BlogNabi-nabi

Benarkah Muhammad itu Ummi (Buta Huruf)? – Menurut Hadis Tidak Demikian!

Muslim seantero jagat raya percaya bahwa Nabi mereka Muhammad saw adalah seorang yang ummi atau buta huruf; tidak bisa membaca maupun menulis. Inilah salah satu alasan mengapa mereka mengklaim bahwa Qurโ€™an itu sempurna karena langsung diwahyukan oleh Allah melalui perantaraan malaikat Jibril โ€“ bebas dari pengaruh manusia โ€“ sebab disampaikan oleh orang yang tidak bisa membaca ataupun menulis.

Apakah ini klaim yang valid?

Jika kita meneliti beberapa hadis yang sahih, ternyata ini adalah sebuah klaim yang penuh dengan kebohongan.

Perhatikan beberapa hadis dibawah ini, yang banyak mencatat mengenai tulisan Muhammad:

Diriwayatkan Anas bin Malik: Suatu ketika Nabi menulis sebuah surat atau mempunyai gagasan untuk menulis surat. Nabi diberitahu bahwa mereka (para penguasa) tidak akan membaca surat kecuali bermeterai. Lalu Nabi mengambil cincin perak yang berukir “Muhammad Rasul Allah”. Sepertinya saya melihat kilauan putih di tangan Nabi … (Sahih al Bukhari, Vol.1, Buku 3, no.65)

Diriwayatkan Ursa: Nabi menulis (kontrak nikah) dengan Aishaketika Aisha masih berumur 6 tahun dan mengkonsumasi pernikahannya dengan Aisha ketika Aisha berumur 9 tahun dan Aisha tinggal bersamanya selama 9 tahun (yaitu hingga kematiannya) (Sahih al Bukhari, Vol.7, Buku 62, no.88).

Diriwayatkan Ubaidullah bin Abdullah: Ibn Abbas mengatakan, “Ketika penyakit Nabi semakin parah, ia berkata, Bawakan aku kertas (untuk menulis) dan aku akan menulis bagimu sebuah pernyataan agar setelah itu kamu tidak akan tersesat. Tetapi Umar berkata, Nabi sakit parah dan kitab Allah ada pada kami, dan itu cukup bagi kami. Tetapi para sahabat Nabi berbeda pendapat mengenai hal ini, dan ada banyak jeritan dan tangisan. Oleh karena itu Nabi berkata pada mereka, Pergi (tinggalkan aku sendiri). Tidaklah benar kamu bertengkar di hadapanku”. Ibn Abbas keluar.dan berkata, Sangatlah malang (bencana besar) karena Nabi dicegah untuk menulis pernyataan bagi mereka karena ketidaksepakatan dan keributan mereka”. (Sahih al Bukhari, Vol.1, Biku 3, no.114)

Muhammad sebelum menikah dengan Khadijah, beberapa kali memimpin perjalanan kafilah dagang milik Khadijah hingga ke negeri Syam (Suriah). Mungkinkah seorang pemimpin kafilah dagang tidak bisa membaca dan menulis? Tentu saja tidak! Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa Muhammad bukan seorang yang tidak bisa membaca dan menulis (ummi), dan Quran sama sekali tidak bebas dari campur tangan manusia.

 

Sumber: Buktidansaksi.com

33 thoughts on “Benarkah Muhammad itu Ummi (Buta Huruf)? – Menurut Hadis Tidak Demikian!

  1. Rasulullah saw punya juru tulis, mereka adalah adalah Abu Bakar ash-Shiddiq, ‘Umar bin al-Khoththob, ‘Utsman, ‘Ali, (Tholhah), az-Zubair, Ubay bin Ka’b, Zaid bin Tsabit, Mu’awiyah bin Abi Sufyan, Muhammad bin Maslamah, al-Arqom bin Abil Arqom, Abban bin Sa’id bin al-‘Ash dan saudaranya, yaitu Kholid bin Sa’id bin al-‘Ash, Tsabit bin Qois, Handzalah bin ar-Robi’, Kholid bin al-Walid, ‘Abdulloh bin al-Arqom, ‘Abdulloh bin Zaid bin ‘Abdu Robbih, al-Ala’ bin (‘Uqbah), al-Mughiroh bin Syu’bah, dan as-Sijil. Selainnya menambahkan: Syurohbil bin Hasanah. (91) Menurut mereka, yang paling banyak menulis di antara mereka adalah Zaid bin Tsabit dan Mu’awiyah.

    ๐Ÿ˜€

  2. @Sulaiman,
    Kalau kamu serius mau mencari Tuhan, mintalah kepada Tuhan di dalam doa. Saya juga berdoa buat kamu, semoga kamu menemukan Tuhan Sang Pencipta yang sesungguhnya, dan bukan Alloh yang menyaru sebagai Tuhan Sang Pencipta padahal sebenarnya adalah : Dewa Hubal.
    GBU

    1. @Setia budi,….baiklah kalau begitu,…kita atur damai saja,…kita sama-sama berdo’a untuk suatu kebaikan,….kalau ada kata yang salah mohon di ma’afkan,….

  3. Umat Islam sering kali terkecoh, ketika membaca di Alkitab tertulis kata Allah sehingga menyama ratakan bahwa Alloh Islam sama dengan Allah yang tertulis di Alkitab.

    Dalam terjemahan bahasa Ibrani tidak pernah ada menuliskan kata Allah tetapi Ellohim atau Adonai.
    Alkitab yg diterjemahkan dalam bahasa Melayu berasal dari terjemahan bahasa Belanda. penerjemahnya adalah berasal dari orang yang belum mengenal perbedaan Allah dan Elohim, maka kata Allah ditempatkan pada Alkitab bahasa Melayu dan dilanjutkan kedalam bahasa Indonesia.
    Buktinya, secara terpisah Alkitab bahasa Jerman diterjemahkan ke dalam bahasa Batak, tidak ada satu katapun memakai kata Allah, tetapi menggunakan kata Jahova dan Debata.
    Umat Yahudi tidak sembarangan menyebut kata Tuhan YHWH konsisten dengan perintah Tuhan untuk tidak menyebut nama Tuhan dengan sembarangan bunyi Hukum ke-3 dari Hukum Taurat Musa. Sehingga nama Tuhan YHWH hanya diucapkan dalam upacara tertentu saja misalnya: Perayaan Yon Kipur.
    Jadi Allah yang tertulis di Alkitab mengacu kepada Ellohim atau Adonai.
    Sedangkan kata Alloh jauh sebelum Islam sudah dikenal bangsa Arab, terbukti nama ayah Muhammad adalah Abdullah artinya: Abdi Alloh. Dewa Hubal (lambang: Bulan Sabit) dialah illah yang terbesar (Alloh) yang mempunyai istana Kabah beserta ratusan illah-illah lain di Kabah.
    Kebingungan kamu lagi karena Al-Quran menyebut dan merubah-rubah nama-nama dan kisah nabi Israel, padahal Tuhan yang disembah nabi Israel adalah Tuhan YHWH sedangkan yang disembah Muhammad walaupun illahnya tinggal 1 saja, tetapi objek yang disembah, kiblat sholat dan ritual Haji tetap menyembah-nyembah tetap sama dgn Pagan Arab dan objek yang disembah tetap sama yaitu istana Dewa Hubal.
    Al-Quran yang disusun Utsman Cs. itu adalah tanggung Jawab Utsman Cs. Muhammad sendiri puluhan tahun sudah meninggal, jadi apapun yg ditulis mana Muhammad tahu?? Muhammad sendiri tidak tahu, apapun isi Al-Quran umat agama lain siapa yg tahu?? Suka-suka Utsman Cs. sajalah.
    GBU

    1. @Setia budi,…..barusan saya browsing di google tentang dewa hubal,…tetapi penulisnya condong ke muslim,…..kok beda yaa ceritanya,….ini artinya saya harus menggunakan kecerdasan spiritual saya yang di anugrahkan oleh tuhan semesta alam.

  4. Bacaan sholat kamu sampai 17ร— dasar kamu hanya mencontoh dilarang bertanya. Tuhan Maha Tahu, 1ร— kamu ucapkan kalau Allohmu tida tahu harus 17ร—.
    Abdul Mutolib kakek Muhammad juga penyembah Dewa Hubal sewaktu mempersembahkan unta dan manusia (Abdullah ayah Muhammad) berdiri di depan Dewa Hubal dan berdoa kepada Alloh, sama dengan semua umat Islam kiblat kepada Istana Dewa Hubal berdoa kepada Alloh percis sama dengan kamu.
    Dewa Hubal (al-illah) kamu anggap sama dengan Tuhan Sang Pencipta.
    GBU

  5. @Sulaiman,
    Itu sebabnya belajar sejarah pra Islam dan riwayat hidup Muhammad mutlak kamu harus pelajari. Istana Dewa Hubal semua orang Arab dulu pra Islam tahu bahwa Kabah yg kamu sembah setiap hari itu adalah Istana Dewa Hubal. Bedanya Pagan Arab dulu selain menyembah Dewa Hubal juga menyembah anak Dewa Hubal sebagai perantara (wasilah) yaitu: Al-Latta, Al-Uzza dan Al-Manat (baca: Al-Quran Surat Al-Zin) beserta ratusan dewa-dewa yg ada di istana Dewa Hubal (al-illah). Dulunya Muhammad menyembah Hubal dgn wasilah Dewa Al-Uzza, sejak diperingatkan oleh Zaid pandangan Muhammad berubah dari Politheisme kepada Monotheisme. Zaidlah yg sering menemani Muhammad untuk bersemedi ke Goa Hira (NB: Yahudi dan Kristen tidak pernah dibenarkan melakukan semedi di goa, semedi itu dilarang). Kata Alloh dikenal Muhammad dari Zaid sebagai illah yang terbesar (Al-illah = Alloh yang terbesar= Alloh hu akbar). Alloh yg terbesar dikenal bangsa Arab adalah: Dewa Hubal.
    Banyak dalih yg disematkan agar menyembah Istana Hubal, sebagai kiblat, penyatuan umat dll. Tapi harus nyembah Istana Dewa Hubal.

    Mengenal Tuhan Sang Pencipta tentu harus bersumber dari Tuhan Sang Pencipta sendiri.
    Kalau saya katakan Tuhan Sang Pencipta bernama : Tuhan YHWH yg berbicara langsung kepada Nabi Musa pasti kamu tidak percaya, janganlah sujud sembah kepada Istana Dewa Hubal lagi, lebih baik kamu berdoa sendiri khusuk di dalam hati kepada Tuhan Sang Pencipta, kalau kamu serius pasti Tuhan mau menjawab doa kamu, karena Tuhan sangat merindukan doa-doa kita.
    Tuhan sangat rindu mendengarkan doa kamu.
    GBU

    1. @ Setia budi,…..Apakah menurut anda Allah itu bukan Tuhan,…….? Dan apakah Allah menurut Kitab Injil,…..? Ma’af kalau saya o’on,…..

      1. Itu bedanya. Kalau di dalam quran, allah itu dzat, jadi dia itu APA. Kalau dalam Alkitab, Dia adalah SIAPA, bukan apa.

        Pertanyaannya, dzat apakah allah? Gas, cair, padat? Utk pertanyaan ini aja anda tidak bisa jawab, padahal allah islam katanya mudah ‘dimengerti’ krn dia satu. Bagaimana anda bisa mengerti Tuhan di Alkitab yang trinitas?

        Ini bukan soal bodoh, tapi soal apakah anda mau membuka hati dan pikiran utk diisi dengan kebenaran?

        “Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Elohim.” 1 Korintus 1:18

  6. Muhammad melakukan revolusi terhadap pandangannya dari polytheisme menjadi monotheisme umat Islam bilang “penyempurnaan”, tetapi cara menyembah (ritual) dan objek yg disembah sama yaitu istana Dewa Hubal Arab.
    Perubahan yg dilakukan Muhammad tidak ada kaitannya dgn agama manapun. Tetap saja menyembah istana Dewa Hubal dgn ritual yg sama juga. Revolusi dari Pagan Arab tidak serta merta Muhammad menyembah Tuhan Sang Pencipta, karena dasarnya adalah menyembah Dewa Hubal Cs. objek yg di sembah dan cara ritual tetap ke pada Dewa Hubal.
    GBU

    1. @Setia budi,….ketika kami sholat bibir kami tidak pernah mengucapkan dewa hubal,…bahkan asing bagi kami,…yang kami ucapkan ketika sholat adalah,…segala puji bagi Allah tuhan semesta alam,…yang maha pengasih dan penyayang dan seterusnya yang di sebut Al-fatihah sebanyak 17 kali dalam satu hari ( lima kali sholat dalam sehari)….itu baru wajibnya belum sunahnya.

  7. Sejarahlah yg mengungkap fakta, bung!!
    Selama ini kamu nyembah-nyembah ke istana Dewa Hubal, sementara kamu sendiri tidak tahu, asal melakukan saja?? Kamu pikir akan sampai ke Tuhan Sang Pencipta??
    Sembah sujud kamu itu pastinya akan sampai kepada Dewa Hubal (lambang: Bulan Sabit). Apakah Dewa Hubal (al-illah di Arab) adalah Tuhan Sang Pencipta??. Belajar sejarah sumbernya dari Sirat Rasul dan Hadits Sahi, sumber Islam sendiri kog kamu takut??
    Buta sejarah bisa lupa kamu anak siapa??!!!
    GBU

    1. @Setia budi,……waduh biyung,…kalau pendapat anda itu benar masuk neraka semua dong kita-kita,….terus sebenarnya Tuhan semesta alam itu siapa namanya,…..? Dan di mana istana dewa hubal itu,…..ma’af yaa kalau saya o’on.

  8. @Sulaiman,
    Nyembah-nyembah istana Dewa Hubal kamu pikir akan sampai kepada Tuhan Sang Pencipta kasihan banget kamu.

    Kamu nyembah-nyembah istana Dewa Hubal menganggap akan sampai kepada Tuhan Sang Pencipta karena Al-Quran mengutip dan mengarang bebas kisah nabi-nabi Israel, padahal sejarah hidup Muhammad sama sekali tidak kenal Tuhan Bangsa Israel.
    Dan Muhammad tidak ada andil dalam pembuatan Al-Quran, Utsman Cs. yg menyusun Al-Quran kamu dgn mengutip dan menyusun dari kitab-kitab yg ada di Arab pada waktu itu (Kitab Zoroaster, Kitab Sabian dan lain-lain).
    Kitab campur-campur itu yg kamu imani?? terserah kamu saja.
    GBU

    1. Sdr.Setia budi,….menurut saya Al-qur’an hanya memerintahkan untuk menyembah Allah sang Pencipta saja,….apalagi menyembah benda mati seperti istana,…itu perbuatan syirik dan itu dosa besar,…mohon ma’af kalau saya o -on,…karena saya hanya mau mengenal Al-qur’an dan hadist Rusul saja,…karena kalau sejarah tentang Agama itu akan mengikuti ego penulisnya dan secara kecerdasan spiritual tidak memiliki hujah yang kuat.

  9. @penjaga neraka,…..mohon sudi kiranya anda membaca kembali lebih cermat ayat sebelum dan sesudahnya ayat yang anda ajukan tersebut dan bila perlu di baca dari awal sampai akhir,….tapi alangkah baiknya ada seorang guru pembimbing yang kompeten,…karena Al-qur’an akan mengikuti niat anda. Semoga mendapat petunjuk,……

    1. Coba mohon anda berikan pencerahan kepada kita semua, sehingga mendapatkan hidayah. Tidak perlu beretorika, karena hanya memperlihatkan kekosongan pengetahuan anda tentang kitab suci anda sendiri.

      Saya berasumsi anda mampu membaca ayat tersebut dalam bahasa Arab, tolong anda artikan dengan pengetahuan anda dan jelaskan apakah terjemahan resmi Depag sama dengan bahasa aslinya?

      1. @Penjaga neraka,…..Kalau anda melihat pengetahuan saya kosong,…mungkin tidak,.. akan tetapi kalau sedikit iya lebih tepatnya seperti itu.Tapi tidak perlu kuatir karena di Google banyak,..yang penting bagi saya hanya Allah tuhan semesta alam satu-satunya tuhan tidak ada yang lain dan nabi Muhamad di utus untuk menjadi suri tauladan ( contoh ) bagi umat manusia. Keyakinan seperti itu di jamin oleh Allah masuk surga,….mohon ma’af kalau ini anda anggap Retorika,….tapi dengan tulus saya berharap dapat memberi sedikit pencerahan yang anda minta.

    1. Naik haji itu membuktikan ke-imananya terhadap kitab suci Al-qur’an dan bahkan Al-qur’an adalah mukjijat dari Allah untuk manusia yang mengimaninya,….karena dengan membacanya manusia dapat terhubung dengan Allah tuhan semesta alam.

      1. Bagaimana terhubung, kalau yang dibaca aja gak dimengerti? Apa arti alif lam mim? Wallahualam!

  10. Seperti biasa jawaban yang diawang2.

    Coba saja anda tunjukkan kesempurnaannya disini, supaya anda mendapat ridho.

    Atau mungkin maksud anda hadis kurang shahih?

    1. @penjaga neraka muslim,….sekarang anda di pecat,…karena muslim semuanya akan saya pindah ke surga semua,….he he he.

      1. Coba anda sangkal sendiri alquran, firman allah swt:

        Allah SWT berfirman:

        ูˆูŽุงูู†ู’ ู…ูู‘ู†ู’ฺฉูู…ู’ ุงูู„ู‘ูŽุง ูˆูŽุงุฑูุฏูู‡ูŽุง ุ• ูƒูŽุงู†ูŽ ุนูŽู„ูฐู‰ ุฑูŽุจู‘ููƒูŽ ุญูŽุชู’ู…ู‹ุง ู…ู‘ูŽู‚ู’ุถููŠู‘ู‹ุง
        “Dan tidak ada seorang pun di antara kamu yang tidak mendatangi neraka. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu ketentuan yang sudah ditetapkan.”
        (QS. Maryam: Ayat 71)

  11. Al-Quran adalah hasil karya Utsman Cs. dan bukan kitab yg dijatuhkan dari langit. Muhammad sendiri tidak tahu sedikitpun isi Al-Quran yg disusun Utsman Cs. itu. Orang yg menganggap Al-Quran suci terlalu melebih- lebihkan fakta.
    GBU

    1. @Setia Budi,….Faktanya umat muslim Indonesia kalau naik haji harus antri sampai sepuluh tahun lebih dan mengeluarkan dana yang tidak sedikit,….artinya juta’an manusia ini tidak lebih pintar dari anda.Makanya kucing saya tertawa sampai terbatuk-batuk,…..

      1. Money gane ala arab saudi. Coba anda riset ke apa negara2 timur tengah membenci arab saudi, bahkan menurut sejarah kabah pernah dipindahkan.

        Karena itu ritual pagam pra islam (jahiliyah) yg menghasilkan uang bagi penduduk mekah, dan tentunya mendatangkan keuntungan bagi muhammad krn dia tidak pwrlu susah payah menaklukkan mekah, cukup dengan tidak menganggu pundiw uang suku quraish, maka mereka semua dengan damai mengikut muhammad. Agama UUD.

  12. Sekilas info…

    Saat kapanpun YesusKristus bisa disebut Allah, (hanya jika berdasarkan KualitasKeilahian)

    Demikian pula saat kapanpun Yesus bisa disebut Utusan, (hanya jika berdasarkan “selain” dalam hal KualitasKeilahian)

    16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
    16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.

    1. Kualitas ke-Ilahian harus bersih dari ego dan di bimbing oleh kualitas akal-fikiran karena akal-fikiran adalah anugrah tertinggi yang di berikan Allah kepada manusia. Aku datang dari Allah dan Aku bukan Allah,…..

      1. Al-qur’an adalah firman Allah yang sangat mulia dan memang sangat sempurna melebihi yang di perkirakan oleh manusia.Dan yang di takutkan adalah bahwa bahasanya sia-sia,….tidak mendatangkan ridho Allah bahkan bisa jadi sebaliknya,….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *