak akan membabi-buta menyembah Tuhan yang bukan Tuhan, yang dalam definisinya adalah YANG MAHAKUASA, satu-satunya yang mencipta kehidupan (QS 22:73). Siapa yang mencipta dan menguasai semuanya adalah Tuhan. Namun definisi operatifnya harus sangat sederhana dan kasat mata, sedemikian mudah sehingga manusia yang paling primitif sekalipun harus bisa membedakan Tuhan dengan non-tuhan. Dan ini menyangkut unsur kata KUN (CREATING WORD: Jadilah!) demi dapat menyaksikan keilahian Tuhan secara lurus tanpa usah tafsir-tafsiran! Ini diformulasikan dengan ciri sederhana: Tuhan adalah sosok yang berkata “KUN”, dan terjadilah itu! (QS.40:68, 3:47).

Namun sayang Allah SWT tidak pernah memperlihatkan jatidiriNya yang historis kepada siapapun. Dan umatNya di Arabia diabad ke-7 tidak pernah diperlihatkan kuasa dan otoritas KUN- Nya! Quran bermain asap kabur disini. Tak ada satupun mukjizat ilahi yang muncul dari mulut dan tangan Allah SWT bagi umat Arab dihadapan para saksi mata. Yang ada hanyalah pengkisahan mukjizat yang Tuhan Israel lakukan (kasat mata) bagi umat Israel, bukan Allah Arab!

Sementara Allah SWT yang tidak berbuat apa-apa itu telah “mewakilkan” kuasa diriNya kepada  Yesus seorang, dan tidak kepada yang lain. Allah mengklaim tanpa usah saksi mata bahwa Dialah yang menciptakan lalat (QS 22:73)—namun Yesus-lah yang “dipakai Allah” untuk memperlihatkan kuasaNya kepada umum (nyata, bukan klaim) dengan menciptakan seekor burung hidup-hidup (QS 5:110, 3:49). Dan dalam Alkitab lebih shahih lagi ditampakkan kuasa KUN-Nya, ketika Yesus berseru dengan suara keras kepada mayat Lazarus yang sudah mati 4 hari didalam kubur: “Lazarus, marilah ke luar!” DAN TERJADILAH ITU dihadapan sekampung para saksi mata (Yah 11:43 ff).

  1. Quran menyensor dan men-sunat Injil.
  2. Quran memberi pre-text (dalil tersembunyi) representasi kuasa Allah kepada Yesus dengan istilah “memberi izin”. Oleh karena itu, Quran harus menyensor semua latar belakang dan covering story (dari prolog hingga epilog) untuk setiap kisah-kisah KUN, sehingga tak ada Muslim yang tahu bahwa kuasa Yesus itu sesungguhnya bukan (!) hasil minta izin dari Allah-Nya. Quran hanya memberi LIST dari mukjizat2 Yesus seperti layaknya magic-show! Namun Injil memperlihatkan detailnya bahwa Yesus sendirilah yang menggulirkan kuasa mujizat dari diriNya sendiri! Jikalau Allah SWT member izin, maka Allah secara teologis akan terjebak memberi izin kepada mahklukNya untuk menjadi “Allah Sesaat”, khususnya izin atas jenis2 kuasa KUN yang jelas-jelas dikatakan sebagai milik eksklusif Allah sendiri. Dan ini sungguh telah mendiskreditkan ketawhidan Allah SWT!

Sebaliknya, lihat betapa Yesus tidak menunggu izin siapapun, melainkan spontan berkata KUN, “Aku mau, Jadilah!“ bahkan membiarkan diriNya disembah sujud (Matius 8:2-3):

Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya (Yesus), lalu sujud menyembah Dia dan berkata: “Tuan, jika Tuan mau,Tuan dapat mentahirkan aku.” Lalu Yesus mengulur-kan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.

Yesus 100% menegaskan tak perlu izin-izinan: “Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak (Yesus) menghidupkan barangsiapa yang dikehendaki-Nya (Yoh 5:21).

  1. Betapa aneh diluar akal, tapi benar bahwa Quran juga men-sunatkan jenis-jenis KUN Yesus yang justru super dahsyat, bukan yang umum umum. Ada salah apakah?Kenapa justru yang super dahsyat? Agar tidak terlalu mencolok menempatkan Yesus sebagai Allah sendiri? Diantaranya adalah:
  • Kuasa Yesus dan otoritasNya atas alam-raya:
    Air diubah menjadi anggur dalam pesta perkawinan di Kana (Yoh ps.2). Ini adalah mukjizat pertama Yesus. Apakah Allah tidak tahu apa yang ditampilkan Yesus pertama kalinya untuk memuliakan namaNya?

Demikian pula KUN dahsyat yang mendiamkan badai dan gelombang dahsyat didanau dengan satu hardikan:

“Iapun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: “Diam! Tenanglah!” Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali” (Mrk 4:39). …Maka takutlah mereka dan heran, lalu berkata seorang kepada yang lain: “Siapa gerangan orang ini, sehingga Ia memberi perintah kepada angin dan air dan mereka taat kepada-Nya?”(Luk 8:25).

  • Kuasa adikodrati Yesus mengusir setan!

“Enyahlah engkau, hai Iblis”, dan iblis tunduk. Ini dilakukan Yesus berulang-ulang atas banyak orang yang kena rasuk setan. Tidakkah kasus kerasukan setan dan sihir juga banyak terjadi dizaman Muhammad, dan berurusan dengannya (ayat-ayat setan, tukang sihir, buhul-buhul, setiap orok yang lahir disentuh setan kecuali Yesus. dll). Kenapa Allah/ Muhammad tidak singgung KUN Yesus yang usir setan di Quran? Bukankah setan itu musuh Allah yang terbesar, namun Allah sengaja meng-absenkan ketertaklukannya?

  • Kuasa Yesus mengampuni dosa manusia dihadapan publik.
    Ini adalah mukjizat yang menghujat Allah bila ada manusia yang mengklaim-nya! Ini adalah harga-mati yang Allah kuasai dan tidak pernah akan diwariskan atau direpresentasikan kepada lainnya, sekejab apapun! Namun Yesus menantang “hujatan” ini secara terbuka. Ia yang dikatakan oleh malaikat sebagai Juru Selamat (Luk 2:11) harus membuktikan otoritasNya yang praktis tak mungkin mampu dilihat oleh manusia, namun yang paling dibutuhkan manusia demi keselamatan kekal nya! Saksikanlah betapa Yesus mendemonstrasikannya:

Berkatalah Ia (Yesus kepada seorang lumpuh yang diturunkan dari atas atap rumah): Hai saudara, dosamu sudah diampuni.”

Tetapi ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi berpikir dalam hatinya: “Siapakah orang yang menghujat Allah ini? Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?”

Akan tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata kepada mereka:
“Apakah yang kamu pikirkan dalam hatimu?

Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah, dan berjalanlah?

Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia (Yesus)  berkuasa mengampuni dosa –berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu–: “Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!” Dan seketika itu juga bangunlah ia, di depan mereka, lalu mengangkat tempat tidurnya dan pulang ke rumahnya sambil memuliakan Allah. Semua orang itu takjub, lalu memuliakan Allah, dan mereka sangat takut, katanya: “Hari ini kami telah menyaksikan hal-hal yang sangat mengherankan.” (Luk 5:20-24)

  • Kuasa Yesus memastikan seseorang untuk dibawa masuk sorga

Lalu ia (penyamun yang tersalib disamping Yesus) berkata: “Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.”

Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.” (Luk 23:42-43). [Lihat, penyamun itu bukan hanya masuk sorga, tetapi dibawa masuk kesana oleh Yesus secara pribadi! Bandingkan dengan QS.19:71 dimana Allah memastikan Muslim masuk keneraka! ]

Muslim pantas bertanya, kenapa Yesus tidak membutuhkan izin siapapun untuk KUN, Creating Word-Nya yang maha dahsyat itu? Sederhana saja, karena daya-cipta ini semata-mata berasal dari “Kalimat Allah” yang telah Dia miliki sebagai Kalimatullah (QS 4:171). Per definisi, siapapun yang mempunyainya, Dia-lah yang disebut Tuhan, sang Pencipta, Penyelamat! Dan itulah Yesus.

 

Fallacy keempat. Verbatim yang dituntut oleh Muslim itu juga mengandung fallacy dalam sumber referensi yang dipakai. Muslim minta ditunjuki dari referensi Injil akan “verbatim Islamik“ yang hanya ada dalam jargon Quran, namun mereka tidak tahu bahwa jargon demikian memang  tidak dipakai dalam Injil maupun Taurat. Ini sama saja dengan Muslim yang menuntut di Alkitab harus ada nama atau gelar kenabian Yesus dengan istilah Quran: “ISA PUTRA MARYAM“. Ya, verbatim demikian pasti tidak akan pernah keluar dari Injil, dari mulut Tuhan Yesus dan para RasulNya. Sebab istilah demikian dalam tradisi Yahudi justru mengindikasikan bahwa Yesus adalah anak haram (anak zinah, hasil nikah gelap tanpa jelas ayahnya).  Maka mustahillah  kalau panggilan itu datangnya dari para murid (hawariyyin) Yesus sendiri yang menghina Gurunya seperti yang diabadikan dalam Quran yang ber-tradisi budaya Arab:

“(Ingatlah), ketika pengikut-pengikut Isa berkata: “Hai Isa putera Maryam, sanggupkah Tuhanmu menurunkan hidangan dari langit kepada kami?.” (QS.5:112)

Kata-kata “Isa putra Maryam” (yang berkonotasi ‘anak-zinah’) dan “sanggupkah Tuhan-mu” sungguh diragukan berasal dari mulut para murid Yesus yang Injili. Itu hanyalah sebentuk olokan-olokan dan hinaan dari kalangan luar yang telah menyerang Yesus (lihat Yoh 8:41), dan ini yang perlu ditelusuri oleh Muslim secara obyektif. Yang ada dan benar dalam Alkitab adalah “Yesus putra Elohim”, karena kandungan gen-Nya yang masuk kedalam rahim Maria adalah Roh Elohim sendiri (Luk 1:35; QS 4:171), sesuatu GEN-ILAHIAH tersendiri.

Simaklah pula referensi Taurat merujuk kepada Sepuluh Firman dalam loh-batu. Disitu Elohim justru merumuskan negasi dari verbatim yang biasa Muslim  tuntut. Bukan “sembahlah Aku (Tuhan)”, melainkan “Jangan sembah dia (tuhan lain)”.  Lihat hukum pertama dan kedua dari 10 Firman berbunyi:

“Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.

Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.

Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.

Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya” (Kel 20:2-5).

Loncatan atau keterbalikan referensi demikian sering menjadi acuan dalam Islam. Quran misalnya telah disusun ulang didunia tanpa kronologi dari yang tadinya diturunkan Jibril dari sorga secara kronologis mulai tahun 610 hingga 632 M. Tak ada alas an Allah kenapa firmanNya boleh dan perlu diacak demikian. Ini mudah mengacaukan tafsir dan mendatangkan fallacy dan dimentional-error tersendiri. Contoh yang klasik adalah Lailatul Qadar dalam Surat 97, seperti yang dikatakan oleh Ram Kampas:

Message lailatul qadar nya sendiri mengesankan kosongnya pesan intrinsik Allah, padahal seharusnya paling signifikan dalam malam qadar yang begitu “mulia” itu. Tidak ada yang terlalu khusus, kecuali sebentuk teka-teki! Bahkan ketika Allah sendiri bertanya “Tahukah engkau apakah Lailatul Qadar itu?” (ayat 2). Allah tidak menjelaskan pokok pertanyaan-nya tetapi malah menjawab dengan membuat teka-teki baru: Lailatulqadar itu lebih baik dari seribu bulan! (ayat 3) yaitu melebihi (better/excel than) 83 tahun! … Kadar “kehebatan/ keindahan lailatulqadar” telah diukur dengan unit-waktu, dan bukannya dengan unit-kualitas untuk kehidupan atau keselamatan kekal! Ini yang disebut sebagai “kesalahan dimensional” yang konyol. Ini sama konyol dan fatal seperti yang ditunjukkan pada ilustrasi dibawah ini,

cuyama

Ukuran/Unit Dimensi baku yang Allah ciptakan untuk setiap entitas telah dikacau balaukan oleh Allah sendiri, dan Muslim seolah diajak untuk ramai-ramai  “Melihat Rasa, dan Mengecap Suara”!!

Tuhan sejati bukanlah setan (tuhan-tuhanan) yang gila minta disembah-sembah dengan urutan yang acak dan kacau. Dia akan otomatis disembah oleh umatNya KETIKA mereka mengenal kedahsyatan dari kemaha-kuasaan-Nya. Yang justru diprioritaskan oleh Tuhan duluan adalah agar umat-milik-Nya TIDAK menyembah tuhan selainnya!

Fallacy kelima. yang pantas kita sebut sebagai fallacy kebablasan yang tak tahu diri. Ya, baiklah bercermin diri sendiri sebelum melontarkan kritik keluar. Bertanyalah secara reciprocal timbal baik apakah Allah SWT pernah berkata kepada Muhammad: “AKULAH ALLAH”?
Segera DR. Quraish Shihab dan lain-lain ulama berkata:
“O, tentu ada, lihat QS 20:14, lengkapnya sbb.

“Maka ketika ia datang ke tempat api itu ia dipanggil: “Hai Musa. Sesungguhnya Aku inilah Tuhanmu, maka tanggalkanlah kedua terompahmu; sesungguhnya kamu berada dilembah yang suci, Thuwa. Dan Aku telah memilih kamu, maka dengarkanlah apa yang akan diwahyukan (kepadamu). Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku” (QS.20:11-14).

Muslim merasa bahwa Allah sudah menyatakan namaNya kepada Muhammad sebanyak 2697 kali dalam Quran, dan khususnya pada ayat Qs.20:14; 27:9; 28:30, yang ada memuat teks: “Aku adalah Allah”.

TETAPI AWAS, semua ayat khusus itu bukan aslinya maklumat kepada Muhammad, melainkan kepada Musa dalam Taurat hampir 20 abad sebelumnya, dan dikisahkan ulang oeh Muhammad dalam konteks yang sama tapi dengan memplintirkan nama asli Tuhan. Teks asli Alkitab disitu adalah: “YAHWEH…itulah  nama-Ku selama-lamanya”.
  “Aku-lah YAHWEH(Kel.3:15, 6:1).

Tetapi dalam retelling story-nya di Quran, Muhammad mengubahnya menjadi: “Hai Musa…“Aku adalah ALLAH”.
Maka masuklah nama Allah secara diam-diam sebagai nama Tuhannya Islam yang sah, yang dipinjam dari nama tuhannya orang Arab jahiliah “al-Ilah” yang berkonotasi polities. Itu sebabnya nama tersebut tidak terdapat dalam Surat-surat / unit wahyu yang awal-awal (ada sekitar 30 unit wahyu) karena Muhammad sendiri ragu-ragu memakainya. Bapak Muhammad bernama Abdullah, Abdi Allah yang Muhammad tahu dan akui bahwa ayahnya juga masuk neraka (HS.Muslim 1:398). Sebagai gantinya, Tuhan Islam pada awalnya hanya disebut RABB, dan kemudian diselingi dengan  AR-RAHMAN, nama ilah pinjaman dari pagan Yemen. DR.Quraish Shihab, apologet Islam terbesar Indonesia terpaksa harus mengakuinya dengan berkata:

Kata “Allah” misalnya, tidak digunakan oleh Al-Quran, ketika pengertian semantiknya yang dipahami masyarakat jahiliah belum sesuai dengan yang dikehendaki Islam (Allah)”. Kata yang digunakan  sebagai ganti ketika itu adalah Rabbuka (Tuhanmu, hai Muhammad). Demikian terlihat pada wahyu pertama hingga surah Al-Ikhlas”. (Membumikan Al-Quran, p.582).

Muslim seyogyanya harus juga mengakui bahwa tak satupun wahyu Allah berkata kepada Muhammad pribadi atau kepada kaum Arabnya: “Aku adalah Allah”. Nama “Allah” bukan berasal usul dari LANGIT, melainkan dari kaum Arab jahiliah “al-Ilah” jauh sebelum Islam/Muhammad hadir.  Itu sebabnya tak ada Muslim yang dapat menjawab “Manakah ayat Quran yang paling pertama menyebutkan nama ALLAH?”

 

YESUS MENGEKSPRESIKAN KEILAHIAN DIRINYA DENGAN CARA & ISTILAH YANG LAIN: “AKU LORD DAN GOD, SILAHKAN SEMBAH TUHANMU”

Muslim dipersilahkan memeriksa Alkitab dan Quran dengan seksama. Di Quran terdapat paling tidak ada 17 keajaiban adikodrati dan superioritas Isa, dan itu hanya bagi dan tentang Isa sendiri! Hampir separuh diantaranya adalah sifat dan kuasa yang hanya dipunyai oleh Allah SWT sendiri. Isa misalnya menyamai Allah dalam mencipta kehidupan dan membangkitkan orang mati (3:49) yang hanya dimiliki oleh Allah (46:33). Mengetahui hal-hal ghaib yang hanya Allah yang bisa tahu (3:49b vs. 27:65; 5:109; 10:20), termasuk tahu akan Hari Kiamat (43:61) yang hanya Allah seorang yang tahu (4:159; 33:63; 31:34). Juga mampu menurunkan hidangan dan rejeki dari langit (5:111) yang hanya Allah saja yang bisa memberi (26:79). Bahkan sampai-sampai mampu mengubah hukum Allah sendiri! (3:50)! Jadi bisakah Allah SWT mengizinkan kuasa prerogative-Nyah untuk disharingkan dan disyirikkan kepada Yesus? Yaitu dengan meriskir miliaran umatNya menjadi musyirik karena mentuhankan Yesus? Ngawurlah Allah demikian!

Diri Apa Yang Yesus Ekspresikan BagiNya?

Di Alkitab, dengan cepat dan mudah kita temukan banyak sekali ungkapan langsung atau tidak langsung tentang (A) “AKU TUHAN” dan (B) “SEMBAHLAH AKU”. Kita cukup kutipkan disini beberapa kalimat Yesus yang secara lurus mengklaim diriNya Tuhan secara shahih dan tak lain dari shahih:

(A). ‘AKU TUHAN’, ‘AKU GOD’.

  1. Yesus menegaskan diriNya benar-benar Tuhan (Yoh 13:13).
    “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan”.
    Muslim yang tak rela melihat Yesus itu Tuhan cepat-cepat mencari dalil bahwa itu bukan Tuhan, tapi tuan Kalian telah terobsesi menyesatkan diri dengan berpikir untuk mengerdilkan Yesus. Para pengikut Yesus bukan mentuhankan seorang tuan manusia, melainkan SANG TUAN yang diatas segala tuan. Makna ayat diatas adalah sama dimaksudkan Yesus bagi diriNya, baik ‘tuan’ maupun ‘Tuhan’. Karena Yesus itu bernama Tuan Diatas Segala Tuan, King of Kings and Lord of Lords (Wahyu 19:16, 17:14).
  1. Yesus mengumumkan dari mulutNya bahwa Dia benar Allah/ Elohim (Wahyu 21:7).

“Aku akan menjadi Allah-nya/ Elohim-nya, dan ia akan menjadi anakku”.
Tak ada yang perlu kita beri komentar tambahan disini. Kita percaya Muslim juga akan memilih untuk bungkam.

  1. Yesus menerima panggilan diriNya sebagai Tuhan dan Allah/ Elohim, dihadapan para murid-muridNya (Yoh 20:28).

Tomas menjawab Dia (Yesus), “Ya Tuhanku dan ELOHIM KU!”

Ini tidak ditolak Yesus, dan ini disaksikan oleh semua para murid Yesus, dan Yesus memerintahkan Tomas untuk mempercayai apa yang dikatakannya itu!

“Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus (yang bangkit dari kematian) datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!” Kemudian Ia berkata kepada Tomas: “Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.”  Tomas menjawab Dia: “Ya Tuhanku dan Allahku!” (Yoh 20:26-28).

 

Apa artinya disini yang dapat ditangkap oleh Muslim yang bernalar wajar?
Ada ENAM hal pokok! Pertama, Yesus kembali tampil untuk tunjuki bahwa Ia sudah mengalahkan kematian. Dia mahakuasa atas maut. Dua, Ia mahakuasa, berdiri diatas ruang dan waktu. Rumah yang pintu-pintunya terkunci sekalipun, ditembusiNya dengan memilih waktuNya (hari ke-8 sesudah kunjunganNya terdahulu). Tiga, Yesus berseru kepada Tomas untuk percaya kepadaNya. Empat, percaya atas apakah? Ya Tomas menjawabnya sendiri dengan berkata: “Ya, (Engkaulah) Tuhanku dan Allahku”. Artinya percaya kebangkitan TuhanNya dan Allahnya, dan Lima, Dan Yesus TIDAK MENAMPIK atas apa yang Tomas katakan dan imani. Yesus menerima apa yang Tomas sudah percaya bahwa DIA adalah Kebangkitan, LORD dan GOD! Enam, konsekwensi-islamiknya (bila Yesus non-Tuhan) adalah  bahwa Yesus Muslim yang nabi manusia itu membuat semua pengikutNya mentuhankan diriNya. Alangkah besar dosa syirik Yesus terhadap diriNya dan umatNya! Padahal, Dia pula yang diimani Muslim sebagai Nabi yang paling terkemuka didunia dan diakhirat. HOW?

 

  1. Yesus menyebut ketuhananNya: Yang Awal dan Yang Akhir dan Yang Mahakuasa (Wahyu 1:8).
    “Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Elohim, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa” .
    Kembali pernyataan lurus ini tak memerlukan interpretasi dan komentar siapapun. Kalau Muslim bilang Ia bukan Tuhan, maka Ia siapa?

 

  1. Yesus menyatakan diriNya sesungguh sungguhnya sebagai “I AM”, sebutan khusus untuk GOD! (Yoh 8:58).
    “Verily, verily, I say unto you, before ABRAHAM WAS, I AM”. (KJV).
    Maaf, agar lebih jelas kami harus kutibkan dalam bahasa Inggris, karena Muslim sulit memahami apa maksudnya “I AM” dalam terjemahan bahasa Indonesia yang kurang memadai.  Mari kita baca 3 ayat ini dimana Yesus berdebat sengit dengan para pemimpin Yahudi:

Yoh 8:56  (Yesus berkata): “Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita.”

Yoh 8:57  Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada-Nya: “Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?”

Yoh 8:58  Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada (I AM).”

Yoh 8:59  Lalu mereka mengambil batu untuk melempari Dia; tetapi Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah.
Lihat bahwa untuk kata Yesus yang satu ini “I AM” (AKU ADA), Ia mau dirajam oleh orang-orang Yahudi. Kenapa mau dihukum karena kata itu? Kenapa mau dirajam batu, dan bukan dipukul saja? Karena berlainan dengan Muslim, orang Yahudi sangat mengenal kata tersebut, yang dianggap sangat sakral merujuk eksklusif hanya kepada nama pribadi Tuhan YAHWEH yang menamakan diriNya “I AM THAT I AM” dalam perjumpaanNya dengan Musa (AKU ADALAH AKU, atau AKU ADA YANG AKU ADA, Kel. 3:14). Kini Yesus kok berani-beraninya mengaplikasikan nama I AM tsb bagi diriNya? Ini dianggap klaim ketuhanan dengan menghujat nama Yahweh, dan hukumannya bukan sekedar dipukul namun harus dirajam batu (Im 24:16).

Perhatikan lebih lanjut bahwa Yesus sengaja tidak berkata dalam tenses waktu  yang benar “I was”, melainkan meletakkan frasa “I AM” yang khusus mengekspresikan nama Yahweh bagi diriNya dalam  keberadaan kekekalan ilahiah:  “Before Abraham was, I AM”.

 

( B). “SILAHKAN MENYEMBAH AKU SETELAH KENAL AKU TUHANMU”

Seluruh hidupnya, Yesus mempersilahkan (bukan menuntut) orang-orang untuk menyembahNya secara hormat.

Yesus sudah disembah sejak orok kecil.  

“Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur” (Mat.2:11).

Yesus disembah oleh orang sakit kusta kusta. Juga oleh seorang yang buta sejak lahirnya
Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.”

(Mat 8:2). Kata Yesus kepadanya: “Engkau bukan saja melihat Dia; tetapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau, Dialah itu!” Katanya: “Aku percaya, Tuhan!” Lalu ia sujud menyembah-Nya (Yoh 9:37-38).

Yesus disembah oleh murid-muridNya
Dan orang-orang yang ada di perahu menyembah Dia, katanya: “Sesungguhnya Engkau Anak Elohim.” (Mat 14:33).

Setelah bangkit dari kematian, Yesus disembah oleh para-wanita pengikutNya
Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: “Salam bagimu.” Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya (Mat 28:9).

Menjelang kenaikan kesorga, Yesus disembah oleh 11 orang muridNya
Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka.  Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya (Mat 28:16-17)

Saat sedang naik kesorga dan berpisah, Yesus disembah oleh murid-muridNya
Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. Mereka sujud menyembah kepada-Nya (Luk 24:50-52).

Bahkan diakhirat Yesus disembah oleh orang-orang kudus . Dan semua malaikat diperintah oleh Elohim untuk menyembah  Yesus.

“maka tersungkurlah kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Dia yang duduk di atas takhta itu, dan mereka menyembah Dia yang hidup sampai selama-lamanya (Why.4:10).
Ia (Elohim) berkata: “Semua malaikat Elohim harus menyembah Dia.” (Ibr.1:6).
Bukan Yesus yang menuntut, tetapi Elohim yang memerintahkan malaikatNya untuk menyembah Dia.

 

KATA PENUTUP

Sekali Yesus berkata ‘ya’ atau ‘tidak’, itu berarti YA dan TIDAK yang besar bagi manusia. Juga ‘ya dan tidak’ yang berlaku kekal selamanya, tak ada yang bisa dikorup, diplintir, disensor dan disunat oleh Quran:

“Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat”
(Mat 5:37).

“Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu” (Mar 13:31).

Jadi, sekali Yesus berkata “Aku Tuhan” dan silahkan sembah Aku”, tidak ada argumen bantahan yang dapat menggoyahkan Yesus sebagai Tuhan! Para pembantah hanya dapat membantahinya lewat fallacy konyol yang akan mempermalukan dirinya sendiri. Atau nekad membantahnya berdasarkan penghujatan. Dan resiko penghujatan yang satu ini telah Yesus peringatkan secara amat serius:

“Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini. Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia (I AM He), kamu akan mati dalam dosamu.”  (Yoh 8:23-24). (Kembali klaim “I AM” disini selaku GOD).

114 thoughts on “Mustahil Yesus Tuhan

  1. Yesus diangkat jadi tuhan ratusan tahun setelah Yesus disalib (menurut prasangka mereka) melalui voting dalam konsili nicea

    Itulah fakta sejarah selain fakta sejarah lain yang mengungkapkan bahwa Al kitab terbukti palsu karena tidak diketahui siapa penulisnya.

    😀

  2. Ⅰ neᥱded to thank you for this fantastic read!!
    I definitely enjoyed every Ƅit of it. I have got yоu book-markedto cheϲk out new stuff you post…

  3. Hadist shahih Muslim No.5215 di riwayat Abdullah bin Umar.ra. berkata :

    … Nabi berkata kepada Ibnu Shayyad : Apakah kamu bersaksi bahwa aku ini utusan Allah ? Ibnu Shayyad memandang beliau lalu berkata : Aku bersaksi bahwa engkau adalah utusan orang-orang yang buta huruf . lalu Ibnu shayyad balik bertanya kepada Rasullulah saw. Apakah engkau bersaksi bahwa aku utusan Allah??. Beliau menolaknya dan bersabda : Aku beriman kepada Allah dan para Rasul-Nya. Kemudian Rasulullah berkata kepadanya : Apa yang kamu lihat? Ibnu Shayyad berkata : Aku didatangi orang yang jujur dan pendusta…Pergilah kau orang yang hina! Kamu tidak akan melewati derajatmu. (Muhammad mendengarnya dengan perasaan malu).

    Lalu Umar bin Khatab berkata : wahai rasullulah inzinkan aku memenggal lehernya.

  4. You can certainly see your expertise within the work you write.
    The arena hopes for more passionate writers such as you who
    arent afraid to mention how they believe. All the time go after your heart.

  5. @Alpa,
    Dungu adalah kata sifat yang melekat pada orang, sudah terlalu dungu kayaknya berdialog tidak mengetahui lawan berdialog dari agama mana, karena tidak ada padanan kata yang lebih halus, jadi pakai bahasa apa lagi?? Apakah lebih baik kamu dibilang tolol, kasar kan??
    Arti kasih itu luas, mengingatkan orang lain akan ketololannya juga kasih, biar tidak tolol lagi.
    Perumpamaan Tuhan Yesus artinya adalah kamu harus berbuat kasih kepada Tuhan dan kepada sesama manusia.
    Jadi kalau kamu diingatkan bahwa kamu menyembah Dewa Hubal jangan anggap karena benci, tapi karena kasih.
    Tapi kalau kamu tidak mau itu urusan kamu.
    GBU

  6. @setia budi,…
    apakah tuhan mu Yesus mengajarkan perkata’an kasar kepada orang lain dengan ucapan dungu,…padahal ajarannya bila di tampar pipi kiri mu maka berikan juga pipi kanan mu,…beda kalau Islam,…bila di lempar satu kali boleh membalas satu kali dan bila tidak membalas itu lebih baik yang artinya lebih dekat kepada taqwa,…tapi sudah menjadi nasip kalau membalas yaa di bilang teroris,…jadi harus sabar.

  7. @Alpa,
    Kamu tidak tahu kalau Yesus adalah Tuhan, wajar karena kamu menyembah istana Dewa Hubal dan menganggap yang kamu sembah adalah Tuhan, kamu yang tidak tahu kog saya yang dungu sih??
    GBU

  8. @setia budi,…
    Saya ragu apakah kamu itu yahudi apa kristen,….sepertinya kamu tidak percaya diri untuk mengatakan nya,….kalau begitu ku tebak kamu kristen,…itu artinya kamu lah yang sebenarnya dungu karena kamu mengatakan yesus itu tuhan,…..padahal yang tuhan itu hanya Allah.

  9. @Alpa,
    Membaca comment dalam dialog do web ini, terlalu dungu nampaknya kamu yang tidak bisa membedakan mana comment dari Muslim dan Kristen. Dari Alkitab yang saya rekomendasikan harusnya kamu Sudan tahu agama says, pertanyaan kamu menunjukkan kedunguan kamu yang tidak ketulungan.
    Pantas saja kamu tidak bisa membedakan mana ajaran teroris dan mana ajaran kasih.
    Kalau ajaran kebaikan semua suku dalam adat suku-suku di Indonesia sudah menjalankan dan mengamalkannya Tampa Al-Quran.
    GBU

  10. @setia budi,..
    Bagaimana mana mau sadar,….anda tidak jelaskan agamanya apa,….nama tuhanya siapa,….kitabnya apa,….apa sisi positipnya di banding agama Islam,….yang tuhanya Allah,…dan kitab suci Al-qur’an,….yang mengajarkan berbakti kepada orang tua dan mengasihi sesama,…memuliakan tamu,…ta’at beribadah,…menghormati tetangga,…Akhlak mulia,….menganjurkan kebaikan dan melarang kejahatan dan menyantuni anak yatim,….dll.

  11. @Alpa,
    Kami tidak perduli dengan Al-Quranmu mau terbukti turun dari Alloh Arabmu juga tidak apa-apa, tidak ada yang takut, silahkan saja tidak ada masalah.

    Kalau Al-Quran jelas-jelas mengajarkan kamu dan keturunanmu menjadi teroris, bukti nyatanya terlalu banyak di dunia.
    Alkitab mengajarkan kasih, ajaran kasih adalah anti teroris.
    Kalau karena kebencian pribadi tidak akan mungkin kami tunjukkan kesesatan Islam, dari sejarah Islam, capek dan hanya buang waku saja. Tetapi karena kasih, biar kamu bisa sadar dan terhindar dari pengajaran teroris.
    GBU

    1. @setia budi,..
      Bagaimana mana mau sadar,….anda tidak jelaskan agamanya apa,….nama tuhanya siapa,….kitabnya apa,….apa sisi positipnya di banding agama Islam,….yang tuhanya Allah,…dan kitab suci Al-qur’an,….yang mengajarkan berbakti kepada orang tua dan mengasihi sesama,…memuliakan tamu,…ta’at beribadah,…menghormati tetangga,…Akhlak mulia,….menganjurkan kebaikan dan melarang kejahatan dan menyantuni anak yatim,….dll.

  12. @setia budi,….
    yaa sudah ndak apa-apa kalau anda takut nanti terbukti bahwa kitab suci Al-qur’an itu adalah merupakan wahyu Allah.
    Dan sebenarnya orang seperti anda inilah orang tua kandung yang dapat melahirkan teroris,…karena kebencian anda yang tidak berdasar,….

    1. @alpa Retorika, teori, apa lagi?

      Buktikan, kasih ayatnya. Gak usah ketik panjang lebar gak ada substansi.

      1. @penjaga neraka,….
        yaa sudah pakai saja keyakinan mu itu tidak apa-apa kok,…saya tidak keberatan,….

  13. @Alpa,
    Tidak perlu kamu uji-menguji lagi, karena isi Al-Quran BERTOLAK BELAKANG dengan Alkitab. Alloh Arab BEDA dgn Tuhan Kristen.
    Jadi mau kamu anggap turun dari langit Al-Quranmu bagi kami itu tidaklah penting dan tidak berguna bagi dunia Al-Quran yang mengajarkan teroris.
    GBU

  14. @setia budi,…..
    saya setuju bahwa ajaran para nabi dan rasul seharusnya sejalan tidak bertolak belakang,…akan tetapi harus kita pahami bahwa setan berjuang untuk menyesatkan manusia agar terpuruk kedalam neraka,..ingatlah ketika nabi Musa meninggal kan umat nya untuk menghadap Allah,…apa yang terjadi,…mereka membuat se-sembahan berupa patung berbentuk sapi,….padahal sang Rasul masih hidup,….padahal belum lama menyaksikan mu’zijad besar penyelamatan dengan cara terbelah nya laut yang luas oleh mu’zijat Allah melalui Nabi Musa.
    Berdasarkan penjelasan di atas bila anda merasa ragu bahwa kitab suci Al-qur’an merupakan wahyu dari Allah,…maka mari kita uji kelayakanya sebagai wahyu Allah.

  15. @Alpa,
    Al-Quran yang disusun Utsman Cs. kalau kamu mau klaim datangnya dari Alloh Arabmu itu terserah, tidak ada masalah dengan hal itu.
    Tetapi kalau kamu klaim datangnya dari Tuhan Abraham, Ishak dan Yakub, tentu menjadi masalah karena isi ajaran Al-Quran BERTOLAK BELAKANG dengan isi pengajaran Kitab Yahudi dan Alkitab Kristen.
    1 contoh nyata:
    10 Hukum Taurat Musa seluruhnya bukannya di taati Muhammad sebaliknya diinjak-injak oleh pribadi dan kelakuan Muhammad yang diajarkannya di Al-Quran.
    Tentunya Perintah Tuhan langsung kepada nabi Musa harusnya sejalan, dengan ajaran Al-Quran tetapi faktanya BERTOLAK BELAKANG dengan Al-Quran.
    GBU

  16. @susilo,….
    Agama itu mengikuti kitab nya bukan sejarah,….kitab suci Al-qur’an merupakan wahyu yang berasal dari Allah,…kalau anda meragukan mari kita uji kelayakanya sebagai wahyu Allah,…yang penting harus rasional dan jangan emosional,…karena kita supaya bisa ke surga sama-sama,…

    1. @alpa Kebanyakan teori.

      Mana buktinya quran wahyu dr allah dan bukan jibril yg sampaikan kepada mohammad? Tidak ada satu ayatpun dalam quran dimana allah bicara langsung dengan muhammad dan mengatakan bahwa quran adalah wahyunya. Malah yang ada adalah allah ngomong kepada musa yang adalah orang yahudi. Bahkan ngomong sama isa yang juga yahudi.

      Dpt teori dr mana tuh?

      Ngomong2 klonengan banyak amat, gak sanggup jawab ganti ID lg ya? Hehehe

      1. @penjaga neraka,….
        yaa sudah pakai saja keyakinan mu itu tidak apa-apa kok,…saya tidak keberatan,….

  17. @Alpa,
    Bukan Muhammad yang lebih tahu siapa yang membangun Kabbah, fakta sejarah menjelaskan Kabbah dibuat oleh orang-orang Hindu untuk memuja Dewa Siwa. Di masa pemerintahan raja dari India. Karena Kabbah termasuk wilayah bekas penaklukan India.
    Oleh orang-orang Arab berkembang menjadi istana ( tempat ) pemujaan Dewa Hubal.
    Dalam sejarah Alkitab, tidak ada Kabbah sebagai tujuan perjalanan nabi Abraham dan Hagar istrinya.
    Penjelasan umat Hindu India lebih masuk akal dibandingkan klaim kosong Muhammad, karena kakek Muhammad belum lahir orang Hindu India sudah menjadikan Kabbah sebagai tempat pemujaannya.
    GBU

    1. @setia budi,…
      Kalau saya pegangan iman hanya pada Al-qur’an dan Hadist rasul,…kalau sejarah itu hanya sebagai wawasan saja dan apabila sejarah bertentangan dengan Al-qur’an dan hadist,…ya outomatis sejarah nya yang harus dilupakan,…sejarah kan yang bikin manusia,..sedangkan manusia kalau sudah dalam kendali setan pasti menyesatkan,…bahkan sanggup membunuh seorang nabi dan merubah firman Allah,…

      1. @ alpa,
        Memang sejarah dibikin / ditulis oleh manusia , ttp saya lebih percaya kpd Sejarah dr pd kitab anda yg dianggap suci, kenapa?

        Karena Sejarah ditulis oleh orang 2 yg tahu tentang apa yg terjadi , yg mereka saksikan , sedangkan kitab anda tsb ditulis oleh seorang yg TIDAK TAHU APA2 YG TIDAK MENYAKSIKAN Segala apa yg ditulisnya , sehingga ADA BANYAK KEKELIRUAN2 , Misalnya :
        1. Qs 4:157 ….Yg TIDAK ADA SAKSINYA & TIDAK ADA BUKTINYA

        2. Ttg Siapa Maria , ibu Yesus yg adalah anak tunggal Eli , keturunan Daud , kitab anda KELIRU menyatakan nya :
        Maria , anak Imran (ini keliru, Yg ada Amran) dan saudara Harun & Musa , Padahal mereka beda zaman 1500 an th dgn Maria.
        Jadi alloh dgn nabinya BINGUNG , TIDAK MAMPU MEMBEDAKAN antara Maria dgn Miryam !

        3. Ibu angkat Musa , yang menurut pengakuan Musa sendiri , adalah puteri Firaun; tetapi menurut si penulis “kitab tsb ” ( yang KELIRU dlm kitab TIRUAN bikinannya sendiri ) mengatakan : istri Firaun
        Potifar , majikan Yusuf di Mesir ketika menjadi budak , ttp “ kitab itu” KELIRU dgn mengatakannya sbg : Al Aziz

        4. YESUS yang lahir dikandang binatang, dikatakan oleh si penulis “kitab tsb” : di bawah pohon korma

        5. Ayah Abraham yang bernama Terah, KELIRU dikatakan dlm “ kitab tsb ” sebagai Aashar ( Srt ke 6:74)

        6) Dalam Srt ke 61: 6 ini adalah KETIDAKBENARAN yang amat sangat NYATA dan KETERLALUAN , bahwa Isa ( katanya ! ?) menubuatkan muhamad (katanya ?) ; padahal lebih COCOK bila dikatakan : si penulis kitab tsb MENGARANG DUSTA ttg kedatangan seorang rasul yang bernama Ahmad ( BUKAN Muhammad ).

        Si penulis LUPA kebiasaan TUHAN ALLAH Sejati di Alkitab, bahwa Nubuat HARUS
        disampaikan oleh Nabi sebelumnya dan didalam KITAB SUCI SEBELUMNYA juga, YAITU : ALKITAB !
        BUKAN baru disampaikan pada saat nabi tsb sudah muncul dan disampaikan oleh dirinya SENDIRI

        ! MANA ADA Nubuat yg disampaikan SENDIRI oleh nabi yg dinubuatkan ??

        AMAT SANGAT NYATA & TELANJANG Sekali DUSTA nya itu. Itu BUKAN lah Nubuat, sebab sudah TERLAMBAT, melainkan :
        LU-BUAT-2 SENDIRI, alias perkataan sipenulis sendiri yang SEDANG BERDUSTA.

        Sebab, TIDAK ADA NUBUAT untuk Muhammad didalam Alkitab, kecuali Nubuat kedatangan YESUS atau Roh Kudus, yang DIBAJAK oleh oknum tertentu dengan NEKAD dan dengan TIDAK TAHU MALU, lalu diakui/ di claim nya sebagai Nubuat utk muhamad Tanpa MAMPU MEMBUKTIKAN KECOCOKANNYA

        dan masih banyak lagi

  18. Sebutan Tuhan untuk Yesus sebenarnya tidak ditujukan pada Manusia Yesus, tapi pada KualitasAllah yang terkandung dalam Keilahian Yesus.

    1. @njelajah web,….
      Saya sebagai muslim tidak berani berdebat dengan ahli Kitab,…yang bila di tanya siapa tuhan mu beliau menjawab tuhan ku dan tuhan mu hanya satu yaitu Allah tuhan semesta alam.
      Akan tetapi apabila ucapan bibirnya mengatakan Tuhan Yesus,….maka ruang perdebatan akan terbuka secara automatis,…..karena sesungguh nya yang tuhan itu hanya Allah tidak ada yang lain,….

      1. Buktikan allah itu tuhan dan dimanakah di dalam quran allah memerintahkan muhammad dan orang arab utk menyembah dia?

        Atau buktikan dia bukan hajar aswad, si batu hitam di kabah, yg kalau muslim naik haji dan tawaf lalu lihat harua berucap, labbaik allahumma labbaik, ya allah atas perintahmu aku telah datang”?

        Oh ya, kalau Yesus itu Tuhan, masalah anda apa?

      2. @penjaga neraka,…
        Kalau Yesus di panggil Tuhan saya berkewajiban untuk mengingatkan atau sekedar memberitau,…. hanya itu saja dan tidak ada paksa’an karena Allah memberi kebebasan kepada manusia,…apapun pilihanya,…dan setiap pilihan ada hasil yang di peroleh nya.

      3. @penjaga neraka,…
        Hajar aswad tidak di sembah,…karena hajar aswad bukan Allah juga bukan Tuhan,…akan tetapi hajar aswad adalah batu sebagai patok arah kiblat atau arah menghadap supaya arahnya seragam dan serasi,.. batu itu berasal dari surga yang di bawa oleh malaikat untuk di jadikan sebagai pedoman arah ketika sholat,…

      4. @alpa, mari berasumsi batu itu dibawa malaikat spt kata anda, tolong buktikan dengan menyertakan ayat shahih dr quran anda untuk mendukung pernyataan anda, bila tidak ada, berarti anda hanya ngarang. Awas anda nanti diazab allah krn berani nambah dan ngurangi isi quran anda!

      5. @penjaga neraka,…..
        Tolong anda klik di google aja yaa biar saya ndak capek,….karena belum tentu anda mau beriman,…dan yang membagun ka’bah adalah nabi Ibrahim dan putra nya Ismail,…Bapak para nabi dan rasul.

  19. sekilas info…
    Qs 40
    69 Apakah kamu tidak melihat kepada orang-orang yang membantah ayat-ayat Allah? Bagaimanakah mereka dapat dipalingkan?
    70 (Yaitu) orang-orang yang mendustakan Al Kitab (Al Quran) dan wahyu yang dibawa oleh rasul-rasul Kami yang telah Kami utus. Kelak mereka akan mengetahui,
    71 ketika belenggu dan rantai dipasang di leher mereka, seraya mereka diseret,
    72 ke dalam air yang sangat panas, kemudian mereka dibakar dalam api,
    73 kemudian dikatakan kepada mereka: “Manakah berhala-berhala yang selalu kamu persekutukan,
    74 (yang kamu sembah) selain Allah?” Mereka menjawab: “Mereka telah hilang lenyap dari kami, bahkan kami dahulu tiada pernah menyembah sesuatu”. Seperti demikianlah Allah menyesatkan orang-orang kafir.
    75 Yang demikian itu disebabkan karena kamu bersuka ria di muka bumi dengan tidak benar dan karena kamu selalu bersuka ria (dalam kemaksiatan).
    76 (Dikatakan kepada mereka): “Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong”.

    Qs 9:68 Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.

    Qs 29:46 Dan janganlah kamu berdebat denganAhli Kitab, melainkan dengan cara yang paling baik, kecuali dengan orang-orang zalim di antara mereka, dan katakanlah: “Kami telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu; Tuhan kami dan Tuhanmu adalah satu; dan kami hanya kepada-Nya berserah diri”.

    Qs 5:9 (5:8) Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

    Qs 13 : 5 Dan jika (ada sesuatu) yang kamu herankan, maka yang patut mengherankan adalah ucapan mereka: “Apabila kami telah menjadi tanah, apakah kami sesungguhnya akan (dikembalikan) menjadi makhluk yang baru?” Orang-orang itulah yang kafir kepada Tuhannya; dan orang-orang itulah (yang dilekatkan) belenggu di lehernya; mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.

    Qs 10 : 27
    Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gelita. Mereka itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.

    Qs 2:62 Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

    Qs 23
    101 Apabila sangkakala ditiup maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu, dan tidak ada pula mereka saling bertanya.
    102 Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka mereka itulah orang-orang yang dapat keberuntungan.
    103 Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahannam.

  20. Sesungguhnya Allah Tuhan semesta alam telah menjelaskan secara akal-fikiran bahwa yang di salib bukanlah tuhan,…karena dia tidak maha kuasa dalam menghadapi takdirnya,…ini hanya di pahami bagi orang yang mau berfikir,….

    1. Dalam kalimat anda saja sudah saling menggugurkan.

      Tuhan Maha Kuasa?
      Kalau dia Maha Kuasa, siapa anda menentukan apa yang dia bisa atau tidak bisa lakukan?

      1. @penjaga neraka,…
        anda tidak teliti kalau baca kalimat,….jadi gugur deh,…yang di salib Tidak maha kuasa,…..Tidak maha kuasa menjalani takdir nya,….sa’at di salib tidak ada perlawanan alias kalah atau tidak maha kuasa,….Tidak maha kuasa berarti bukan tuhan,….

      2. Kalau anda gak percaya dia Tuhan, apa masalahnya kalau dia mati disalib?

        Kenapa anda mempermasalahkan sesuatu yg tidak ada hubungan dengan kepercayaan anda?

      3. @penjaga neraka,…
        Sebagai sesama manusia sudah seharusnya saling mengingatkan kepada jalan kebenaran,…terutama tentang keimanan,…akan tetapi tidak ada paksa’an bagi agama apapun,….hanya bersifat mengingatkan,….jadi tidak ada masalah,….

  21. Sekilas info…
    Saat kapanpun KeilahianYesusKristus juga RohKudus bisa disebut Allah, (hanya jika berdasarkan KualitasKeilahian)

    Demikian juga saat kapanpun Yesus juga RohKudus bisa disebut Utusan, (hanya jika berdasarkan “selain” dalam hal KualitasKeilahian.

    14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
    14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”
    +++
    16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
    16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.


    5:3 Tetapi Petrus berkata: “Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
    5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.”
    +++
    13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.”

    ===
    Qs 11:37 Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim itu; sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.

    Qs 21:29 Dan barangsiapa di antara mereka, mengatakan: “Sesungguhnya Aku adalah tuhan selain daripada Allah,” maka orang itu Kami beri balasan dengan Jahannam, demikian Kami memberikan pembalasan kepada orang-orang zalim

    Qs 29:8 Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.

    Qs 70:40 Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.

    3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.”


    28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.
    28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

    5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: “Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!”
    5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: “Amin”. Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.
    ***
    21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.


    8:2 Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.”
    8:3 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.

    9:18 Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: “Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup.”
    9:19 Lalu Yesus pun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.

    28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: “Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.
    28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.
    28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu.”
    28:8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.
    28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: “Salam bagimu.” Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.
    28:10 Maka kata Yesus kepada mereka: “Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku.”

    1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: “Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
    1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
    1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.

    1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, — bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
    1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
    1:8 “Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.”

  22. Sekilas info…

    Saat kapanpun YesusKristus juga RohKudus bisa disebut Allah, (hanya jika berdasarkan KualitasKeilahian)

    Demikian juga saat kapanpun Yesus juga RohKudus bisa disebut Utusan, (hanya jika berdasarkan “selain” dalam hal KualitasKeilahian.

    *
    14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
    14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”
    +++
    16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
    16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.

    *
    5:3 Tetapi Petrus berkata: “Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
    5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.”

    +++
    13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.”

    1. Sesungguhnya kitab-kitab terdahulu telah di gantikan oleh kitab suci Al-qur’an,….karena ketika kitab yang pertama datang kemudian pada masa berikutnya juga datang kitab yang ke dua dan berikutnya juga datang kitab yang ke tiga dan yang terakhir datanglah kitab suci Al-qur’an,….begitulah kehendak Allah yang maha kuasa dan sebagai manusia haruslah mengikuti kehendak Allah sang pencipta agar kita memperoleh Ridhonya dan kita di tempatkan di sorganya dan tidak menjadi orang yang sesat sehingga kita di murkai dan di masukan kedalam neraka yang apinya setinggi istana.

  23. Sekilas info(1)
    bukti bahwa Tuhan itu tidak mungkin tidak ada :

    Adanya keteraturan pada peredaran benda-benda langit yang mempunyai orbit, yang beredar dengan teratur dengan tidak berbenturan, dan ini pasti ada yang mengaturnya, yaitu Dia, Tuhan atas segala makhluk.

    seperti juga peredaran matahari, bumi, bulan yang beredar secara teratur(seperti robot yang sudah diprogram oleh Sang Pencipta) hingga membentuk terjadinya siang dan malam untuk menandai hari-hari, bulan-bulan dan tahun-tahun.
    ——————-
    Sekilas info(2)

    dalam Alkitab, di kitab Kejadian 1:14, Tuhan atas segala makhluk menciptakan benda-benda penerang untuk menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun.

    Kejadian
    1:14 Berfirmanlah Allah: “Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,
    ——————
    Sekilas info(3)

    saya percaya, Kristus tidak pernah mendiskriminasi orang-orang ateis, dan Kristus juga mengasihi orang ateis, juga Kristus tidak pernah memaksa orang ateis, untuk percaya kepada Kristus.

    Tapi anda boleh mencoba untuk datang ke gereja bethany(yang sudah pernah saya buktikan) supaya anda membuktikan bahwa memang ada kedamaian hati yang luarbiasa dari Kristus, yang bisa mengurangi banyaknya beban pikiran anda, juga yang bisa membuat anda menangis bahagia, serta bisa mengisi kekosongan batin anda, dan anda tidak harus menjadi kristen.

    saya juga menghormati para ateis yang mau mendirikan kebajikan ataupun yang mau mencari kepuasan batin yang datang dari kebenaran Kristus.

    NB: Kristus malah membenci orang-orang benar yang merasa dirinya selalu sempurna dan yang merasa dirinya tidak lagi memerlukan pertobatan, padahal manusia pasti ada jatuh bangunya dalam menjalani hidup ini, tapi usahakanlah setidak-tidaknya, untuk lebih banyak bangunya dari pada jatuhnya dalam lahir dan batin, sambil dalam hati memohon pertolongan kepada Tuhan atas segala makhluk.
    —————–
    Sekilas info(4)

    mungkin arti kehidupan adalah proses berawal hingga berakhirnya perjalanan waktu seseorang yang dibatasi oleh kematian yang dihiasi oleh suka dan duka, baik yang datangnya dari Tuhan atau dari manusianya sendiri.
    —————-
    Sekilas info(5)

    biarlah imanmu tetap percaya pada Tuhan atas segala maklhuk walaupun seandainya logikamu mempunyai alasan untuk tidak percaya. Maka katakanlah dalam hatimu” Ya Tuhan atas segala makluk tolonglah hamba, yang saat ini tidak mampu untuk percaya.”
    —————-
    Sekilas info(6)

    ujian Tuhan itu memang bisa mengguncangkan baik iman dan hati nurani kita, sampai-sampai kita berkata “ya Tuhan mengapa ini bisa terjadi padahal Engkau-kan Tuhan yang Baik.

    Maka ingatlah bahwa apa yang terbaik menurut kita belum-tentu seperti apa yang terbaik menurut Tuhan, dan jika kita masih ada pertanyaan-pertanyaan-kehidupan yang tidak bisa kita jawab, pastilah diakhirat nanti, kita bisa langsung tanya sama Tuhan atau mungkin melalui malaikat-Nya.
    —————-
    Sekilas info(7)

    jadi yang terbaik adalah tetaplah berusaha untuk belajar dengan semampu-mampunya untuk menjadi orang yang tahu diri baik secara lahir maupun batin sambil memohon pertolongan-Nya, tapi seandainya Dia tidak menolong untuk menguji kita, maka tetaplah kita lebih mencintai Dia dari segalanya dan tetap beribadah kepada-Nya.
    —————-
    Sekilas info(Cool

    saya juga memakai logika untuk belajar memahami Tuhan dan segala hal tentang Tuhan juga saya tidak melarang orang melogika Tuhan dan segala hal tentang Tuhan dalam rangka belajar memahami Tuhan walaupun tidak mungkin sampai 100%, tapi bukan berarti Tuhan harus selalu dilogika, karena Tuhan tidak bisa dilogika secara terus-menerus juga karena Tuhan tidak mungkin dipahami manusia secara keseluruhan atau secara 100%(kecuali sebagianya saja)

    Dulu saya mengutamakan logika dalam memahami Tuhan, tapi sekarang saya mengutamakan iman dalam memahami Tuhan, tanpa mengabaikan logika.
    —————-
    Sekilas info(9)

    iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.
    —————-
    Sekilas info(10)

    beberapa contoh tentang gambaran iman adalah :

    1. Tetap percaya bahwa TUHAN ITU TIDAK PERNAH BERSALAH juga bahwa TUHAN ITU BUKAN TUHAN YANG JAHAT, walaupun ada bayi ataupun anak yang masih kecil yang menjadi korban bencana alam atau menderita sakit berat, atau cacat dan sebagainya, yang mengguncangkan hati nurani kita.

    2. Tetap percaya bahwa Tuhan itu tetap Tuhan Yang Maha Baik, walaupun kita dalam keadaan yang terburuk.

    3. Tetap percaya Tuhan itu Maha-Kuasa walaupun kejahatan semakin merajalela.

    4. Tetap percaya Tuhan itu Maha Adil, meski ada banyak ketidakdilan.

    5. dan seterusnya …
    —————-
    Sekilas info(11)

    jadi baiklah kita sama-sama belajar untuk bersatu hati, untuk belajar lebih banyak menyenangkan hati Tuhan walaupun ada jatuh-bangunya, tanpa menutup mata dengan hal-hal lain yang memang perlu dilakukan, karena kita masih hidup didunia.

    saya menasihati, bukan selalu berarti bahwa saya lebih unggul dari kalian, saya tidak bermaksud untuk menggurui.

    saya sebagai manusia biasa, tidak bisa menjamin untuk selalu lebih baik dari kalian dalam seumur hidup, sayapun juga bisa jatuh, saya juga masih belajar dalam kehidupan ini, bahkan sebenarnya semua tokoh agamapun masih belajar, dihadapan Tuhan.

    Jadi marilah kita sama-sama saling menguatkan, bergandengan, menegur dengan kasih, tidak memperbesar perbedaan, saling mendukung dalam kebajikan, dan dalam semua kebaikan.
    —————-
    Sekilas info(12)

    mungkin salah satu cara agar kita lebih mudah bersyukur pada Tuhan atas segala makhluk saat kita dalam keadaan terburuk, adalah dengan memikirkan yang lebih buruk dari yang kita alami.
    —————-
    Sekilas info(13)

    menurut saya, sah-sah saja jika seseorang berbuat baik dan beribadah untuk mendapatkan berkat, untuk masuk surga, dan tujuan-tujuan lainya(asalkan tidak bertentangan dengan Firman-Tuhan ataupun hati nurani).

    Tapi tujuan-utama kita dalam hati kita harus tetap sama, yaitu belajar menyenangkan hati Tuhan atas segala makhluk yang didasar-utamakan oleh cinta kita yang tak-bersyarat pada Tuhan atas segala makhluk, even in long suffering.
    —————-
    Sekilas info(14)

    mungkin arti takdir adalah segala sesuatu yang terjadi yang disebab-utamakan oleh Tuhan.

    sedangkan arti nasib adalah segala sesuatu yang terjadi yang disebab-utamakan oleh manusia.
    *contohnya:
    bencana banjir, yang dikarenakan ulah manusia dimana banyak pohon ditebangi, juga karena ulah manusia dimana banyak sampah yang dibuang sembarangan oleh manusia, sehingga membuntu got, juga arus sungai, hingga mengakibatkan banjir.
    —————-
    Sekilas info(15)
    “opini saya tentang kehidupan”

    memang benar bahwa segala sesuatu terjadi karena seizin Tuhan,

    tapi bukan berarti segala sesuatu terjadi karena kehendak Tuhan.

    saya percaya ada perizinan Tuhan yang dikehendaki, tapi ada perizinan Tuhan yang sebenarnya tidak dikehendaki atau yang sebenarnya tidak 100%disetujui, mengingat Tuhan telah memberi manusia, kebebasan untuk memilih apakah mengikuti kehendaknya sendiri atau mengikuti kehendak Tuhan. (supaya kita jangan selalu menyalahkan Tuhan)
    —————-
    Sekilas info(16)

    Tuhan telah memberikan kebebasan pada manusia dengan harapan agar manusia bisa mempergunakan kebebasan itu dengan bijak, bukan dengan kebebasan yang tanpa batas yang sama dengan tanpa hukum atau tanpa aturan.

    mungkin banyak manusia lupa bahwa Tuhan sebenarnya tidak hanya memberi kebebasan saja, tapi Tuhan juga telah memberikan peringatan, sebagai baju bagi kebebasan kita,
    artinya bahwa saat kita menggunakan kebebasan itu, maka sudah seharusnya kita mengingat hukuman-Tuhan yang menanti apabila kita menyalahgunakan kebebasan itu.

    maka kebebasan yang kita pakai itu, akan dituntut pertanggungjawabanya nanti, di persidangan Ilahi, dimana semua manusia dikumpulkan dari segala penjuru bumi dan tak seorangpun bisa berbohong, ataupun bersaksi dusta.
    —————-
    Sekilas info(17)

    rencana Tuhan memang selalu menjadi kenyataan, tapi harapan Tuhan belum tentu menjadi kenyataan, karena manusia yang telah diberi kebebasan oleh Tuhan, lebih sering mengingat gadget, dari-pada mengingat Tuhan.
    —————–
    Sekilas info(18)

    ada hambaTuhan yang mendapat penglihatan, bahwa ternyata nanti, di akhir dari akhir zaman, saat ada pengangkatan, ternyata ada orang Islam yang juga diangkat ke sorga.
    —————-
    Sekilas info(19)
    “cerita santai (dongeng), {own version}”

    seandainya cicak bisa bicara, mungkin cicak itu akan bertanya: “Ya Tuhan, Engkau kok nggak adil ama aku, Engkau nggak CS deh ama aku, soalnya aku kan, nggak Engkau beri sayap, tapi mangsaku, malah Engkau beri sayap?”

    Lalu Tuhan menjawab: “Karena didalam dirimu, telah kutanamkan benih yang luarbiasa yaitu semangat juang yang luiarbiasa yang berkobar untuk bertahan hidup, karena itulah, kau tidak perlu Kuberi sayap, lagi pula, kalau hewan bersayap bisa memakan mangsa yang bersayap pula, itu kan hal biasa. Tapi kamu luarbiasa, karena kamu bisa memakan mangsa yang bersayap, padahal kamu tidak bersayap”
    —————-
    Sekilas info(20)

    mungkin ada orang yang berkata dalam hatinya:”Ya Tuhan, rasanya penderitaanku ini tiada berakhir, padahal aku melakukan kebenaran ataupun Firman-Mu”.

    maka dari itu, saya ingin mengingatkan kata-kata penghiburan buat anda yaitu bahwa:

    penderitaan yang kita alami tidak ada apa-apanya dibandingkan kebahagiaan dan nikmatnya sorgawi, karena itu janganlah patah asa apalagi bunuh diri, namun tetaplah berkobar semangat juang menjalani hidup ini yang didasari juga dengan kejujuran yang dikawal oleh kearifan, karena kejujuran dijaman ini, tidak bisa berdiri sendiri, tapi harus digandeng dengan kearifan, agar kejujuran anda tidak dipermainkan oleh orang lain, juga tidak menjadi bulan-bulanan orang lain
    —————–
    Sekilas info(21)

    bagi yang tergerak hatinya untuk menambah doa dipagi hari, mungkin nggak ada salahnya jika anda berkata dalam hatimu: “Ya Tuhan atas segala makhluk, biarlah Engkau yang lebih menguasai lahir dan batinku dan paksalah hamba menuju jalan-Mu, jika hamba bebal dihadapan-Mu”.
    —————-
    Sekilas info(22)

    mungkin ada orang yang berkata dalam hatinya: “mengapa pada umumnya, orang jahat itu diberi umur panjang oleh Tuhan”

    *mungkin jawabanya adalah :

    karena Tuhan sedang memberi waktu bagi orang jahat itu, untuk bertobat,

    tapi apabila orang jahat itu tidak-tahu-diri kalau dirinya diberi waktu-tobat oleh Tuhan,

    maka berarti Tuhan sedang menunggu orang jahat itu, agar bertambah-tambah dosanya hingga dosa orang jahat itu menjadi semakin banyak-sekali dan menjadi semakin layak untuk dimasukan ke neraka yang paling berat hukumanya.
    —————-
    Sekilas info(23)

    memang yang paling sulit dalam hidup kerohanian, adalah ketika kita belajar menerima kedaulatan-Tuhan juga ketika Tuhan sendiri, dengan sengaja tidak mempercayakan diri-Nya sebagai Tuhan yang baik.(ini termasuk ujian tingkat tinggi).
    —————-
    Sekilas info(24)

    bagi saya, Kedaulatan-Tuhan(perbuatan-perbuatan-Nya), berada diatas segala kebenaran juga bahkan diatas firman-Nya bahkan-lagi diatas kebenaran hatinurani, artinya bahwa ketika Tuhan memandang perlu, untuk melakukan manuver-manuver yang tidak biasanya, maka bagi saya, Dia tetap berhak melakukan itu. Karena itu jugalah saya pernah sampai bertanya-tanya kenapa mengapa Tuhan seolah melanggar firman-Mu sendiri.

    dan bagi saya Dia juga berhak menentukan saya dineraka, maka seandainya Dia menentukan saya dineraka dari sejak saya dilahirkan, maka saya cuma minta satu hal saja, yaitu supaya Tuhan tetap mengizinkan saya untuk mencintai-Nya.
    —————-
    Sekilas info(25)

    Tuhan itu, terlalu benar untuk disalahkan, terlalu suci untuk berdosa, juga terlalu sempurna untuk dikambinghitamkan.

    Ya Tuhan atas segala makhluk, Engkaulah yang selalu benar dan yang paling benar, Engkaulah yang selalu suci dan yang paling suci, juga Engkaulah yang selalu sempurna dan yang paling sempurna,

    biarlah segala lidah mengaku bahwa Engkaulah yang paling layak dimuliakan dan biarlah segala makhluk sujud gemetar dihadapan-Mu.
    —————-
    Sekilas info(26)

    kadang saya berpikir, mengapa ada bayi-bayi ataupun anak-anak kecil (yang masih belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang jahat), tapi mereka harus mengalami kematian dalam kandungan, kematian karena bencana, kematian tragis(kematian yang tidak lazim), penderitaan jasmani yang begitu berat, penyiksaan dan lain sebagainya yang bisa mengguncangkan hati nurani kita, tapi saya percaya bahwa Tuhan atas segala makhluk telah menyediakan penghiburan khusus dan penyambutan khusus bagi mereka, dan mereka akan ditempatkan ketempat yang teristimewa disorga dalam taraf manusia, bahkan mungkin saja, mereka akan ditempatkan didekat Takhta Tuhan.
    —————-
    Sekilas info(27)

    mungkin ada orang yang bertanya dalam hatinya, mengapa Tuhan seolah tega mengambil orang yang saya sayangi.

    bisa jadi jawabanya adalah sebagai berikut :

    1. karena, sebelum orang itu terhanyut oleh arus dunia yang mengakibatkan dia menuju ke neraka, maka Tuhan berinisiatif untuk mengambil dia dahulu, mumpung orang itu masih layak ditempatkan disorga.

    2. mungkin anda telah mendewakan orang itu dalam hati anda.

    3. mungkin dengan adanya orang itu, anda sering menunda ataupun membatalkan waktu beribadah.

    4. mungkin dalam hati anda, anda lebih condong kepada orang itu dari pada kepada Tuhan.

    5. mungkin Tuhan mempunyai rencana lain yang masih perlu kita gali, dengan dasaran pikiran yang positif kepada Tuhan, sambil memohon bimbingan-Nya.

    NB: bisa jadi salah satu jawaban diatas menjadi salah satu jawaban dalam persoalan kita yang lain, agar kita jangan menyalahkan Tuhan, walaupun dalam hati.
    —————-
    Sekilas info(28)

    kadang kita memang tidak bisa menghindari adanya perbedaan tipis yang memang sulit untuk dibedakan,

    saking tipisnya perbedaan itu, kadang hal itu mungkin bisa digambarkan sebagai “serupa tapi tak sama”,

    dan serupa tapi tak sama itu, mungkin bisa dicontohkan seperti “do tinggi dan do rendah”, sama-sama ber-nada do tapi berbeda oktaf.
    —————-
    Sekilas info(29)

    minyak dan air berbeda, tapi mereka sama-sama termasuk zat cair.
    —————-
    Sekilas info(30)

    kadang dalam pikiran saya terbersit pertanyaan,

    seandainya hanya ada dua pilihan antara Tuhan yang bertindak sewenang-wenang, dan iblis yang bertindak sewenang-wenang, mana yang saya pilih?

    maka saya akan tetap memilih Tuhan yang bertindak sewenang-wenang.

    Karena kalau Tuhan bertindak sewenang-wenang, saya percaya Dia pasti bertanggungjawab(walaupun seandainya saya tidak melihat pertanggung-jawaban Tuhan didunia ini).
    —————-
    Sekilas info(31)

    terang dan gelap tidak bisa bersatu, kecuali dalam hati manusia.

    Karena itu berjuanglah sebisa mungkin sembari memohon pertolongan-Nya, supaya terang yang ada padamu bisa menjadi lampu untuk jalan-jalanmu.
    —————
    Sekilas info(32)

    Imamat 17
    17:7 Janganlah mereka mempersembahkan lagi korban mereka kepada jin-jin, sebab menyembah jin-jin itu adalah zinah. Itulah yang harus menjadi ketetapan untuk selama-lamanya bagi mereka turun-temurun.
    —————-
    Sekilas info(33)

    kalau ada mereka yang mengatakan semua agama itu sama,

    mungkin yang dimaksudkan adalah dalam hal, sama-sama mendirikan kebajikan.

    jadi mereka memandang dalam sudut pandang yang pada umumnya, atau secara garis besar yang dalam salah satu tujuan yang sama.
    —————–
    Sekilas info(34)

    janganlah kita mempunyai mental untuk hanya mau, menerima yang enak-enak saja dari Tuhan,

    namun seharusnya, kita juga mau belajar, untuk menerima apa-apa yang tidak enak dari Tuhan, baik secara lahiriah maupun batiniah dalam seumur hidup kita,

    dan inilah yang seharusnya juga, menjadi bagian dari inti pengajaran agama oleh para pemuka-pemuka agama diseluruh dunia.
    —————–
    Sekilas info(35)

    kalau kita teringat bahwa Tuhan itu Maha-Kasih,

    maka seharusnya, kita juga mengingat bahwa Tuhan juga Maha Adil,

    yang nantinya, akan membalaskan manusia menurut perbuatanya.

    Agar kita tidak lupa diri, dihadapan-Nya
    —————–
    Sekilas info(36)

    orang yang paling bodoh, adalah orang yang dalam hatinya mengira, bahwa dia bisa mempermainkan keselamatan, kebaikan, kasih juga pengampunan dari Tuhan, dan orang yang paling parah adalah orang yang menyalahgunakanya.
    —————-
    Sekilas info(37)

    kalau kita hanya mengingat bahwa Tuhan itu Maha kasih, Maha Pengampun, Maha baik, maka hal ini bisa membuat kita terbuai dan tersesat.
    —————-
    Sekilas info(38)

    kalau Tuhan itu Maha kasih, bukan berarti kita boleh tidak beribadah untuk seterusnya, juga bukan berarti Tuhan membolehkan kita berbuat apa saja dengan melanggar semua aturan atau hukum agama ataupun negara.
    —————-
    Sekilas info(39)

    kalau Tuhan itu Maha Pengampun, itu bukan berarti kita selalu terhindar dari hukuman Tuhan.
    —————-
    Sekilas info(40)

    kalau Tuhan itu Maha Baik, maka belum tentu Dia melakukan kebaikan seperti yang kita anggap,

    tapi memang kadang atau sering, kebaikan Tuhan itu tidak bisa kita logika.

    Contohnya, ada kisah nyata seperti dibawah ini:

    ketika hambaTuhan yang terkena kecelakaan dan kehilangan kakinya dan ketika hambaTuhan itu bertanya pada Tuhan “mengapa ini terjadi padaku”, lalu Tuhan menjawab “itulah yang terbaik”.

    Jadi dalam kisah nyata diatas, yang dimaksud Tuhan terbaik adalah menurut pandangan Tuhan, bukan terbaik menurut pandangan manusia.
    —————-
    Sekilas info(41)

    mungkin di era akhir jaman ini, akan banyak iman-iman yang mulai tertidur, yang sudah mulai lelah untuk mempercayai keMaha-an Tuhan ketika dihadapkan dalam situasi ataupun kondisi, yang sering kali mengguncangkan iman, namun tetaplah juga untuk berjuang agar kita tetap berpikir positif pada Tuhan, terkhusus dalam situasi terburuk.
    —————-
    Sekilas info(42)

    mungkin salah-satu PR terbesar bagi para pemuka-pemuka agama diseluruh dunia adalah mengisi kekosongan pikiran para jemaah atau jemaat, agar mereka tidak menjadi generasi “penuduh Tuhan” yang selalu menyalahkan Tuhan dalam hati mereka.
    —————-
    Sekilas info(43)

    semua kekayaan, kepandaian, kemampuan ataupun talenta, juga apa-apa yang bisa dibanggakan oleh manusia, adalah titipan Tuhan, karena itulah manusia tidak pantas menyombongkan dirinya.
    —————
    Sekilas info(44)

    jika Tuhan sendiri yang membuat perbedaan, maka siapakah yang mampu memecahkanya, kecuali Tuhan dan makhluk yang kepadanya Tuhan berkenan menyatakanya.
    —————-
    Sekilas info(45)

    marilah kita sama-sama belajar untuk menyikapi perbedaan dengan bijak, agar Tuhan tidak menutup hati nurani kita juga agar Tuhan mau menambahkan rema kepada kita, sehingga kita bisa mengumpulkan serpihan-serpihan hikmah dari tirai-tirai yang berbeda
    —————-
    Sekilas info(46)

    jika kita membiasakan diri bertanya untuk mencari tahu dan tidak untuk menyerang, maka akan ditambahkan kepadamu serpihan rema yang terpendam.
    —————-
    Sekilas info(47)

    Tuhan itu memang unik, kadang Dia menyembunyikan rema dalam diri orang yang kita benci, bahkan pada orang yang kita anggap paling bejat(tapi bukan berarti Tuhan mendukung orang jahat) bahkan pula, kadang Dia memberkati kita dari orang yang kita tidak sukai.
    —————-
    Sekilas info(48)

    jika kita bisa menahan diri untuk membenci, maka janganlah kita membenci, namun jika kita tidak tahan untuk membenci, maka janganlah terlalu membenci.
    —————-
    Sekilas info(49)

    perbedaan itu bisa menjadi indah, seperti keindahan pelangi yang terdiri dari warna yang berbeda-beda, tapi itu tergantung bagaimana kita menyikapi perbedaan itu.
    —————-
    Sekilas info(50)

    seperti pria dan wanita, mereka adalah dua dunia yang berbeda, tapi justru Tuhan menciptakan mereka untuk menjadi satu rumah-tangga dalam pernikahan. Jadi, walaupun mereka berbeda, maka bukan berarti mereka tidak bisa hidup berdampingan dalam keharmonisan, mungkin inilah juga yang menjadi salah-satu PR bagi kita, sebagai umat.
    —————-
    Sekilas info(51)

    bagi yang tergerak hatinya, mungkin inilah beberapa contoh dalam menyikapi perbedaan:

    1. menjadikan perbedaan itu sebagai tambahan pengetahuan.
    2. menyikapi perbedaan itu dengan teguran kasih, dan tidak ada salahnya kita menambahkan kata maaf.
    3. menyikapi perbedaan itu dengan menghormati kebebasan untuk memilih apa yang dia percayai, karena salah satu yang terpenting dalam hal ini adalah bahwa kita sudah menyampaikan apa yang kita ketahui dan selebihnya adalah urusan Tuhan.
    4. dan sebagainya, dengan dasaran kasih juga niat hati yang tidak memusuhi.
    —————-
    Sekilas info(52)

    saya percaya bahwa ada saat-saatnya dimana ketidak-tulusan manusia, masih dimaklumi oleh Tuhan, seperti ketika kita sedang malas berdoa di pagi hari,

    namun karena kita berusaha untuk belajar menyenangkan hati-Tuhan,

    maka kita memaksakan diri untuk berdoa,

    dan saya percaya bahwa Tuhan masih mau menerima doa kita.

    karena banyak orang malas beribadah dengan alasan ketidak-tulusan hati, bahkan ada yang sampai 5 tahun tidak pernah beribadah sama sekali.
    —————-
    Sekilas info(53)

    penderitaan memang bukan untuk dicari, tapi jika Tuhan menghadapkan kita pada penderitaan(baik lahiriah maupun batiniah), maka baiklah kita belajar untuk merelakan hati kita dan berserah pada-Nya (walaupun dalam keadaan yang terburuk) serta memohon pada-Nya agar ditambahkan kekuatan kita untuk melaluinya.
    —————-
    Sekilas info(54)

    tidak ada seorangpun yang bisa tawar-menawar dengan Tuhan dalam hal orang itu akan dilahirkan dalam rupa yang bagus atau dalam rupa yang jelek, dalam keluarga yang kaya atau dalam keluarga yang miskin, juga dalam ras apa, ataupun dalam agama apa.

    kalau sekilas kita memandang sepertinya Tuhan itu egois, tapi tidak apalah.

    Karena bagi saya, tidak ada yang boleh egois selain Tuhan atas segala makhluk dan Dia masih berhak melakukan itu.
    —————-
    Sekilas info(55)

    ketika aku memandang sinar mata bayi-bayi yang tidak berdosa dari semua agama, aku menjadi terharu, karena mereka bisa saja menjadi korban dari ke egoisan kita dalam perdebatan yang tidak sehat yang bisa menimbulkan api dendam, amarah antar agama yang berbeda sehingga bisa membuka peluang akan terjadinya lagi perang agama yang bisa menimbulkan korban-korban mereka yang tidak bersalah termasuk anak-anak kecil dan bayi-bayi yang tidak berdosa yang bisa saja mati karena terkena bom akibat perang agama. karena itulah maka janganlah kita terfokus untuk memperbesar perbedaan tapi terfokuslah untuk bagaimana kita tetap bisa hidup rukun walaupun berbeda prinsip atau kepercayaan.
    —————-
    Sekilas info(56)

    kadang orang kaya itu tidak seperti yang kita pikirkan karena orang kaya itu bisa jadi mengalami hal-hal seperti dibawah ini:

    1. mereka tidak akan benar-benar menemukan sahabat sejati.
    2. mungkin hidup mereka jarang ada damai karena sering ada pertengkaran tentang hak waris dalam keluarganya.
    3. mereka sering tidak tenang hatinya karena banyak yang mengincar hartanya.
    4. mereka menjadi sering gelisah dan kurang tidur karena memikirkan uang dan hartanya yang begitu banyak.
    —————-
    Sekilas info(57)

    tapi orang-orang kaya itu masih mempunyai peluang untuk masuk surga, jika orang kaya itu menjadi orang kaya yang bijaksana.

    orang kaya yang bijaksana adalah orang kaya yang mau memberikan sebagian hartanya kepada orang-orang yang memang benar-benar memerlukan, seperti orang miskin, yatim piatu, gelandangan dan sebagainya dengan tidak mengabaikan ibadah.
    —————-
    Sekilas info(58)

    orang yang tampan tidak akan pernah disebut tampan kalau tidak ada orang yang jelek, demikian juga orang yang cantik.

    jadi sebenarnya orang yang tampan dan orang yang cantik seharusnya berterimakasih kepada orang yang jelek, karena orang yang jelek itu ikut berjasa atas sebutan mereka.
    —————-
    Sekilas info(59)

    orang yang tampan dan orang yang cantik memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk tidak setia pada pasanganya, sedangkan orang yang jelek mempunyai kecenderungan yang lebih kecil untuk tidak setia pada pasanganya.

    jadi masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
    —————-
    Sekilas info(60)

    semua agama juga mempunyai kelebihan masing-masing, tapi adalah tidak bijak jika kita mencari-cari kelemahan atau kekurangan agama lain.
    —————-
    Sekilas info(61)

    mungkin orang yang paling banyak dimaklumkan dosanya, adalah orang-orang yang cacat, karena mereka menderita seumur hidup.
    —————-
    Sekilas info(62)

    mungkin ada orang yang berkata dalam hatinya

    “mengapa harus ada kematian yang tragis bagi orang-orang yang sungguh-sungguh pada Tuhan”.

    mungkin jawabanya adalah

    dengan kematian yang tragis itu, maka orang itu sedang diberi kesempatan oleh Tuhan untuk membayar harga dengan cara yang singkat dan juga untuk mempercepat orang itu menuju tingkatan surga yang lebih tinggi..
    —————-
    Sekilas info(63)

    marilah kita sama-sama juga belajar untuk tetap lebih mencintai Tuhan dari segalanya, walaupun jika seandainya:

    1. Tuhan lebih memberkati orang yang kita benci.
    2. Tuhan tidak selalu melindungi kita.
    3. Tuhan tidak selalu menolong kita.
    4. Tuhan memberi hikmat ataupun kemampuan lebih, kepada orang yang lebih muda dari kita.
    5. dan sebagainya.
    —————-
    Sekilas info(64)

    mungkin ada baiknya kalau kita memikirkan semua yang terburuk yang bisa saja terjadi pada kita, untuk mempersiapkan mental kita, apabila seandainya Tuhan dengan tiba-tiba, menghadapkan kita, pada apa yang paling kita takutkan terjadi,

    supaya apabila kita kecewa pada-Nya, paling tidak, kita tidak terlalu kecewa pada-Nya,

    dan semoga kita tidak kecewa pada-Nya dan tetap setia pada-Nya.

    karena kesetiaan yang Tuhan tuntut adalah kesetiaan sampai akhir, walaupun dalam situasi yang terburuk sekalipun.
    —————-
    Sekilas info(65)

    agar kita tidak hanyut dalam kesombongan,

    mungkin ketika kita melihat orang yang kita anggap lebih berdosa dari kita, kita bisa menanamkan pikiran yang seperti ini:

    seandainya aku menjadi orang itu, belum tentu aku lebih baik dari orang itu(tapi bukan berarti dalam hati kita, kita mendukung perbuatan dosa orang itu).
    —————-
    Sekilas info(66)

    kalau ada orang yang rajin beribadah tapi perbuatanya tidak terpuji, maka ambilah perkataanya yang bisa membangun rohanimu, tapi janganlah meniru perbuatanya yang tidak patut ditiru dan janganlah menjadi jera beribadah karena melihat orang yang seperti itu tapi lihatlah kebenaran Tuhan.
    —————-
    Sekilas info(67)

    mungkin ada orang yang bertanya dalam hatinya..

    “mengapa Tuhan menciptakan manusia yang bisa jatuh dalam dosa”

    mungkin jawabanya adalah:

    yang jelas bukan berarti Tuhan mendukung dosa, tapi supaya manusia lebih melihat kebenaran Tuhan yang selalu benar dan yang paling benar, juga agar manusia jangan berkata bahwa dirinya bisa menjamin untuk selalu benar dalam lahir dan batinya dalam seumur hidupnya.

    NB: memang orang benar itu ada, namun orang yang selalu benar(dalam batinya) itu tidak ada.
    —————-
    Sekilas info(68)

    aku bersyukur ternyata Kristus juga mau memperdengarkan suara-Nya pada orang yang mungkin tidak pernah dilirik oleh orang lain yaitu seorang penjual air, seperti yang saya pernah lihat dalam kisahnyata solusi di tv, dan dalam kisahnyata lain, Kristus mau menampakan dirinya kepada pemulung-pemulung dan menyembuhkan sakit mereka, ini pernah terjadi disurabaya.
    —————-
    Sekilas info(69)

    jika kita sedang digoda oleh kesombongan rohani dalam hati, maka cepat-cepatlah meminta ampunan-Nya, sebelum Tuhan mengurangi kekuatan kita sehingga kita jatuh dalam pencobaan yang seharusnya kita bisa melaluinya.
    —————
    Sekilas info(70)

    janganlah kita menjadi ahli hukum untuk memutarbalikan hukum, dan jika demikian yang terjadi, maka dosa kita bisa dilipat gandakan oleh Tuhan.
    —————-
    Sekilas info(71)

    ketika dosa sedang mengintip, maka cepat-cepatlah minta pertolongan Tuhan sambil berusaha menghindari dosa juga berusaha menghindari kesempatan berbuat dosa.
    —————-
    Sekilas info(72)

    setia kawan itu perlu, tapi kalau kita tetap membela mati-matian kawan kita padahal dia jelas-jelas salah, maka kesetiakawanan kita adalah kesetiakawanan yang tidak sehat.
    —————-
    Sekilas info(73)

    kadang atau sering, dalam hidup ini, bisa saja terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi, namun tetaplah belajar bersyukur dalam hatimu, baik dalam suka maupun duka.
    —————
    Sekilas info(74)

    dalam menjalani hidup ini, memang ada jatuh bangunya, tapi usahakanlah setidak-tidaknya, agar lebih banyak bangunya dari pada jatuhnya, sambil dalam hati, memohon tuntunan-Nya.
    —————
    Sekilas info(75)

    memang ada kalanya Tuhan membiarkan kita berjuang sendiri, seperti perjuangan ulat untuk keluar dari kepompongnya, agar kita melakukan apa yang menjadi bagian kita,

    karena kalau semua-semua Tuhan yang melakukan, lalu kapan kita melakukan bagian kita.
    —————-
    Sekilas info(76)

    jika buku diibaratkan manusia,

    kadang buku itu,

    sampulnya jelek isinya juga jelek, kadang sampulnya jelek isi tidak jelek,

    kadang juga,

    sampulnya bagus isinya juga bagus tapi terkadang sampulnya bagus isinya tidak bagus.
    —————-
    Sekilas info(77)

    ada pengampunan yang tidak perlu disertai hukuman, tapi ada pengampunan yang harus disertai hukuman untuk menimbulkan efek jera.
    —————-
    Sekilas info(78)

    ada kata maaf yang bisa diterima saat itu juga, tapi ada kata maaf, yang membutuhkan waktu, untuk bisa menerimanya,

    semoga Tuhan menambahkan kesabaran hati.
    —————-
    Sekilas info(79)

    janganlah kita suka menunda-nunda beribadah, supaya jangan sampai Tuhan dengan terpaksa, mengeluarkan cambuk-Nya untuk untuk mendisiplinkan kita.
    —————
    Sekilas info(80)

    ada kisah kesaksian nyata dari orang yang suka menunda-nunda untuk meluangkan waktu buat Tuhan karena dia orang sibuk, lalu akhirnya dia mendapat kecelakaan dan dibawa kerumah sakit, lalu sadarlah dia, bahwa tiba-tiba dia mepunyai banyak waktu luang untuk berdoa, tapi dirumah sakit.
    —————
    Sekilas info(81)

    luangkanlah waktu setiap hari untuk Tuhan, karena manusia tidak tahu kapan ia akan di panggil, karena diera akhir jaman ini, kemungkinan besar, akan lebih banyak kematian yang tidak disangka-sangka.
    —————-
    Sekilas info(82)

    janganlah kita berkata dalam hati, aku akan bertobat kalau aku sudah tua nanti, (sedangkan manusia tidak tahu kapan ajal menanti).

    Karena maut itu, tidak pernah pandang bulu, apakah engkau masih muda atau tua, apakah engkau sedang sehat atau sakit, maka berlombalah untuk mengumpulkan perbekalan yang abadi selagi kita hidup dalam dunia yang fana ini.
    —————-
    Sekilas info(83)

    Tuhan tidak pernah menerima pertobatan yang direncanakan, ataupun pertobatan yang hanya dimulut.

    Tapi Tuhan menerima pertobatan yang keluar dari hati dan terwujud dalam perbuatan yang secara terus-menerus.
    —————-
    Sekilas info(84)

    mungkin ada orang bertanya dalam hatinya

    “untuk apa Tuhan menciptakan manusia”

    mungkin jawaban saya adalah:

    Tuhan mempunyai tujuan utama dan tujuan lainya, dalam menciptakan manusia.

    dan tujuan utama Tuhan dalam hal menciptakan manusia adalah

    agar manusia menjadi penyembah-penyembah yang benar dan tetap setia walau dalam suka dan duka, terkhusus dalam duka, karena penyembahan manusia bisa lebih tinggi tingkatanya dibanding dengan penyembahan malaikat.

    mungkin inilah tujuan lainya dalam hal Tuhan menciptakan manusia yaitu :

    1. untuk memelihara bumi, supaya bumi ini ada yang merawatnya.

    2. agar manusia mendapat kesempatan untuk bisa naik tingkat atau level berikutnya dalam tingkatan sorga yang hanya bisa ditentukan melalui kehidupan manusia didunia, tapi itu tergantung manusia itu sendiri.

    3. untuk mengerjakan PR rohani (agar kita melakukan bagian kita) yang juga didasari oleh kebijaksanaan (dalam menghadapi perbedaan yang sudah Tuhan gariskan) juga kearifan (dalam menelaah dan melakukan Firman-Nya), dan PR jasmani (agar manusia tidak malas) untuk tetap berusaha dengan sebisa mungkin dalam segala kebaikan dengan tidak mengabaikan hal-hal lainya yang memang perlu dilakukan karena kita masih hidup dibumi ini, asalkan dengan cara yang baik dan benar dengan semampu-mampunya yang juga tidak bertentangan dengan Firman-Nya juga hatinurani.

    4. (untuk ateis), agar mereka, dengan semaksilmal mungkin, melakukan apa-apa yang tidak bertentangan dengan hati nurani sambil mencari siapakah yang menciptakan dunia ini, yang adalah Tuhan atas segala makhluk dan berusaha untuk mempercayai-Nya, juga berusaha menjadi orang yang beragama.

    5. untuk menikmati kesenangan dunia dengan sewajarnya dan secukupnya juga dengan rasa tahu diri, juga tetap berusaha juga untuk belajar menyenangkan hati-Nya, agar kita tidak hanya menyenangkan diri sendiri saja. Dan juga agar kita tetap mengingat bahwa didunia ini tidak hanya ada kesenangan, agar kita mempersiapkan mental kita untuk hal ini, karena hanya disorgalah terdapat kesenangan yang terus-menerus.

    6. dan sebagainya
    —————-
    Sekilas info(85)

    jalan keselamatan itu seperti pintu yang sempit karena itulah keselamatan itu butuh perjuangan bahkan dalam lahir dan batin.

    jadi keselamatan itu butuh perjuangan, dan keselamatan itu tidak semudah mengedipkan mata ataupun membalikan tangan.

    maka janganlah para pengkotbah membuat seolah keselamatan itu mudah didapat dengan tidak perlu perjuangan, sehingga para jemaat menjadi meremehkan atau menggampangkan akan keselamatan itu, jika ini terjadi maka Tuhan juga akan menuntut pertanggung-jawaban dari para pengkotbah itu.
    —————-
    Sekilas info(86)

    kalau ada orang kristen yang bisa menjadi terang dihadapan orang lain tapi tidak bisa menjadi terang didalam rumahnya sendiri, maka terang orang itu adalah terang yang palsu

    ambil saja petuahnya yang bisa menambah kerohanianmu tapi jangan meniru perbuatanya yang tidak pantas menjadi teladan.
    —————-
    Sekilas info(87)

    kalau anda tergolong orang yang sibuk dalam pelayanan, maka tetaplah menyisihkan waktu untuk keluarga anda, karena jangan sampai keluarga anda terbengkalai atas nama pelayanan.
    —————-
    Sekilas info(88)

    janganlah menjual seluruh hartamu atau memberi semua uangmu, kecuali engkau memang mendapat petunjuk tanda-tanda Ilahi yang tidak bisa dibantah.
    —————
    Sekilas info(89)

    Tuhan tidak pernah melarang orang untuk menjadi kaya, asalkan dengan cara yang halal dan menjadi orang kaya yang bijaksana.

    Tapi yang Tuhan larang adalah keterikatan hati yang berlebihan terhadap harta atau uangnya yang banyak itu.
    —————-
    Sekilas info(90)

    kita boleh saja mengagumi, memuji, mencintai, menyayangi apa saja dan siapa saja, asalkan tidak keluar dari Firman-Nya, dengan cara yang benar, juga pada porsinya dan jangan sampai semua itu melebihi apa yang kita lakukan untuk Tuhan.
    —————-
    Sekilas info(91)
    “antara logika dan iman”

    sepertinya logika itu bisa dibilang unik, kadang ia bisa menjadi kawan tapi kadang ia bisa menjadi lawan dalam batin kita.

    tapi kita boleh saja membuat logika sebagai partner dalam hidup kita, sepanjang logika itu tidak menyudutkan Tuhan dan segala hal tentang Tuhan.

    Tapi jika logika kita sedang menyudutkan Tuhan, maka saat inilah iman wajib berperan, dan biarkanlah iman yang lebih memimpin daripada logika,

    tapi tentu saja dengan iman yang didasar-utamakan oleh Tuhan atas segala makhluk yang kita cintai dengan tidak bersyarat sehingga sebagai manusia yang mempunyai rasa tahu diri pada-Nya,

    maka kita wajib untuk selalu berpikir positif padaNya walau dalam situasi yang paling mengguncangkan sekalipun.
    —————-
    Sekilas info(92)

    kadang kita tidak mempunyai pilihan lain, untuk berbuat baik didepan orang,

    salah satu contohnya, seperti memberi uang kepada pengemis yang sudah tua, di depan banyak orang,

    tapi itu sebenarnya bukan masalah, selama dalam hati kita, kita tidak mempunyai niat untuk dilihat orang ataupun dipuji orang,

    demikian pula terhadap perbuatan-perbuatan baik yang lainya termasuk saat menjalankan ibadah.
    —————-
    Sekilas info(93)

    alkitab mengatakan bahwa musuh orang kristen bukanlah orang Islam ataupun orang lain, karena musuh orang kristen bukan darah dan daging tapi iblis dan setan-setanya,

    tapi bukan berarti kita berhak meremehkan iblis dan setan-setan itu, karena hanya Tuhan-lah yang berhak meremehkan iblis dan setan-setan itu dan karena kita mengusir mereka dengan kekuatan Tuhan, bukan dengan kekuatan kita.
    —————-
    Sekilas info(94)

    mungkin kadang atau sering kita suka meremehkan hal-hal kecil atau hal-hal sepele dalam hati kita,

    namun mungkin jarang kita menyadari bahwa dengan kebiasaan kita yang suka meremehkan hal-hal kecil atau hal-hal yang sepele itu, akan memperbesar kemungkinan bahwa hal itu, nantinya, bisa saja menjadi bumerang bagi kita sendiri.
    —————–
    Sekilas info(95)

    janganlah juga, kita suka menghakimi orang lain dalam hati kita,

    karena bisa jadi, Tuhan sendiri yang akan membuat kita menjadi tidak lebih dari orang yang sering kita hakimi dalam hati,(agar kita rendah hati)

    bahkan lagi, tidak menutup kemungkinan, kalau kita, bisa menjadi lebih parah dari orang yang sering kita haikimi dalam hati.
    —————-
    Sekilas info(96)

    biarlah kita juga sama-sama dengan sebisa-mungkin berusaha belajar untuk memupuk juga mempertahankan rasa tahu-diri baik dalam lahiriah maupun batiniah kita sampai seumur hidup kita, sambil memohon bantuan dan restu-Nya,

    yaitu rasa tahu-diri kepada segala makhluk, kepada diri-sendiri, kepada orang lain, kepada hati nurani, kepada agama, kepada kitabnya, juga rasa tahu-diri terhadap tanggungg-jawab, terhadap lingkungan, terkhusus terhadap Tuhan atas segala makhluk,

    yang juga didasari oleh rasa untuk siap menerima resiko, apabila seandainya Tuhan berkehendak lain, yang jauh bersebrangan dengan kehendak kita.

    agar jangan sampai Tuhan dengan terpaksa menambahkan takdir duka yang seharusnya tidak perlu kita tanggungg, untuk menghukum kita.
    —————-
    Sekilas info(97)

    Tuhan memang melihat hati, tapi bukan berarti Tuhan tidak menilai perbuatan kita.

    karena bisa jadi banyak orang bisa-bisa tidak beribadah seterusnya dengan alasan Tuhankan melihat hati.
    —————–
    Sekilas info(98)

    inti dalam perdebatan agama adalah bukan masalah menang atau kalah,

    tapi bagaimana kita bisa memberi tahu argumen kita dengan cara yang terbaik menurut iman masing-masing, yang juga didasari oleh kerendah-hatian.

    menang dalam perdebatan itu, boleh-boleh saja, asalkan dengan cara yang baik dan benar yang juga didasari oleh rasa rendah hati.

    tapi akan menjadi percuma, jika kita hanya menang dalam perdebatan, namun tidak menang dalam tanggung-jawab kita terhadap agama dan kitab kita masing-masing., ketika Hari Penghakiman telah tiba.

    jadi kita boleh saja bertujuan menang dalam perdebatan,
    tapi janganlah itu menjadi tujuan utama.

    semoga kita bersama, bisa menang dalam mempertanggung-jawabkan lahir dan batin kita, ketika Hari Penghakiman telah tiba.
    —————
    Sekilas info(99)

    bagi yang suka ke sarang walet, anda harus memakai masker, karena kalau tidak, dalam hidung anda, bisa ada ulat yang semacam belatung(tapi namanya ulat apa, saya lupa), ada kisah nyatanya di youtube.
    —————-
    Sekilas info(100)

    kita boleh berharap, (asalkan baik dan benar), tapi jangan terlalu berharap, karena bisa jadi, ujung-ujungnya kita bisa menyalahkan Tuhan dalam hati.
    ————–
    Sekilas info(101)

    ditolong Tuhan atau tidak ditolong Tuhan, seharusnya kita tetap percaya bahwa Tuhan sanggup menolong, inilah salah satu contoh iman yang benar.
    ————–
    Sekilas info(102)

    menginginkan sesuatu itu boleh-boleh saja asalkan yang sewajarnya, tapi janganlah kita terlalu menginginkan sesuatu secara berlebihan, karena itu juga bisa menjadi berhala dihadapan-Nya. Maka dari itu, Tuhan biasanya justru dengan sengaja memperkecil kemungkinan itu terjadi, namun tetaplah beribadah dan setia sampai akhir pada-Nya, itu kalau anda memang mempunyai rasa cinta yang tanpa pamrih kepada-Nya. Jadi dikabulkan atau tidak dikabulkan kenginginan anda, maka tetaplah setia sampai akhir, inilah yang termasuk dalam kesetiaan yang sejati.
    ————–
    Sekilas info(103)

    orang-orang yang termasuk memiliki makrifat, adalah orang-orang yang mau belajar merelakan hatinya untuk diobrak-abrik oleh Tuhan, walaupun mereka benar di mata Tuhan, seperti ayub(yang diakui kebenaranya oleh Tuhan sendiri). Karena Tuhan selalu lebih benar dari semua kebenaran kita, juga agar kita lebih rendah hati, inilah kerendah-hatian tingkat tinggi.
    ————–
    Sekilas info(104)

    janganlah kita fokus pada pertolongan Tuhan, karena hal itu, bisa membuat hati kita sering kecewa pada Tuhan. Tapi, biarlah dalam hati kita, kita tetap lebih memandang Tuhan dari pada berkat-Nya, dari pada janji-janjiNya, dari pada mujizat-Nya, dari pada pertolongan-Nya, bahkan dari pada surga-Nya.
    ————–
    Sekilas info(105)

    biarlah kita tetap belajar setia sampai akhir kepada-Nya yang juga didasari oleh sikap hati yang benar, walaupun saat diberkati berlimpah-limpah juga walaupun pada saat yang sebaliknya, juga walaupun segala sesuatu terjadi seperti yang tidak kita inginkan. Karena ujian Tuhan bisa dalam bentuk apa saja, namun tetaplah hatimu mengagumi-Nya dan katakanlah dalam hatimu “TERPUJILAH TUHAN YANG SELALU BENAR”.

    Sekilas info(106)

    SekilasInfo(107)
    janganlah mencintai TUHAN karena apa yang DIA miliki, janganlah juga mencintai TUHAN karena apa yang sanggup DIA lakukan, tetapi tetaplah mencintai TUHAN walau DIA tidak memberi apa yang DIA miliki juga walau DIA tidak melakukan apa yang sangup DIA lakukan untuk kita, itulah cinta yang tidak menuntut balasan dari TUHAN, cinta yang bagaikan intan putih yang berkilau-kilauan.

    SekilasInfo(108)
    ada saat-saatnya TUHAN mengabulkan apa yang kita minta, namun ada saat-saatnya pula, bahwa TUHAN tidak mengabulkan apa yang kita minta, karena jika TUHAN selalu menuruti kehendak manusia, maka DIA bukan TUHAN, tapi pembantu alias (babu).

    SekilasInfo(109)
    Doa juga merupakan permohonan pada TUHAN dengan harapan agar kiranya TUHAN tergerak Hati-NYA untuk mengabulkan doa kita, namun doa bukanlah pengharusan untuk TUHAN supaya TUHAN harus mengabulkan doa kita, jadi janganlah kecewa pada-NYA ketika DIA tidak mengabulkan doa kita, karena kadang atau sering justru dengan tidak dikabulkanya doa kita maka itulah yang terbaik menurut TUHAN walau hal itu tidak terbaik menurut logika kita, namun tetaplah percaya bahwa TUHAN lebih mengetahui juga bahwa TUHAN selalu berniat baik walau kita tidak tahu apa maksud TUHAN dibalik semua itu.

    SekilasInfo(110)
    walaupun seandainya kita menderita bukan karena kesalahan kita padahal kita sungguh-sungguh dihadapan TUHAN, namun tetaplah percaya bahwa TUHAN selalu berniat baik walaupun menurut logika kita(saat kita dalam keadaan terburuk) TUHAN itu tidak baik. Karena menurut iman yang benar yaitu bahwa TUHAN itu tidak ada ketidak benaran didalam DIA.

    SekilasInfo(111)
    walaupun sesuatu terjadi tidak seperti yang kita inginkan, maka biarlah kita tetap percaya bahwa TUhan selalu berniat baik, walaupun kita tidak tahu alasanya mengapa ini terjadi.

    sekilas info(112)
    Tuhan pasti menolong,
    Tuhan pasti menolong, pada waktunya Tuhan(artinya tidak selalu menolong pada waktu yang manusia inginkan)dan Tuhan pasti menolong jika Tuhan memandang perlu.
    karena jika TUhan selalu menolong manusia maka manusia tidak akan pernah melakukan bagianya.

  24. wahai NonKristen,
    terimalah Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kalian walaupun hanya dalam hati saja dan tidak harus menjadi Kristen

  25. 10:16 Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.

  26. sekilas info…
    2:18 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: Inilah firman Anak Allah, yang mata-Nya bagaikan nyala api dan kaki-Nya bagaikan tembaga:
    2:19 Aku tahu segala pekerjaanmu: baik kasihmu maupun imanmu, baik pelayananmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak dari pada yang pertama.
    2:20 Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah, mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala.
    2:21 Dan Aku telah memberikan dia waktu untuk bertobat, tetapi ia tidak mau bertobat dari zinahnya.
    2:22 Lihatlah, Aku akan melemparkan dia ke atas ranjang orang sakit dan mereka yang berbuat zinah dengan dia akan Kulemparkan ke dalam kesukaran besar, jika mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan perempuan itu.
    2:23 Dan anak-anaknya akan Kumatikan dan semua jemaat akan mengetahui, bahwa Akulah yang menguji batin dan hati orang, dan bahwa Aku akan membalaskan kepada kamu setiap orang menurut perbuatannya.

  27. akan lebih baik saat mereka menyembah Yesus dengan kesadaran bahwa Yesus adalah “AllahBapa secara tak langsung”

    mungkin Allah Bapa secara taklangsung itu sama dengan Belahan Diri Allah yang mempunyai Hidup didalam diri-Nya sendri yang tetap berkualitas Allah.

    55:11 demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

    19:12 Dan mata-Nya bagaikan nyala api dan di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota dan pada-Nya ada tertulis suatu nama yang tidak diketahui seorang pun, kecuali Ia sendiri.
    19:13 Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: “Firman Allah.”

    3:5 Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya.

    5:26 Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri.

  28. jadi memang seharusnya saat orang Kristen menyembah Yesus,
    tujuan hatinya,
    adalah tidak menyembah Manusia Yesus,
    tapi Keilahian yang tersembunyi dalam Tubuh Yesus,
    karena KeilahianYesus mengandung KualitasKeilahian yang Tunggal dengan KualitasKeilahian Bapa.

  29. sekilas info,

    “Bapa lebih besar dari pada Aku(Yesus)”, (jika ditinjau dari “puncak potensi Kapasitas Keilahian Bapa” bukan ditinjau dari “dasar potensi KapasitasKeilahian”)

    ===
    karena sebenarnya kalau dilihat dari “dasar potensi KapasitasKeilahian” baik Bapa, Yesus, juga RohKudus adalah sama-sama diatas segala makhluk,

    tapi jika dilihat dari “puncak potensi KapasitasKeilahian” maka walaupun “dasar potensi KapasitasKeilahian” Yesus juga RohKudus diatas segala makhluk, maka tetap tidak diatas Bapa.

    jadi kalau dilihat dari sudut pandang pada “dasar potensi KapasitasKeilahian”, maka Bapa juga bisa disebut Tuan Ilahi.

    dan jika dilihat dari sudut pandang “puncak potensi KapasitasKeilahian” Masing-Masing, maka Bapa tidak bisa disebut Tuan Ilahi tapi bisa disebut TUHAN, namun Yesus juga RohKudus tetap diSebut atau tetap berGelar Tuan Ilahi,

    tapi jika dilihat pada KualitasKeilahian Yesus juga KualitasKeilahian RohKudus maka Yesus juga RohKudus bisa disebut TUHAN, karena KualitasKeilahian Yesus juga KualitasKeilahian RohKudus adalah KualitasKeilahian Bapa atau KualitasKeilahian Allah. jadi sebenarnya karena itulah baik Yesus juga RohKudus bisa disebut sebagai Tuhan/Allah.
    ===

    Kisah para rasul 5:3 Tetapi Petrus berkata: “Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
    5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.”

    Kisah para rasul 13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.”


    Wahyu 5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: “Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!”
    5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: “Amin”. Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.

    Wahyu 1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, — bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
    1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
    1:8 “Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.”

    ========================================================
    namun jika dilihat dari sudut pandang “selain” dalam hal KualitasKeilahian, maka Yesus juga RohKudus tidak bisa disebut Tuhan/Allah.

    *Yesus, Keluar dari AllahBapa.
    Yohanes 8:42 Kata Yesus kepada mereka: “Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.

    Yohanes 16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.
    16:28 Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa.”

    *RohKudus, Keluar dari AllahBapa.
    Yohanes 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

    Yohanes 15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

  30. tentang TriTunggal,

    mungkin juga bisa disebut sebagai :

    [ Tiga ], Tuan Ilahi (atas segala makhluk), Yang [ Berbeda ].

    Namun tetap,
    [ TUNGGAL ], (dalam Gelar Ke-ALLAH-an), karena [ Sama-sama ] BerKualitas ALLAH.

    NB:
    mengapa saya Sebut Tiga Tuan?
    karena tidak boleh disebut Tiga TUHAN, jika menyangkut kuantitas.

    mengapa Bapa juga bisa disebut Tuan atas segala makhluk (kok bukan TUHAN)?,
    karena hal itu jika dilihat dari sudut pandang terhadap “dasar potensi Kapasitas Keilahian” bukan dilihat dari “puncak potensi KapasitasKeilahian”.

    karena sebenarnya kalau dilihat dari “dasar potensi KapasitasKeilahian” baik Bapa, Yesus, juga RohKudus adalah sama-sama diatas segala makhluk,

    tapi jika dilihat dari “puncak potensi KapasitasKeilahian” maka walaupun “dasar potensi KapasitasKeilahian” Yesus juga RohKudus diatas segala makhluk, maka tidak diatas Bapa

  31. 5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: “Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.
    5:10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi.”
    5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa,
    5:12 katanya dengan suara nyaring: “Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!”
    5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: “Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!”
    5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: “Amin”. Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.

    ***
    NB :
    21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.

  32. 4:21 Kata Yesus kepadanya: “Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.

    4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.

    4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.

    ***
    14:1 “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.

    ***
    11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

  33. jadi pada (hakikatnya),

    semua penyembahan yang ditujukan pada (Tuhan) Yesus ataupun pada (Tuhan) RohKudus secara otomatis akan “tertujuUtamakan kepada (Allah Bapa)” bukan tertujuUtamakan kepada Yesus, bukan pula tertujuUtamakan kepada RohKudus.

  34. 14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
    14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

    16:23 Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku


    10:30 Aku dan Bapa adalah satu.”


    14:23 Jawab Yesus: “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.

    ***
    NB:
    9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

  35. jika dilihat dari sudut pandang “selain” dalam hal KualitasKeilahian pada (Bapa, Putra, RohKudus). Maka adalah Satu-Kesatuan, yang bisa disebut sebagai Tuan diatas segala tuan (atas segala makhluk).

    namun,

    jika dilihat dari sudut pandang KualitasKeilahian pada [Bapa, Putra, RohKudus]. Maka {Bapa, TuhanYesus, TuhanRohKudus} adalah Satu-Satunya, yang bisa disebut sebagai TUHAN diatas segala tuhan (atas segala makhluk).

    ====================================================

    saat kapanpun, Yesus bisa disebut Allah/Tuhan, (hanya jika dilihat dari sudut pandang KualitasKeilahian)

    demikian pula,

    saat kapanpun, Yesus bisa disebut Utusan, (hanya jika dilihat dari sudut pandang “selain” dalam hal KualitasKeilahian)

    Yohanes 16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
    16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.

  36. sekilas info,
    *TriTunggal adalah : Bapa, Putra, RohKudus (Yang berbeda), namun tetap Tunggal dalam KualitasKeilahian.

    *TriTunggal yang bisa disimpulkan sebagai (Tiga yang berbeda, namun tetap Sama), mungkin juga bisa di ibaratkan seperti ini :
    NB: perbedaan Bapa, Putra, RohKudus bisa di ibaratkan pixel yang berbeda, sedangkan HD melambangkan Kualitas Allah.

    Kualitas HD
    720(p) Rohkudus
    1080(p) Yesus
    1440(p) Bapa

    jadi, walaupun berbeda “pixelnya atau (p)”-nya, namun tetap Sama yaitu berkualitas HD.

    bahkan masing-masing pixel yaitu 720(p), 1080(p), 1440(p) tetap Sama-sama Berkualitas HD, walaupun terpisah.

  37. ~ Sekilas Info …

    menurut pendapat pribadi saya,

    Yesus juga Rohkudus memang bisa disebut Bagian Allah (Belahan Diri Allah),

    jadi Yesus juga RohKudus bisa disebut Bagian Allah (kecuali dalam KualitasKeilahian)
    ———————————————————-

    karena jika saya katakan bahwa Keseluruhan Yesus juga Keseluruhan RohKudus adalah 100% Allah, maka saya salah

    demikian pula jika saya katakan,

    bahwa Keseluruhan Yesus juga Keseluruhan RohKudus adalah 100% bukan Allah, saya juga salah.
    (karena itu, Yesus juga RohKudus bisa disebut Bagian Allah, kecuali dalam KualitasKeilahian)

    ———————————————————–

    *mengapa bisa disebut Bagian Allah, karena Yesus juga RohKudus berasal dari Allah.
    *mengapa dalam hal KualitasKeilahian Yesus juga KualitasKeilahian RohKudus tidak bisa disebut Bagian Allah, karena KualitasKeilahian Yesus juga KualitasKeilahian RohKudus adalah KualitasKeilahian AllahBapa itu sendiri.

    jadi Yesus juga RohKudus memang bisa disebut Bagian Allah, tapi tidak sepenuhnya Bagian Allah.

    dan sebenarnya Sebutan Tuhan/Allah pada Yesus juga pada RohKudus itu disebabkan karena KualitasKeilahian Yesus juga KualitasKeilahian RohKudus adalah KualitasKeilahian AllahBapa itu sendiri, karena dalam KualitasKeilahian itu ada NAMA BAPA atau NAMA ALLAH atau YANG MAHA. Jadi berdasar Kualitas Keilahian, maka Yesus berhak mengklaim DiriNya sebagai atau yang disebut dengan Gelar-Gelar yang dipakai oleh AllahBapa. Jadi berdasar KualitasKeilahian YESUS juga berhak mengklaim DiriNya sebagai Tuhan, Yesus juga berhak menyamakan diriNya dengan Bapa. jadi Mereka ESA dalam KualitasKeilahian.

    Yohanes 10:29 Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.
    10:30 Aku dan Bapa adalah satu.”

    Yohanes 14:9 Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.

    Yesaya 9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

    Yohanes 16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
    16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.
    16:28 Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa.”
    16:29 Kata murid-murid-Nya: “Lihat, sekarang Engkau terus terang berkata-kata dan Engkau tidak memakai kiasan.
    16:30 Sekarang kami tahu, bahwa Engkau mengetahui segala sesuatu dan tidak perlu orang bertanya kepada-Mu. Karena itu kami percaya, bahwa Engkau datang dari Allah.”
    16:31 Jawab Yesus kepada mereka: “Percayakah kamu sekarang?

    Wahyu 21:22 Dan aku tidak melihat Bait Suci di dalamnya; sebab Allah, Tuhan Yang Mahakuasa, adalah Bait Sucinya, demikian juga Anak Domba itu.

    Wahyu 1:8 “Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.”

    (jadi karena Kualitas Keilahian Yesus juga KualitasKeilahian RohKudus adalah KualitasKeilahian AllahBapa itu sendiri, maka semua penyembahan yang ditujukan pada Tuhan Yesus ataupun pada Tuhan Rohkudus secara otomatis akan tertuju kepada AllahBapa).

    Tuhan Yesus memberkati

    ************************************************************************
    ~ Sekilas Info …

    TUHAN juga mampu membagi Roh

    Kitab Bilangan
    11:16 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Kumpulkanlah di hadapan-Ku dari antara para tua-tua Israel tujuh puluh orang, yang kauketahui menjadi tua-tua bangsa dan pengatur pasukannya, kemudian bawalah mereka ke Kemah Pertemuan, supaya mereka berdiri di sana bersama-sama dengan engkau.
    11:17 Maka Aku akan turun dan berbicara dengan engkau di sana, lalu sebagian dari Roh yang hinggap padamu itu akan Kuambil dan Kutaruh atas mereka, maka mereka bersama-sama dengan engkau akan memikul tanggung jawab atas bangsa itu, jadi tidak usah lagi engkau seorang diri memikulnya.
    11:18 Tetapi kepada bangsa itu haruslah kaukatakan: Kuduskanlah dirimu untuk besok, maka kamu akan makan daging; sebab kamu telah menangis di hadapan TUHAN dengan berkata: Siapakah yang akan memberi kami makan daging? Begitu baik keadaan kita di Mesir, bukan? — TUHAN akan memberi kamu daging untuk dimakan.
    11:19 Bukan hanya satu hari kamu akan memakannya, bukan dua hari, bukan lima hari, bukan sepuluh hari, bukan dua puluh hari,
    11:20 tetapi genap sebulan lamanya, sampai keluar dari dalam hidungmu dan sampai kamu muak — karena kamu telah menolak TUHAN yang ada di tengah-tengah kamu dan menangis di hadapan-Nya dengan berkata: Untuk apakah kita keluar dari Mesir?”
    11:21 Tetapi kata Musa: “Bangsa yang ada bersama aku ini berjumlah enam ratus ribu orang berjalan kaki, namun Engkau berfirman: Daging akan Kuberikan kepada mereka, dan genap sebulan lamanya mereka akan memakannya!
    11:22 Dapatkah sekian banyak kambing domba dan lembu sapi disembelih bagi mereka, sehingga mereka mendapat cukup? Atau dapatkah ditangkap segala ikan di laut bagi mereka, sehingga mereka mendapat cukup?”
    11:23 Tetapi TUHAN menjawab Musa: “Masakan kuasa TUHAN akan kurang untuk melakukan itu? Sekarang engkau akan melihat apakah firman-Ku terjadi kepadamu atau tidak!”
    11:24 Setelah Musa datang ke luar, disampaikannya firman TUHAN itu kepada bangsa itu. Ia mengumpulkan tujuh puluh orang dari para tua-tua bangsa itu dan menyuruh mereka berdiri di sekeliling kemah.
    11:25 Lalu turunlah TUHAN dalam awan dan berbicara kepada Musa, kemudian diambil-Nya sebagian dari Roh yang hinggap padanya, dan ditaruh-Nya atas ketujuh puluh tua-tua itu; ketika Roh itu hinggap pada mereka, kepenuhanlah mereka seperti nabi, tetapi sesudah itu tidak lagi.

    *****************************
    ~ Sekilas Info …

    TUHAN juga mampu mengeluarkan/mengutus Firman dari FIRMAN-NYA (Mulut-NYA)

    Yesaya 55:11 demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

    Yesus bisa disebut sebagai Firman yang keluar dari FIRMAN Bapa

    ****************************
    ~ Sekilas Info …

    roh manusia (pada umumnya) adalah termasuk makhluk, juga semua yang termasuk berhakikat makhluk. tetap terikat sepenuhnya oleh Hukum TUHAN dan semua yang berhakikat makhluk juga tidak boleh disembah dari hati.
    *NB:
    bahkan ketika orang menyembah raja, misalnya. Seperti contohnya saat menyembah raja Daud, boleh menyembah tapi tidak boleh meyembah dari hati.


    Namun Roh Manusia Yesus, bukan makhluk, karena Yesus tidak mempunyai roh manusia, tapi Roh Yesus adalah RohAllah, (yaitu Roh Allah yang keluar dari Allah).

    demikian pula Manusia Yesus bukan makhluk, karena itulah Yesus bukan sepenuhnya Manusia biasa, walaupun ada sisi manusia biasa dalam Tubuh Yesus, karena Yesus bisa menderita. Namun sisi lain Yesus, Yesus Bukan Manusia biasa atau (Manusia Ilahi) yang bisa berarti bahwa Yesus adalah Manusia yang tidak pernah berdosa.

    dan dalam Tubuh Yesus, tetap mengandung potensi Kapasitas Keilahian juga KualitasKeilahian (atau Kualitas Allah).

    dan KualitasKeilahian Yesus juga KualitasKeilahian RohKudus adalah SATU, (benar-benar satu, tidak berarti jamak) yaitu SATU dengan KualitasKeilahian AllahBapa itu sendiri.

    karena KualitasKeilahian Yesus juga Kualitas Keilahian RohKudus adalah Kualitas Keilahian AllahBapa itu sendiri, sehingga ada ada Nama Bapa atau Nama Allah, juga (Gelar Yang Maha, Yang Satu-satunya, dsb, yang juga merupakan Gelar-Gelar Bapa), dalam Kualitas Keilahian Yesus juga dalam KualitasKeilahian RohKudus.

    jadi kalau dilihat berdasarkan KUALITAS KEILAHIAN pada Yesus juga RohKudus, maka YESUS juga ROHKUDUS tidak pantas disebut Utusan Allah, tidak pantas disebut AnakAllah, juga tidak pantas disebut Bagian Allah,

    tapi layak disebut TUHAN/ALLAH, layak disebut sebagai Satu-satunya TUHAN/ALLAH, layak disembah.

    Terpujilah Tuhan RohKudus
    Terpujilah Tuhan Yesus
    Terpujilah AllahBapa

    Tuhan Yesus memberkati

    Yesaya 9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

    Yohanes 16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,

    Kisahrasul 13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.”

    ***************************
    ~ Sekilas Info …

    Injil Matius 10:37 Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku.

    artinya tidak ada larangan untuk mencintai bapaknya, ibunya, anaknya baik laki-laki ataupun perempuan, bahkan siapa saja atau apa saja, asalkan dengan sewajarnya, tidak melebihi porsinya, dengan cara yang benar, juga tidak melebihi cintamu pada Yesus

    dan juga janganlah sampai atas nama pelayanan, keluarga kalian terbengkalai, jangan sampai atas nama pelayanan, kalian tidak punya waktu untuk memberi perhatian kepada keluarga kalian. jadi ada waktu untuk pelayanan ada waktu untuk keluarga, usahakanlah sebisa mungkin untuk tetap mempunyai waktu untuk keluarga.

    Selamat Hari Natal, Tuhan Yesus memberkati

    *****************************
    ~ Sekilas Info …

    Matius 5:20 Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

    artinya dalam hal berbuat baik ataupun saat beribadah, jangan beribadah hanya berdasar rutinitas saja, jangan melakukan kebaikan dengan kebenaran lahiriah saja, karena sebenarnya harus dibarengi dengan sikap hati yang benar pula atau dengan tujuan hati yang benar pula.

    **************************
    ~ Sekilas Info …

    Hakim-hakim
    13:2 Pada waktu itu ada seorang dari Zora, dari keturunan orang Dan, namanya Manoah; isterinya mandul, tidak beranak.
    13:3 Dan Malaikat TUHAN menampakkan diri kepada perempuan itu dan berfirman kepadanya, demikian: “Memang engkau mandul, tidak beranak, tetapi engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki.
    13:4 Oleh sebab itu, peliharalah dirimu, jangan minum anggur atau minuman yang memabukkan dan jangan makan sesuatu yang haram.
    13:5 Sebab engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; kepalanya takkan kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibunya anak itu akan menjadi seorang nazir Allah dan dengan dia akan mulai penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin.”
    13:6 Kemudian perempuan itu datang kepada suaminya dan berkata: “Telah datang kepadaku seorang abdi Allah, yang rupanya sebagai rupa malaikat Allah, amat menakutkan. Tidak kutanyakan dari mana datangnya, dan tidak juga diberitahukannya namanya kepadaku.
    13:7 Tetapi ia berkata kepadaku: Engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; oleh sebab itu janganlah minum anggur atau minuman yang memabukkan dan janganlah makan sesuatu yang haram, sebab sejak dari kandungan ibunya sampai pada hari matinya, anak itu akan menjadi seorang nazir Allah.”
    13:8 Lalu Manoah memohon kepada TUHAN, katanya: “Ya Tuhan, berilah kiranya abdi Allah, yang Kauutus itu, datang pula kepada kami dan mengajar kami, apa yang harus kami perbuat kepada anak yang akan lahir itu.”
    13:9 Maka Allah mendengarkan permohonan Manoah, sehingga Malaikat Allah datang pula kepada perempuan itu, ketika ia duduk di padang dan ketika Manoah, suaminya itu, tidak ada bersama-sama dengan dia.
    13:10 Kemudian perempuan itu segera berlari memberitahukan kepada suaminya, katanya kepadanya: “Orang yang datang kepadaku baru-baru ini menampakkan diri pula kepadaku.”
    13:11 Lalu bangunlah Manoah dan mengikuti isterinya. Setelah sampai kepada orang itu, berkatalah ia kepadanya: “Engkaukah orang yang telah berbicara kepada perempuan ini?” Jawabnya: “Benar!”
    13:12 Lalu kata Manoah: “Dan apabila terjadi yang Kaukatakan itu, bagaimanakah nanti cara hidup anak itu dan tingkah lakunya?”
    13:13 Jawab Malaikat TUHAN itu kepada Manoah: “Perempuan itu harus memelihara diri terhadap semua yang Kukatakan kepadanya.
    13:14 Janganlah ia makan sesuatu yang berasal dari pohon anggur; anggur atau minuman yang memabukkan tidak boleh diminumnya dan sesuatu yang haram tidak boleh dimakannya. Ia harus berpegang pada segala yang Kuperintahkan kepadanya.”
    13:15 Kata Manoah kepada Malaikat TUHAN itu: “Perkenankanlah kami menahan Engkau di sini, supaya kami mengolah anak kambing bagi-Mu.”
    13:16 Tetapi jawab Malaikat TUHAN itu kepada Manoah: “Sekalipun engkau menahan Aku di sini, hidanganmu itu tidak akan Kumakan. Tetapi jika engkau hendak mengolahnya menjadi korban bakaran, persembahkanlah itu kepada TUHAN.” Sebab Manoah tidak mengetahui, bahwa Dia itu Malaikat TUHAN.
    13:17 Kemudian berkatalah Manoah kepada Malaikat TUHAN itu: “Siapakah nama-Mu, sebab apabila terjadi yang Kaukatakan itu, maka kami hendak memuliakan Engkau.”
    13:18 Tetapi jawab malaikat TUHAN itu kepadanya: “Mengapa engkau juga menanyakan nama-Ku? Bukankah nama itu ajaib?”
    13:19 Sesudah itu Manoah mengambil seekor anak kambing dan korban sajian, lalu mempersembahkannya kepada TUHAN di atas batu. Lalu diperbuat-Nya keajaiban, sementara Manoah dan isterinya memandanginya.
    13:20 Sedang nyala api itu naik ke langit dari mezbah, maka naiklah Malaikat TUHAN dalam nyala api mezbah itu. Ketika Manoah dan isterinya melihat hal ini, sujudlah mereka dengan mukanya sampai ke tanah.
    13:21 Sejak itu Malaikat TUHAN tidak lagi menampakkan diri kepada Manoah dan isterinya. Maka tahulah Manoah, bahwa Dia itu Malaikat TUHAN.
    13:22 Berkatalah Manoah kepada isterinya: “Kita pasti mati, sebab kita telah melihat Allah.”
    13:23 Tetapi jawab isterinya kepadanya: “Seandainya TUHAN hendak membunuh kita, maka tidaklah Ia menerima korban bakaran dan korban sajian dari tangan kita dan tidaklah Ia memperlihatkan semuanya itu kepada kita dan tidaklah Ia memperdengarkan hal-hal yang demikian kepada kita pada waktu sekarang ini.”

    NB: yang dimaksud rupa malaikat Allah amat menakutkan adalah bahwa mata Malaikat Allah itu bersinar-sinar seperti atau bagaikan nyala api atau bagaikan bola api atau (seperti matanya avatar), bagi orang awam tentu hal seperti itu menakutkan

    ****************************
    ~ Sekilas Info …

    Daniel 7:9 Sementara aku terus melihat, takhta-takhta diletakkan, lalu duduklah Yang Lanjut Usianya; pakaian-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba; kursi-Nya dari nyala api dengan roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar;
    7:10 suatu sungai api timbul dan mengalir dari hadapan-Nya; seribu kali beribu-ribu melayani Dia, dan selaksa kali berlaksa-laksa berdiri di hadapan-Nya. Lalu duduklah Majelis Pengadilan dan dibukalah Kitab-kitab.
    7:11 Aku terus melihatnya, karena perkataan sombong yang diucapkan tanduk itu; aku terus melihatnya, sampai binatang itu dibunuh, tubuhnya dibinasakan dan diserahkan ke dalam api yang membakar.
    7:12 Juga kekuasaan binatang-binatang yang lain dicabut, dan jangka hidup mereka ditentukan sampai pada waktu dan saatnya.

    7:13 Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapan-Nya.
    7:14 Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.

    7:15 Maka aku, Daniel, terharu karena hal itu, dan penglihatan-penglihatan yang kulihat itu menggelisahkan aku.
    7:16 Lalu kudekati salah seorang dari mereka yang berdiri di sana dan kuminta penjelasan tentang semuanya itu. Maka berkatalah ia kepadaku dan diberitahukannyalah kepadaku maknanya:
    7:17 Binatang-binatang besar yang empat ekor itu ialah empat raja yang akan muncul dari dalam bumi;
    7:18 sesudah itu orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi akan menerima pemerintahan, dan mereka akan memegang pemerintahan itu sampai selama-lamanya, bahkan kekal selama-lamanya.
    7:19 Lalu aku ingin mendapat penjelasan tentang binatang yang keempat itu, yang berbeda dengan segala binatang yang lain, yang sangat menakutkan, dengan gigi besinya dan kuku tembaganya, yang melahap dan meremukkan dan menginjak-injak sisanya dengan kakinya;
    7:20 dan tentang kesepuluh tanduk yang ada pada kepalanya, dan tentang tanduk yang lain, yakni tanduk yang mempunyai mata dan yang mempunyai mulut yang menyombong, yang tumbuh sehingga patahlah tiga tanduk, dan yang lebih besar rupanya dari tanduk-tanduk yang lain.
    7:21 Dan aku melihat tanduk itu berperang melawan orang-orang kudus dan mengalahkan mereka,
    7:22 sampai Yang Lanjut Usianya itu datang dan keadilan diberikan kepada orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi dan waktunya datang orang-orang kudus itu memegang pemerintahan.
    7:23 Maka demikianlah katanya: Binatang yang keempat itu ialah kerajaan yang keempat yang akan ada di bumi, yang akan berbeda dengan segala kerajaan dan akan menelan seluruh bumi, menginjak-injaknya dan meremukkannya.
    7:24 Kesepuluh tanduk itu ialah kesepuluh raja yang muncul dari kerajaan itu. Sesudah mereka, akan muncul seorang raja; dia berbeda dengan raja-raja yang dahulu dan akan merendahkan tiga raja.
    7:25 Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.
    7:26 Lalu Majelis Pengadilan akan duduk, dan kekuasaan akan dicabut dari padanya untuk dimusnahkan dan dihancurkan sampai lenyap.
    7:27 Maka pemerintahan, kekuasaan dan kebesaran dari kerajaan-kerajaan di bawah semesta langit akan diberikan kepada orang-orang kudus, umat Yang Mahatinggi: pemerintahan mereka adalah pemerintahan yang kekal, dan segala kekuasaan akan mengabdi dan patuh kepada mereka.
    7:28 Sekianlah berita itu. Adapun aku, Daniel, pikiran-pikiranku sangat menggelisahkan aku, sehingga aku menjadi pucat; dan aku menyimpan hal itu dalam ingatanku.”

    **************************************
    ~ Sekilas Info …

    I Tawarikh
    21:15 Pula Allah mengutus malaikat ke Yerusalem untuk memusnahkannya, dan ketika hendak dimusnahkannya, maka TUHAN melihatnya, lalu menyesallah Ia karena malapetaka yang hendak didatangkan-Nya itu, lalu berfirmanlah Ia kepada malaikat pemusnah itu: “Cukup! Turunkanlah sekarang tanganmu itu!” Pada waktu itu malaikat TUHAN itu sedang berdiri dekat tempat pengirikan Ornan, orang Yebus.
    21:16 Ketika Daud mengangkat mukanya, maka dilihatnyalah malaikat TUHAN berdiri di antara bumi dan langit, dengan di tangannya pedang terhunus yang diacungkan ke atas Yerusalem. Lalu dengan berpakaian kain kabung sujudlah Daud dan para tua-tua.
    21:17 Dan berkatalah Daud kepada Allah: “Bukankah aku ini yang menyuruh menghitung rakyat dan aku sendirilah yang telah berdosa dan yang melakukan kejahatan, tetapi domba-domba ini, apakah yang dilakukan mereka? Ya TUHAN, Allahku, biarlah kiranya tangan-Mu menimpa aku dan kaum keluargaku, tetapi janganlah tulah menimpa umat-Mu.”
    21:18 Kemudian malaikat TUHAN menyuruh Gad mengatakan kepada Daud, bahwa Daud harus pergi untuk mendirikan mezbah bagi TUHAN di tempat pengirikan Ornan, orang Yebus itu.
    21:19 Lalu pergilah Daud, sesuai dengan perkataan Gad yang diucapkannya demi nama TUHAN.
    21:20 Ornan sedang mengirik gandum; ketika ia memalingkan diri, dilihatnyalah malaikat itu; keempat anaknya yang bersama-sama dengan dia menyembunyikan diri.
    21:21 Ketika Daud sampai kepada Ornan, maka Ornan mengangkat mukanya dan melihat Daud, lalu keluarlah ia dari tempat pengirikan, kemudian sujudlah ia kepada Daud dengan mukanya ke tanah.
    21:22 Berkatalah Daud kepada Ornan: “Berikanlah kepadaku tempat pengirikan ini, supaya aku mendirikan di sini mezbah bagi TUHAN; baiklah berikan itu kepadaku dengan harga penuh, supaya tulah ini berhenti menimpa rakyat.”
    21:23 Jawab Ornan kepada Daud: “Ambillah, dan baiklah tuanku raja melakukan apa yang dipandangnya baik. Lihatlah, aku berikan lembu ini untuk korban bakaran dan eretan-eretan pengirik ini untuk kayu bakar dan gandum untuk korban sajian, semuanya itu kuberikan.”
    21:24 Tetapi berkatalah raja Daud kepada Ornan: “Bukan begitu, melainkan aku mau membelinya dengan harga penuh, sebab aku tidak mau mengambil milikmu untuk TUHAN dan tidak mau mempersembahkan korban bakaran dengan tidak membayar apa-apa.”
    21:25 Maka Daud memberikan kepada Ornan sebagai bayaran tempat itu emas seberat enam ratus syikal.
    21:26 Lalu Daud mendirikan di sana mezbah bagi TUHAN, mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan dan memanggil TUHAN. Maka TUHAN menjawab dia dengan menurunkan api dari langit ke atas mezbah korban bakaran itu.
    21:27 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada malaikat itu supaya dikembalikannya pedangnya ke dalam sarungnya.
    21:28 Pada waktu itu juga Daud mempersembahkan korban di sana, ketika ia melihat, bahwa TUHAN telah menjawab dia di tempat pengirikan Ornan, orang Yebus itu.
    21:29 Kemah Suci, yang dibuat Musa di padang gurun, dan mezbah korban bakaran pada waktu itu ada di bukit pengorbanan di Gibeon,
    21:30 tetapi Daud tidak berani pergi ke sana berhadapan dengan Allah untuk menanyakan petunjuk-Nya, sebab ia takut kepada pedang malaikat TUHAN itu.

    **********************************
    ~ Sekilas Info …

    Kejadian
    22:11 Tetapi berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepadanya: “Abraham, Abraham.” Sahutnya: “Ya, Tuhan.”
    ——————-
    Yesus itu juga disebut Malaikat Perjanjian

    aku percaya Malaikat TUHAN itu adalah Yesus sebelum jadi manusia

    *************************************
    ~ Sekilas Info …

    Yesus memang tidak layak disebut Tuhan,
    berdasar yang termasuk kapasitas manusiaNya, kualitas manusiaNya, bahkan Kapasitas KeilahianNya.

    dalam kualitas manusia, Yesus adalah Manusia biasa, yang bisa dicobai, yang bisa menjadi heran, yang juga bisa menderita

    dalam kapasitas Manusia, Yesus adalah Manusia Ilahi (Manusia yang tidak pernah berdosa)

    dalam kapasitas Keilahian, Yesus adalah Malaikat Allah/Malaikat Tuhan(tapi bukan makhluk), yang bisa juga disebut sebagai Malaikat Perjanjian

    jadi dalam kesemuanya itu, Yesus tetap berstatus sebagai Utusan

    ******************************
    ~ Sekilas Info …

    namun berdasar Kualitas Keilahian YESUS sangat layak diSebut sebagai TUHAN diatas segala tuhan, Satu-satunya TUHAN, karena KualitasKeilahian Yesus adalah KulaitasKeilahian AllahBapa itu sendiri, maka ada NAMA BAPA pada KualitasKeilahian Yesus, karena itulah dalam hal ini Yesus tidak bisa disebut Utusan, Yesus tidak bisa disebut AnakAllah, tapi ALLAH

    Keluaran 23:21 Jagalah dirimu di hadapannya dan dengarkanlah perkataannya, janganlah engkau mendurhaka kepadanya, sebab pelanggaranmu tidak akan diampuninya, sebab nama-Ku ada di dalam dia.

    Yesaya 9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

    Wahyu 21:22 Dan aku tidak melihat Bait Suci di dalamnya; sebab Allah, Tuhan Yang Mahakuasa, adalah Bait Sucinya, demikian juga Anak Domba itu.

    Wahyu 1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: “Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
    1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.

    Wahyu 1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, — bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
    1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
    1:8 “Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.”

  38. kristen dan hindu itu sama! sama2 nyembah tiga tuhan TRINITAS dan TRIMURTI, sama2 nyembah patung wkwkw! dan sama2 tuhan nya nyamar jd manusia wkwkwk! DOSA SYIRIK NYEMBAH SESAMA MANUSIA ! kristen dan hindu sama2 bikinan orang yahudi yaitu PAULUS!!!!!!

  39. @ Hamba Allah,
    Anda menuduh tanpa sodorkan apapun bhw saya ustadz gadungan?
    AKU MENJAWAB RINGAN SAJA:

    Gadungan mana aku dg nabi besarmu?
    SIAPA YG SUDAH TAHBISKAN MUHAMMAD SEBAGAI NABI ALLAH? DIMANA ITU? APA KATA2 PENTAHBISANNYA? Itu makanya aku jadi murtad, dan karena murtad, kau istilahkan gadungan? BERTOBATLAH DG BERANI! FAHAM?

  40. hahahaha….NABI KALIAN SEMUA PALSU..ALKITAB INJIL KITAB ALQURAN..ISINYA DONGENG LEGENDA RIBUAN TAHUN..TURUN TEMURUN DI NYANYIKAN ANAK CUCU MANUSIAAAA..BENAR TIDAKNYAA KALIAN JUGA GAK ADA BUKTI.BUKTI CUMA MERUJUK BUKU INJIL DAN BUKU QURAN..KALO MAU CARI BENAR JANGAN DI DUNIA NNTI KALO SUDAH MATI CARI DISANAAA…DI ALAM YANG BERBEDA..DUNIA ISINYA MUNAFIK DAN SOMBONG..MAU MENANGNYA SENDIRII..KACAUU KALIAN SEMUA UMAT MANUSIAAAAAAAA…HAHAHAHAHAHAHAHAHA PAAAAYAAAAHHH

  41. Hamba Allah says:
    July 27, 2016 at 5:47 am

    @ustadmenjawab, anda nyamar jadi ustaz gadungan. >> kosong
    Masih pake cara jahiliah untuk memfitnah Islam?>>kosong
    Dasar kafir, memang begitulah cara orang kafir berbuat. >>kosong
    Gua ganti aja nama lu menjadi si @kafirun2 dodol.>>kosong
    Begini ya @kafirun2 dodol, karena otak lu bau dodol jadi gua rasa gaj perlu menanggapi koment lu, lu masih bau kencur, cocok buat jamu. >>kosong
    Hahaha….>>kosong
    ====
    Kosong semua. Mana isinya?

  42. Berusaha dengan giat merubah pola pikir dari agomo ke pola pikir kasih karunia.
    Syariat kasih dan Amanat Agung.
    Golnya Langit baru bumi baru.

  43. Sebenarnya bagi kami tidak penting sama sekali tentang asli atau palsu Alquran, tetapi mari kita lihat bukti catatan dan beberapa bukti temuan Alquran kuno. (ayo cek di google)
    1. Menurut Aisyah (Hadis) ayat-ayat Alquran sebahagian hilang di makan kambing.
    2. Alquran Syiah dan Sunni BEDA
    3. Alquran sisa yg hilang, disusun kembali setelah Muhammad wafat oleh Abu Bakar dan bukti asli di bakar oleh Abu Bakar.
    4. Hasi temuan Alquran di Yaman menyimpulkan :
    Perbedaan Alquran yg sekarang dgn Alquran Yaman adalah : sangat mencengangkan.
    5. Hasil temuan Alquran di Inggris menunjukkan :
    Alquran sudah dikonseb sebelum wahyu Alloh dikeluarkan.
    Bagi kami kepalsuan Alquran itu tidaklah penting, karena sumbernya bukan ucapan atau Firman Tuhan.

    Bagi umat Islam Alkitab yg asli adalah apa yg tertulis di Alquran tentang kisah nabi di Alkitab. Sehingga Alkitab yg sudah ada 700-1000 tahun sebelum Alquran sudah bisa dipastikan semua palsu. Padahal Alkitab yg di ciplak Muhammad adalah Kitab Anti Kristus.
    Alkitab kami tidak perlu dibahas oleh orang lain yg tidak mengenal Tuhan. Apapun isinya itu bukan urusan Islam. Ingat Tuhan kita BEDA Ajaran juga BEDA dan BERTOLAK BELAKANG.
    Islam dgn Hindu dan Budah juga Tuhan BEDA Ajaran BEDA.
    Coba tanya sama agama Hindu dan Budha apakah Kitab mereka mau diobok-obok sama orang Islam??
    Hanya orang yg tidak waraslah yg mau mencampuri urusan Kitab agama lain.
    GBU

    1. Benar sekali @setia budi. Makanya saya hera kok si @hamba allah berani2nya ngomong kalau dia dan para muslim (konsensusnya kapan dan dimana) tidak akan murtad karena baca BLOK ini tetapi dia sibuk menyangkal isi BLOK ini. Kan terlihat siapa yang bodoh disini.

      Otaknya gak nyampe tapi sok pinter, saya ketipu omongan manisnya didepan. Sewaktu gak bisa berdebat dengan manis, langsung deh keluar sumpah serapah.

      Sayà menghimbau Muslim, anda boleh dan bisa berdebat dengan cerdas asal tidak mengikuti gaya si @hamba allah. Terutama coba bertanya dan berpikir semua yang saya ajukan, cari dan riset. Bila apa yang saya tulis salah, sanggahlah tulisan saya disini. Dengan begitu anda akan dapat respect dr pengunjung lain termasuk saya.

  44. buat ontohod dan hamba allah..kalau ingin mengklaim bahwa al quran,alloh dan rosulluloh yg paling benar adalah tolong pelajari al kitab injil dan sebagainya dulu dari sumbernya,baik dari injil yg asli yg berbahasa ibrani atau yunani maupun dari hasil pemikiran atau hasil syaduran para paus dan pendeta yg sekarang sdh jadi pegangan dan di imani kaum nasrani..jadi bisa menghasilkan jawaban yg jelas dan baik, kaum nasrani dan yahudi sdh banyak yg mempelajari al quran dan menafsirkan sendiri dengan pemikiran masing2..nahh buat hamba allah jika ingin menghancurkan musuh maka masuk kerumahnya dengan jalan menyamar dan mempelajari apa yg mereka lakukan jadi anda tidak bodoh dihadapan orang orang ini…coba pelajari saja dulu…pinjam lah injil dari teman anda..terus cari injil keluaran asli nya yg belum di rubah oleh pendeta dan paus…pasti ada jawaban…seperti dr.zakir naik..beliau telah mempelajari semua kitab..baik hindu..budha..nasrani dan yahudi…dari yg asli sampai yg edisi editan..baru anda bisa di sebut hebat…selamat belajar buat hamba allah…shalom

    1. @muhamad patrick, anda suruh saya mempelajari injil?? Mencari injil yg asli?? Untuk menyamar menghancurkan musuh?? Itu hanya cara orang munafik. Seperti itulah cara orang munafik menghancurkan Islam, sama persis yg seperti anda sebutkan diatas. Dari zaman dulu sampai sekarang, orang yahudi dan nasrani selalu menggunakan cara itu sehingga mereka menyalah artikan, menyalah tafsirkan dan mendustakan isi ayat2 Alquran (makanya mereka, yahudi dan nasrani digolongkan orang2 kafir, itu pasti). Tapi mereka lupa, Allah Maha Pelindung dan Maha Menjaga ayat2 Alquran. Tidak seorangpun bisa mengubah isi dan tulisan ayat2 Alquran, bahkan satu titik atau satu tanda bacapun!!! Tidak ada perbedaan sedikitpun isi dan bacaan Alquran di bumi Allah SWT ini dari pertama diwahyukan sampai sekarang dan bahkan sampai akhir zaman nanti. (berbeda dgn injil dan kitab2 agama lain, yg berbeda bangsa berbeda pula bahasanya, sehingga berbeda2 pula arti dan penafsirannya). Itu suatu kepastian yg tidak terjangkau oleh ilmu pengetahuan. Mengenai Zakir Naik, beliau menguasai dan hapal isi kitab2 agama lain bukan untuk tujuan menghancurkan musuh, tetapi hanya untuk mencari kebenaran, dan mengajari umat ke jalan yang benar.

      1. Hamba Allah. Anda berkata: “Tapi mereka lupa, Allah Maha Pelindung dan Maha Menjaga ayat2 Alquran. Tidak seorangpun bisa mengubah isi dan tulisan ayat2 Alquran, bahkan satu titik atau satu tanda bacapun!!”
        AKU BERTANYA RINGAN SAJA:
        QURAN ATAU INJIL KAH yg lebih berotoritas dimata ALLAH sendiri ? Quran diturunkan kpd Muhamad oleh siapa? Mahkluk Jibril bukan? Tapi SIAPA yg mengajarkan Injil kpd Isa? ALLAH SENDIRI! Jadi mana yg akan lebih dijagai Allah? Faham?

      2. Pak Ustadz, si @hamba allah, gagal paham karena otaknya gak nyampe.

        Mungkin kalau belajar dengan benar dan buka hanya cari2 kesalahan dengan copas dr google, dia bs lbh pintar

      3. @ustadmenjawab, anda nyamar jadi ustaz gadungan. Masih pake cara jahiliah untuk memfitnah Islam? Dasar kafir, memang begitulah cara orang kafir berbuat. Gua ganti aja nama lu menjadi si @kafirun2 dodol. Begini ya @kafirun2 dodol, karena otak lu bau dodol jadi gua rasa gaj perlu menanggapi koment lu, lu masih bau kencur, cocok buat jamu. Hahaha….

      4. @kafirun dodol bebal, lu jgn ngadu2 sama si @kafirun2 dodol. Lu berdua sama2 dodol, ntar gua sumpahin jadi terasi lu. Lu laksanakan aja perintah gua kemaren, gimana udah belum? Udah ngerti belum, dodol? Jgn lari2 lu, dodol….hahaha.(banyak bgt orang kafir jadi dodol). Ngerokok dulu ahhhh….

    2. @muhamad patrick, dan umat nasrani. Mengenai injil tidak usah dibahas lagilah, isinya sebagian besar bukanlah ucapan2 Yesus, tapi hanya karangan ucapan2 yang dibuat-buat oleh orang2 yg mendustakan firman Allah. Pernyataan ini juga disebutkan oleh hasil pertemuan pastor2, pendeta2, petinggi2 nasrani seluruh dunia yg diadakan baru2 ini di Eropa. Bisa anda cari sendiri informasinya. InsyaAllah nanti saya akan kasi jg kepada anda. Terimakasih.

      1. Gimana kalau kita bahas quran surah 3:54 aja. Apa isinya yang benar kalau bukan khairil makiriin?

      2. Buat si penulis yang pendusta, coba anda baca “The Five Gospels”. Itu kitab injil lu edisi terbaru, mudah2an lu dapat hidayah.

  45. @Hamba Alloh-nya makhluk Goa Hira.
    Itulah BEDA Tuhan kami dgn Alloh makhluk Goa Hira.
    Tuhan kami rela menjadi manusia bahkan rela mati sebagai tumbal penebusan dosa manusia (Cucu-cucu Adam dan Hawa) bukan karena salah dan dosa Yesus. Tetapi agar manusia yg mau menerima Tuhan Yesus bisa bersama-sama dgn Dia yg telah bangkit dari kematian dan terangkat ke Surga.
    BEDA dgn Alloh makhluk Goa Hira yg mengorbankan manusia (baik yg jihad maupun korban-korbannya) agar umatnya yg laki-laki bisa bermaksiat (pesta sex dan mabuk-mabukan) dgn 72 bidadari di Sorga Hayalan Muhammad. Haram di bumi HALAL di Surga Islam.
    Bunuh diri dan membunuh orang banyak, HALAL bagi Alloh makhluk Goa Hira sangat sadis dan HARAM bagi Tuhan kami.
    Kami bersyukur Tuhan kami sangat menyangi umatnya dan tidak akan pernah haus darah manusia (darah Ishakpun Tuhan tidak inginkan walaupun nabi Abraham rela dan ikhlas menyembelih anaknya seperti yg dikatakan Tuhan untuk menguji iman nabi Abraham)
    Tuhan Yesusku rela mencurahkan darahNya untuk menebus dosa dan mati buat manusia, Terima kasih Tuhan Yesus.
    GBU

    1. @akshay, Itu si yohanes yg bilang. Tapi Yesus gak pernah bilang begitu. Si yohanes itu tukang tipu dan kafir, mendustakan wahyu Allah.

    2. @akshay, apakah anda mempercayai Yesus? (Tentu saja “Ya”). Apakah anda yakin Yesus mati disalib” (mungkin anda jawab “Ya” juga). Jadi anda yakin Tuhan mati? (Kalau berdasarkan jawaban anda di atas, seharusnya anda konsisten juga menjawabnya “Ya” juga untuk pertanyaan ini. Tapi anda tidak yakin dengan “Ya” menjawabnya. Tidak mungkin Tuhan mati. Tentu saja anda yakin Tuhan tidak mati (atau Tuhan pura2 mati?). Tuhan itu yang menghidupkan dan mematikan makhluk ciptaannya, Maha Pencipta dan Maha Mematikan), tidak mungkin Tuhan dimatikan oleh manusia apalagi oleh orang kafir kan?? Tentu saja manusia tidak dapat membunuh Tuhan bukan? Bayangkan anda seorang penguasa, tentu saja anda tidak rela ada pengkhianat yang berencana membunuh anda bukan? Pasti anda yang akan membunuh pengkhianat itu duluan bukan? Yang lain lagi: Anda atau umat Nasrani mungkin sering mengucapkan ini bila berdo’a, “Salam Maria ibu Tuhan”. Jadi jika Maria ibu Tuhan, tentu saja Maria jadi Tuhan lebih baik daripada Yesus bukan? Anda harusnya berfikir: Tuhan selayaknya tidak dengan awal dan tidak dengan akhir, Tuhan tidak dilahirkan dan tidak dimatikan. Yang lain lagi: Anda tentu tahu adanya pengakuan dosa kepada Pastor, supaya dosa orang Nasrani diampunkan. Lalau tidak ada pengakuan dosa ke pastor maka dosa anda tidak akan diampunkan Tuhan Yesus. Jadi apakah anda yakin komunikasi anda kepada Tuhan harus melalui manusia dulu? Tidak langsung dengan Tuhan? Bayangkan jika pastor sedang sakit atau lagi berhalangan karena suatu urusan misalnya sehingga dia terlambat menemui anda, sehingga anda terlambat memohon ampunan dosa dan bertobat kepada Tuhan sehingga anda mati sebelum sempat bertemu pastor untuk pengakuan dosa?? (Disini apakah pastor menjadi Tuhan, atau Tuhan menjadi manusia?). Renungkanlah. (Ini juga buat si @kafirun Laknatullah dan si @alkhanseer yang mau bermain “Logika”.

    3. @kafirun laknatullah si bebal yang dodol….kemaren lu bilang surat Maryam 54, sekarang ganti lagi surat 3:54. Dasar dodol lu, makanya jgn telan tu fitnah mentah2. Saran gua, lu buka Alquran baca dan pelajari Surat Ali ‘Imran (3) 1-200 (ada 200 ayat) supaya lu ngerti. Setelah itu baru lu copas2 deh ama gue. Soalnya males gue ngomong klu lu masih dodol….hahaha…dodol kentut si @kafirun, buang2 waktu gue aja.

      1. Ya ada kesalahan menulis nama surah. Skrg bagaimana kalau anda menjawab pertanyaan apa isi surah 3:54. Tidak perlu memaki2 karena hanya akan menunjukkam level pendidikan dan pemgetahuan anda. Ntar ketauan pembaca lain siapa yang sebenarnya tolol.

        Anda hanya teriak2 tanpa esensi. Coba bicara yang sedikit intelek.

        Kemaren blg tdk mau bahas Injil, skrg Injil dikeluarkan lagi.

        Bagaimana? Injil atau Quran?

      2. @kafirun dodol, lu udah baca belum ayat 1-200 Surat itu? Atau biar gak capek lu baca aja dari ayat 49-56 aja. Setelah itu baru lu komen, biar nyambung ke otak lu yg dodol itu klu mau tahu penjelasan gue. Capek gue menjelaskan kalau lu masih dodol. Biar gak asal tafsir aja. Jgn lu sama-in baca injil dengan menafsirkan Alquran. Ngerti lu dodol…gue ngopi2 dulu sambil nunggu si kafirun dodol baca Surat 3 (ayat 49-56). Sok2 nantangin gue si dodol. Ngakunya intelek segala, pake istilah level pendidikan pula…tapi ternyata dodol. Ok dodol, gue tunggu ya dol….

  46. Tahu apa Muhammad dgn Tuhan?? Apakah dia pernah jumpa dgn Tuhan??
    Alquran apakah Firman Tuhan??
    Sudah jelas Alquran ayat-ayat yg diucapkan makhluk Goa Hira, apakah makhluk itu Tuhan??
    Kalau tidak ada ucapan Tuhan di Alquranmu, tidak akan pernah Ajaran Alquran menuntun hidupmu ke Surga.
    Ajaran Kebencian dan Permusuhan di Alquranmu melulu lantakkan Timur Tengah dgn perang. Ke negara orang-orang kafirlah umat Islam di Eropah mencari perlindungan. Apakah tidak menyalahi aturan Alquran sendiri tempat mencari perlindungan??
    Karena mereka tahu Tuhan menjaga mereka di Eropah, dan Alloh kalian itu akan membunuh semua manusia yg tidak menyembah dia.
    GBU

  47. Azab yang dijanjikan oleh nabi Muhammad terhadap kaum Kafir , Yahudi dsb tidak pernah terjadi … karena : Allah swt bukanlah Tuhan semesta Alam , sebab Tuhan semesta Alam tidak akan pernah menipu ummat manusia seperti yang tertulis dalam surah Ar Rad 13 , tidak pernah menyesatkan ummatNya seperti yang tertulis dalam surah An Nisa 4 . 88 — Al Kahf 18 . 17 .
    Menipu dan menyesatkan adalah Mutlak sifat dari IBLIS .

    1. @Saudaraku Zaenab, Azab Allah SWT: “Dan di antara orang2 yang mengatakan ‘Kami ini orang Nasrani,’ Kami telah mengambil perjanjian mereka, tetapi mereka sengaja melupakan sebagian pesan yg telah diperingatkan kepada mereka, maka Kami timbulkan PERMUSUHAN dan KEBENCIAN di antara mereka hingga hari kiamat. Dan kelak Allah akan memberitakan kepada mereka apa yg telah mereka kerjakan” (Almaidah 14). Saudaraku Zaenab, salah satu azab Allah sudah tampak kamu lihat dan terbukti.

    2. Tambahin @zaenab surah maryam 54: allah adalah khairul makiriin, ada Muslim yang berani menerjemahkan arti sebenarnya dari khairul makiriin? nama ke 100 allah yang tidak pernah diberitahukan kepada Muslim. PENIPU DAYA TERBESAR! WOWWW

      coba kita lihat @hamba allah kebakaran jenggot gak berusaha menangkis ayat ini. katanya gak bakalan ada Muslim yang bakalan murtad, karena ini blog lelucon. Yang lebih lucu lagi adalah mempercayai isi Quran! Lelucon tingkat surga!

      1. @kafirun, anda memang kafir Laknatullah. Karena anda mendustakan ayat2 Allah SWT. Isi surat Maryam 54 bukan seperti yg anda tulis.

      2. Hahahaha seperti sudah disangka sebelumnya. @hamba allah kebakaran jenggotnya.

        Kalau bukan seperti yang saya tulis, lalu apa isi surah maryam 54? Anda ngerti bahasa arab? Coba anda jelas apa arti khairul makiriin.

        Anda masih yakin tidak ada yang murtad kalau tahu arti khairul makiriin?

        Ini asma allah yang ke-100 yang tidak berani dituliskan oleh muslim, karena artinya PENIPU DAYA TERBESAR.

      3. @kafirun Laknatullah, anda tidak tahu karena anda memang tidak mengetahuinya, sehingga anda sok tahu dan mengada adakan yg tidak ada, dusta dan fitnah, begitulah injil mengajarkan umatnya, penuh dusta dan fitnah, mengada adakan yg tidak ada dan menyembunyikan kebenaran yg ada. Sesungguhnya itu adalah perbuatan setan iblis. Seharusnya anda sadar bahwa orang kafir tidak akan pernah tahu isi dan makna yg terkandung dalam Alquran, sesungguhnya mereka hanya bisa menghina, mencaci dan memfitnah saja.

      4. @kafirun laknatullah yang bebal. Surat Maryam 54 bukan begitu isinya, dan tidak ada sifat Allah yang seperti lu tulis itu, trus pake yang ke 100 lagi. Kan klu gini lu ngarang lelucon baru lagi nih, dasar setan laknatullah lu. Jangan ngutip2 Alquran lah klu gak ngerti. Mending lu pikirin aja tuhan yesus lu itu, kenapa tuhan yesus lu gak bisa nyelametin diri saat disalip??? Katanya juru slamet….eh selamat. Kog gak bisa selamat, tuhan yesus lu kog bisa mati??? Ngopi dulu ah…sambil merokok…hihihi

      5. Kalau bukan seperti itu lalu seperti apa, anda ngeles2 aja jawabnya. Ngaku aja anda gak ngerti isinya. Atau bisa baca tapi gak tau artinya. Atau tau artinya tapi gak berani nipu karena itulah nama ke 100 allah swt, khairul makirii .

  48. ZN sudah baca dulu apa yg tidak ada tertulis di Alkitab maka ayat yg tidak ada itu dipaksa untuk dihadirkan. Dia naikkan taruhan “all in” sampai rela masuk Kristen.
    ZN harusnya tahu kalau di agama, berjudi itu haram, sampai berani taruhan iman segala.

    Islam pada dasarnya bingung dan tidak mengenal Alloh dgn jelas dan pasti.
    Ada keinginan kuat memilih Tuhan Israel, tetapi sahadat tidak percaya Tuhan walaupun Alquran tahu dan ada kata Tuhan para nabi Israel, tetapi menyembah Alloh ex Alloh Pagan Arab.
    Itu sebabnya disadari atau tidak ulama dan umat Islam menyebutkan Tuhan sama dgn Alloh.
    Tidak akan mungkin Islam kenal Tuhan tanpa Firman Tuhan. Firman Tuhan sumbernya dari Tuhan kepada nabi-nabi Israel. Bukan melalui malaikat di Alquran. Malaikat gelap si Iblis juga ada. Jangan sembarang terima ayat untuk persoalan akhirat.
    GBU

    1. Saudaraku @setia budi, 1.”Sungguh telah kafir orang2 yg berkata, “Sesungguhnya Allah itu dialah Al-Masih putra Maryam”. Padahal Al-Masih berkata, “Wahai Bani Ismail! Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”. Sesungguhnya barang siapa mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka sungguh Allah telah mengharamkan surga baginya, dan tempatnya ialah neraka. Dan tidak ada seorang penolong bagi orang2 zalim itu”. (Almaidah 72)
      2. “Sungguh telah kafir orang2 yg mengatakan bahwa Allah adalah salah satu dari yg tiga, padahal tidak ada Tuhan yang berhak disebuah selain Tuhan Yang Maha Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yg mereka katakan, pasti orang2 yg kafir di antara mereka akan ditimpa azab yg pedih”. (Almaidah 73). 3. “Al-Masih putra Maryam hanyalah seorang Rasul. Sebelumnya pun sudah berlalu beberapa Rasul. Dan ibunya seorang yg berpegang teguh pada kebenaran. Keduanya biasa memakan makanan (seperti halnya manusia, butuh makan, minum dan sebagainya). Perhatikanlah bagaimana Kami menjelaskan ayat-ayat (tanda2 kekuasaan) kepada mereka (Ahli kitab/yahudi dan nasrani), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka dipalingkan oleh keinginan mereka” (Almaidah 75). 4. “Katakanlah (Muhammad), ‘Wahai Ahli kitab! (Yahudi dan nasrani) Janganlah kamu berlebih bergandengan cara yang tidak benar dalam agamaku. Dan janganlah kami mengikuti keinginan orang2 yg telah tersesat dahulu dan telah menyesatkan banyak manusia, dan mereka sendiri tersesat dari jalan yg lurus”. (Almaidah 77). 5. “Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, ‘Wahai Isa putra Maryam! Lengkaplah yg mengatakan kepada orang orang, Jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua Tuhan selain Allah?’ (Isa) menjawab, “Maha Suci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yg bukan hak ku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yg ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Lengkaplah yg mengetahui segala yg gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yg Engkau perintahkan kepadaku, yaitu “Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah2 mereka. Maka setelah Engkau mengangkatnya ke langit, Lengkaplah yg mengawasi mereka. Dan Lengkaplah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu”. (Almaidah 116 – 117).

    2. Saudaraku @setia budi, 1.”Sungguh telah kafir orang2 yg berkata, “Sesungguhnya Allah itu dialah Al-Masih putra Maryam”. Padahal Al-Masih berkata, “Wahai Bani Israil! Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”. Sesungguhnya barang siapa mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka sungguh Allah telah mengharamkan surga baginya, dan tempatnya ialah neraka. Dan tidak ada seorang penolong bagi orang2 zalim itu”. (Almaidah 72)
      2. “Sungguh telah kafir orang2 yg mengatakan bahwa Allah adalah salah satu dari yg tiga, padahal tidak ada Tuhan yang berhak disebuah selain Tuhan Yang Maha Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yg mereka katakan, pasti orang2 yg kafir di antara mereka akan ditimpa azab yg pedih”. (Almaidah 73). 3. “Al-Masih putra Maryam hanyalah seorang Rasul. Sebelumnya pun sudah berlalu beberapa Rasul. Dan ibunya seorang yg berpegang teguh pada kebenaran. Keduanya biasa memakan makanan (seperti halnya manusia, butuh makan, minum dan sebagainya). Perhatikanlah bagaimana Kami menjelaskan ayat-ayat (tanda2 kekuasaan) kepada mereka (Ahli kitab/yahudi dan nasrani), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka dipalingkan oleh keinginan mereka” (Almaidah 75). 4. “Katakanlah (Muhammad), ‘Wahai Ahli kitab! (Yahudi dan nasrani) Janganlah kamu berlebih-lebihan dengan cara yang tidak benar dalam agamamu. Dan janganlah kamu mengikuti keinginan orang2 yg telah tersesat dahulu dan telah menyesatkan banyak manusia, dan mereka sendiri tersesat dari jalan yg lurus”. (Almaidah 77). 5. “Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, ‘Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yg mengatakan kepada orang orang, Jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua Tuhan selain Allah?’ (Isa) menjawab, “Maha Suci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yg bukan hak ku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yg ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah yg mengetahui segala yg gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yg Engkau perintahkan kepadaku, yaitu “Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah2 mereka. Maka setelah Engkau mengangkatku ke langit, Engkaulah yg mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu”. (Almaidah 116 – 117).

      1. Hamba Allah. Anda berkata: “Tapi mereka lupa, Allah Maha Pelindung dan Maha Menjaga ayat2 Alquran. Tidak seorangpun bisa mengubah isi dan tulisan ayat2 Alquran, bahkan satu titik atau satu tanda bacapun!!”

        AKU BERTANYA RINGAN SAJA:
        QURAN ATAU INJIL KAH yg lebih berotoritas dimata ALLAH sendiri ? Quran diturunkan kpd Muhamad oleh siapa? Mahkluk Jibril bukan? Tapi SIAPA yg mengajarkan Injil kpd Isa? ALLAH SENDIRI! Jadi mana yg akan lebih dijagai Allah? Faham?

  49. ZAKIR NAIK ADALAH SEORANG DIANTARA JUTAAN MUSLIM BODO YANG BERSUMPAH AKAN MURTAD BILA ADA KALIMAT YESUS: AKULAH TUHAN! KINI KITA LIHAT BHW SUMPAH MEREKA UTK MURTAD- KPD YESUS TUHANPUN AKAN DIDAMPARAT OLEH YESUS:
    “ENYAHLAH ENGKAU IBLIS!”

    1. @ ONTOHOD

      Dengan sekali debat 1 menit saja selesai sudah perbantahan kita:
      ‘”MENURUT QURAN, SIAPA YANG LEBIH BESAR, LEBIH SUCI, LEBIH KUASAMUKJIZATNYA:
      YESUS ATAU MUHAMMAD?”

      1. @kafirun, lu dodol kentut. Pengen tahuuu…aja. Dikasih tahu juga gak ngerti si dodol kentut. Udahlah dodol, mending lu pikirin aja kenapa yesus bisa jadi Tuhan. Klu lu punya logika (tapi lu dodol sih..), yg namanya manusia tu sampai kapanpun tetap manusia gak akan pernah jadi Tuhan. Sama kayak lu, sekali dodol sampai kapanpun tetap dodol, gak akan pernah jadi donat. Ngerti lu dodol??? Dasar dodol!!

      2. @kafirun laknatullah si dodol kentut, setiap lu koment semakin memperjelas ke-dodol-an lu bau kentut (tambahin kentut keledai). Pake otak kentut lu itu, lu gak nyimakkan tulisan gua di atas percuma aja gua nulis capek2 tapi dasar si dodol kentut ini gak ngerti2 juga. Pake logika kentut lu, kalau lu punya pembantu di rumah apa lu terima pembantu lu manampar lu?? Demikian juga Tuhan. Lu pikir Tuhan terima disiksa oleh manusia??? (PAKE OTAK LU DODOL!!!) Ngapain juga Tuhan repot2 menjadi manusia untuk disiksa?? Dasar koplak si kafirun dodol kentut.

      3. @kafirun dodol kentut. Tambahan lagi nih buat lu kentut. Yang namanya manusia dari dulu sampai kapan pun tetap menjadi manusia, gak akan pernah menjadi dodol apalagi menjadi Tuhan. Demikian juga Tuhan gak akan mungkin menjadi manusia (jadi lu pikir Tuhan pura2 jadi manusia gitu??? koplak lu kampret). Tapi kecuali lu @kafirun, lu kemaren dodol sekarang jadi kentut, besok jadi kencing, trus lusa bisa jadi berak. Hahaha….ngerokok dulu ah sambil ngebayangin si @kafirun jadi berak….wkwkwk….

  50. Begitulah muslim yg frustasi krn olloh swtnya tdk mampu memujudkan kutukannya kpd bangsa israel menjadi monyet & babi, akhirnya mencari celah ” KETUHANAN YESUS “, maklum sj krn terlalu sering kplnya di jedotin ke lantai jd otaknya jadi Begitulah muslim yg frustasi krn olloh swtnya tdk mampu memujudkan kutukannya kpd bangsa israel menjadi monyet & babi, akhirnya mencari celah ” KETUHANAN YESUS “, maklum sj krn terlalu sering kplnya di jedotin ke lantai jd otaknya jadi tumpul

  51. wuiiiihh! Ini baru tamparan KO utk muslim2 yang konyol menantang Yesus! TRIMA KASIH ADMIN
    Semoga ada ulama islam yang mampu membantahi artikel ini dg fakta2 Injil! ADA?

    1. @Hampir mualaf, gak perlu capak2 ulama muslim yg bantah karangan si admin kafir itu. Orang kafir (kristen dan yahudi) sendiri yg akan membantahnya. Bahkan di dalam kitab anda sendiri injil sudah membantahnya. Makanya baca injil anda itu baik2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *