BlogSyariah

Dituduh Menista Agama Kristen dan Yahudi, Ulama Mesir ini Diadili

Seorang ulama Mesir segera diadili karena dituduh menistakan agama dengan menyebut umat Kristen dan Yahudi sebagai kafir dan tak akan masuk ke Surga.

Salem Abdel-Galeel, yang juga mantan wakil menteri di Kementerian Agama dan Wakaf ini menyampaikan pernyataannya dalam sebuah program keagamaan yang diasuhnya di stasiun televisi Mehwar.

Abdel-Galeel juga mengkritik ulama lain yang menyebut umat Kristen dan Yahudi bukanlah kafir dan mereka juga memiliki peluang yang sama untuk diterima di Surga.

Pernyataan Abdel-Galeel itu dikecam manajemen Mehwar serta para pejabat kementerian agama dan wakaf Mesir.

Sejumlah orang bahkan menuding Abdel-Gamel sebagai anggota Ikhwanul Muslimin yang di masa pemerintahan Presiden Abdel Fatah al-Sisi dinyatakan sebagai organisasi teroris.

Kementerian Agama dan Wakaf, tempat Abdel-Galeel pernah bekerja, adalah institusi yang mengelola ribuan masjid yang ada di Mesir.

Kementerian memutuskan Abdel-Galeel dilarang berkhotbah di masjid-masjid di seluruh Mesir.

Kementerian menegaskan, izin berkhotbah akan kembali diberikan kepada Abdel-Galeel jika dia membuat permintaan maaf secara resmi.

Sebenarnya, Abdul-Galeel sudah menyampaikan permintaan maaf lewat akun Facebooknya.

“Bagi yang merasa bahwa pernyataan saya menghina umat Kristen, saya meminta maaf,” kata Abdel-Galeel lewat statusnya yang diunggah pada Kamis (10/5/2017).

Namun, nampaknya pihak-pihak yang tersinggung sudah telanjur marah dan mengadukan Abdul-Galeel karena dianggap menista agama, mengancam perdamaian, dan memicu kebencian terhadap non-Muslim.

Sementara itu, Naguib Gobrail, seorang pengacara, mengatakan pengadilan akan menggelar sidang pertama pada 24 Juni untuk mendengarkan laporan terhadap ulama ini.

“Apa yang diucapkannya adalah penistaan agama dan mengancam persatuan Mesir,” ujar Gobrail.

Kontroversi pernyataan Abdul-Galeel ini muncul di saat muncul tekanan agar pemerintah dan berbagai institusi Islam di Mesir mengambil langkah tegas terhadap kelompok radikal.

Tekanan ini muncul setelah aksi pengeboman tiga gereja pada Desember dan April lalu yang menewaskan puluhan umat Koptik Mesir.

Umat Kriten Koptik saat ini berjumlah 10 persen dari total 92 juta penduduk Mesir.

27 thoughts on “Dituduh Menista Agama Kristen dan Yahudi, Ulama Mesir ini Diadili

  1. Allah SWT berfirman:

    اَلَمْ اَعْهَدْ اِلَيْكُمْ يٰبَنِيْۤ اٰدَمَ اَنْ لَّا تَعْبُدُوا الشَّيْطٰنَ ۚ اِنَّهٗ لَـكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ
    a lam a’had ilaikum yaa baniii aadama al laa ta’budusy-syaithoon, innahuu lakum ‘aduwwum mubiin

    “Bukankah Aku telah memerintahkan kepadamu wahai anak cucu Adam agar kamu tidak menyembah setan? Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagi kamu,”
    (QS. Ya-Sin 36: Ayat 60)

  2. @setia budi,…..
    aku baca di injil mu tertulis Tuhan Allah,….tuhan artinya yang di sembah,….Allah adalah nama tuhan,..tapi kamu mengingkari,…padahal yaa Tuhan Allah itu lah tuhanya manusia,….jadi pencipta alam semesta adalah Tuhan Allah,…..kalau YAHWEH untuk kamu aja aku ndak ikut campur,…karena Yesus berkata Dia Tuhan Allah kita,…dan aku setuju,…

    1. @setia budi,…..
      Lihatlah ini ayat berasal dari zabur kitabnya nabi Daud tuhanya bernama Allah,…bukan YAHWEH,…
      22
      Untuk pemimpin muzik. Menurut lagu ‘Rusa Subuh’. Mazmur Daud.
      1 Ya Allah, Ya TUHANku, mengapa Kau
      tinggalkan aku?
      Mengapa Engkau terlalu jauh untuk menolongku,
      dan untuk mendengar
      kata-kata rintihanku?
      2 Ya Allah Tuhanku, aku meratap sepanjang siang, tetapi Engkau
      tidak mendengar,
      dan semalaman aku tidak berhenti merayu.

      3 Tetapi Engkau suci;
      bertakhta di atas puji-pujian umat Israel.
      4 Nenek moyang kami percaya kepada-Mu;
      mereka percaya dan Engkau menyelamatkan mereka.
      5 Mereka merayu kepada-Mu, lalu mereka diselamatkan;
      mereka percaya kepada-Mu, dan tidak kecewa.

  3. @Utsman,
    Ayat yang dituliskan Ustman Cs. di Al-Quran itu urusan umat Islam dengan Ustman Cs.
    Bukan Al-Quran yang lebih tahu siapa Tuhan Israel.
    Tuhan Israel tentunya orang Israel yang pastinya lebih tahu siapa Tuhan Israel yang tertulis di dalam Kitab mereka.

    Tuhan Israel dan Alloh Arab yang beristana di Kabbah BEDA.
    Israel memakai Alkitab Perjanjian Lama, nama Tuhan Israel adalah YHWH (Baca: YAHWEH) yang bertatap muka dan berbicara (ber-Firman) langsung kepada Nabi Musa. Dan bukan Alloh Arab sembahan Muhammad.
    Kami jelas lebih mengetahui siapa Tuhan kami dan apa itu Alloh Arab, karena kami tahu ayat-ayat Firman Tuhan kami dan yang mana ayat yang bukan berasal dari Firman Tuhan kami.
    Alkitab kami diterjemahkan ke bahasa seluruh dunia, sangat mudah dimengerti kisahnya tanpa menggunakan tafsir.
    GBU.

  4. Allah SWT berfirman:

    وَاِذْ اَخَذْنَا مِيْثَاقَ بَنِيْٓ اِسْرَآءِيْلَ لَا تَعْبُدُوْنَ اِلَّا اللّٰهَ ۗ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰکِيْنِ وَقُوْلُوْا لِلنَّاسِ حُسْنًا وَّاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّکٰوةَ ۗ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ اِلَّا قَلِيْلًا مِّنْکُمْ وَاَنْـتُمْ مُّعْرِضُوْنَ
    “Dan (ingatlah) ketika kami mengambil janji dari Bani Israil, Janganlah kamu menyembah selain Allah dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin. Dan bertutur katalah yang baik kepada manusia, laksanakanlah sholat dan tunaikanlah zakat. Tetapi kemudian kamu berpaling (mengingkari) kecuali sebagian kecil dari kamu dan kamu (masih menjadi) pembangkang.”
    (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 83)

  5. @Ustman,
    Apa hubungannya Israel dengan yang kamu sembah??
    Orang Israel menyebut Tuhan Allah karenah “yang disembah” adalah: Tuhan, maka Tuhanlah sebagai Allahnya.

    Kata Allah yang ada di Alkitab tidak ada hubungan dengan Alloh Arab, secara kebetulan sama-sama menyebut Allah, tetapi konteksnya BERBEDA. Karena kata allah artinya sama: “yang di sembah”.
    Tapi kata Allah di Alkitab berasal dari kata: Ellohim dan bukan berarti Alloh Arab “yang disembah” di Kabbah.

    Islam menyembah Istana Dewa Hubal, maka Dewa Hubal yang bertahtah di Kabbahlah sebagai Allohnya.

    Alloh adalah sebutan dari bahasa manusia untuk menyebutkan “yang disembah” kata Alloh bukanlah nama dari zat tetapi zat “yang disembah”.
    Orang menyebut kekasih untuk “sesuatu (orang) yang dicintai” kalau ada kekasih yang kebetulan bernama si kekasih, yah tidak ada masalah bro.
    Begitu juga kalau yang disembah umat Islam bernama si Alloh (yang disembah) juga yah tidak ada masalah juga bro.

    Islam sudah menghilangkan usaha penyelamatan Tuhan kepada manusia di Al-Quran bahwa Isa tidak disalib dan tidak mati, lantas kenapa kamu dan umat Islam tidak menyembah Isa, kalau kamu benar-benar mengimani Al-Quranmu??. Dalih pemaksaan kehendak supaya Tuhan seturut dengan kehendak dan keinginanmu.

    Tapi kami yakin dan percaya bahwa Yesus adalah Tuhan karena semua nubuatan Tuhan (Firman Tuhan) kepada Para Nabi Israel ratusan dan ribuan tahun tentang Usaha Penyelamatan Tuhan kepada manusia sebelum dan sesudah kelahiran Yesus SEMUA TERGENAPI.
    Gunakan otak untuk menyelidiki Furman Tuhan, dan bukan untuk menyangkali FirmanNya.

    Pelajarilah Sejarah Pra Islam dulu baru kamu sangkal apa yang saya tuliskan, terserah mau bilang saya penipu dan pembohong.
    Cari di Google: Sirat Rasul dan Hadist Bukhori.
    GBU

    1. @setia budi,….
      israil itu tuhannya bernama Allah dan baca ayat ini baik-baik,…
      Allah SWT berfirman:

      وَاِذْ اَخَذْنَا مِيْثَاقَ بَنِيْٓ اِسْرَآءِيْلَ لَا تَعْبُدُوْنَ اِلَّا اللّٰهَ ۗ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰکِيْنِ وَقُوْلُوْا لِلنَّاسِ حُسْنًا وَّاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّکٰوةَ ۗ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ اِلَّا قَلِيْلًا مِّنْکُمْ وَاَنْـتُمْ مُّعْرِضُوْنَ
      “Dan (ingatlah) ketika kami mengambil janji dari Bani Israil, Janganlah kamu menyembah selain Allah dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin. Dan bertutur katalah yang baik kepada manusia, laksanakanlah sholat dan tunaikanlah zakat. Tetapi kemudian kamu berpaling (mengingkari) kecuali sebagian kecil dari kamu dan kamu (masih menjadi) pembangkang.”
      (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 83)

  6. @setia budi,….
    pengetahuan mu tentang islam itu sesat dan ngawur atau asbun,….seluruh umat islam pasti tidak seperti itu,…pendapat mu itu yaa buat kamu saja,….karena bagi kami itu sampah dan hanya kamu yang suka itu,….cari saja ayat di Al-qur’an dan di hadist,…sudah pasti tidak ada tentang dewa hubal mu itu,….coba kalau seandainya Yesus tidak di salib dan di aniaya,…biar tidak kamu kasih tau saya percaya dia tuhan,….tapi faktanya kita harus gunakan otak,…karena ini penjelasan dari yang maha kuasa,….berfikirlah,….

    1. @setia budi,…
      apakah israel itu manusia,….kalau iya betarti tuhannya sama,….bagi kami tuhan manusia itu hanya satu yang bernama Allah =Alloh,…jadi bagi muslim Allah itu adalah nama bukan jabatan tapi bagimu terserah kamu,….

  7. @Ustman,
    Fokuslah jawab dengan apa yang didiskusikan dan jangan meloncat-loncat seperti kuda lumping.
    Tuhan Abraham, Ishak dan Yakub (Israel) adalah Tuhan YHWH (YAHWEH), BEDA (tidak sama) dengan Muhammad yang menyembah Istana Dewa Hubal. Lihat Bangsa Israel tidak pernah menyembah Alloh Arab yang “bermarkas” di Istana Dewa Hubal dan cium Batu Hitam.

    Allah adalah : yang disembah
    hampir sama dengan jenis kata jabatan: hamba, kekasih, guru dll.
    Jadi yang bernama Alloh itu tidak ada, manusia menyebut Alloh karena artinya: yang di sembah,
    tapi karena Muhammad tidak tahu nama yang disembahnya maka dia menyebut allahnya pokok ee : yang disembah juga (Alloh).
    Jadi setelah Muhammad mati Utsman Cs. tuliskan di Al-Quranmu.

    Dewa Hubal juga disebut Alloh bagi Abdul Mutolib kakek Muhammad. Karena itulah allahnya.
    Jadi sebenarnya Muhammad melestarikan agama kakeknya dengan membuang semua allah-allah yang ada di kabbah dan meninggalkan Batu Hitam sembahannya sebagai sembahan terbesar (al-illah) dan dia dianggap nabi dari ajaran kakeknya itu.
    GBU

    1. @setia budi,….
      pengetahuan mu tentang islam itu sesat dan ngawur atau asbun,….seluruh umat islam pasti tidak seperti itu,…pendapat mu itu yaa buat kamu saja,….karena bagi kami itu sampah dan hanya kamu yang suka itu,….cari saja ayat di Al-qur’an dan di hadist,…sudah pasti tidak ada tentang dewa hubal mu itu,….coba kalau seandainya Yesus tidak di salib dan di aniaya,…biar tidak kamu kasih tau saya percaya dia tuhan,….tapi faktanya kita harus gunakan otak,…karena ini penjelasan dari yang maha kuasa,….berfikirlah,….

  8. Allah SWT berfirman:

    وَقَالَ اِنَّمَا اتَّخَذْتُمْ مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَوْثَانًا ۙ مَّوَدَّةَ بَيْنِكُمْ فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۚ ثُمَّ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ يَكْفُرُ بَعْضُكُمْ بِبَعْضٍ وَّيَلْعَنُ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۖ وَّمَأْوٰٮكُمُ النَّارُ وَمَا لَـكُمْ مِّنْ نّٰصِرِيْنَ ۙ
    “Dan dia (Ibrahim) berkata, Sesungguhnya berhala-berhala yang kamu sembah selain Allah, hanya untuk menciptakan perasaan kasih sayang di antara kamu dalam kehidupan di dunia, kemudian pada hari Kiamat sebagian kamu akan saling mengingkari dan saling mengutuk; dan tempat kembalimu ialah neraka, dan sama sekali tidak ada penolong bagimu.”
    (QS. Al-‘Ankabut 29: Ayat 25)

  9. @Ustman,
    Apa yang saya tuliskan bertujuan untuk mengupas bahwa Alloh Arab bukanlah Tuhan Sang Pencipta Alam seperti angan-anganmu dan seluruh umat Islam yang membaca tulisan ini. Tetapi Dewa Hubal yang menyamayar sebagai Tuhan Sang Pencipta Alam.

    Hanya Alloh Arablah yang ingin menumpahkan darah sesama manusia keturunan Nabi Adam hasil ciptaan Tuhan Sang Pencipta Alam.

    Kamu bisa bersorak sorai bersama Alloh Arabmu karena pengikut umat Islam yang tersesat terlanjur banyak di dunia ini khususnya di Indonesia.
    Satu orang terselamatkan karena membaca tulisan saya ini adalah lebih baik dari pada semua umat Islam yang SUDAH PASTI akan masuk Neraka Kekal.

    Tidak ada ketakutan bagi umat Kristen yang percaya kepada Tuhan Yesus Sang Hakim Agung karena Yesus tlah mati, bangkit dan naik ke Sorga untuk kami dan seluruh umat manusia yang percaya kepadaNya.

    Ratusan tahun setelah Muhammad lahir barulah Kitab Barnabas muncul (abad ke-13) hanya orang-orang buta yang tidak dapat membedakan yang mana Firman Tuhan dan yang mana imitasi.
    GBU

  10. Bab 39 Barnabas: ”Terpujilah nama-Mu yang kudus, ya Allah Tuhan kita… Tiada Tuhan Selain Allah dan dan Muhammad adalah utusan-Nya”

    1. @setia budi,….
      jaman dulu itu hanya nabi Muhamad sendiri yang pertama-tama menyebar kan islam dan sekarang penggantinya juta-an manusia,….sangup kah tulisan mu
      itu mempengaruhinya,…sepertinya kamu sedang menguras lautan luas menggunakan ember kecil,…tuhan di lawan,….sadarlah,…daripada nanti masuk neraka,…

  11. @Ustman,
    Kalau buka-buka ayat, debat tidak akan habis, bro. Karena banyak dalih-dalih pembenaran ayat yang akan menyangkalinya.

    Tidak usah buka-bukaan ayat yang banyak bertebaran mengajarkan bunuh kafir dan Yahudi di Al-Quranmu, silahkan cari sendiri, cukup buka mata dan telinga, mulai dari boom Bali 1 sampai boom Kampung Melayu, semua pelaku dimotivasi oleh ajaran Alloh Arab.
    Teroris dunia juga tidak luput dari pengajaran si Alloh Arab yang tergabung dalam Panji-Panji Islam diantaranya: Al-Qaidah, ISIS, Boko Haram, Taliban, Abu Sayaf dll.
    Indonesia juga banyak organisasi radikal Islam yang pada waktunya siap berubah menjadi organisasi teroris dalam negri.
    Hanya Alloh Arab haus darah jihadis dan para korbannya. Apakah Tuhan Sang Pencipta Alam ada menyuruh manusia bunuh diri dan membunuh sesamanya agar masuk SurgaNya??
    Hanya Alloh Arab biang kerok kerusakan do muka bumi.
    GBU

  12. @setia budi,….
    tunjukan ayat mana yang mengajarkan sesuatu yang kamu anggap sesat,….biar tidak asal tuduh,…karena umat beragama apapun bisa menyimpang dari yang di ajarkan oleh agamanya,….

  13. @Utsman,
    Beriman kepada firman Alloh Arab yang mengajarkan teror adalah SESAT.

    Hanya firman-firman Alloh Arab yang mengajarkan kebencian dan teror kepada sesama manusia, tentu kamu mudah menebak dengan tepat apakah Alloh Arab itu SETAN atau TUHAN??
    GBU

    1. @setia budi,….
      tunjukan ayat mana yang mengajarkan sesuatu yang kamu anggap sesat,….biar tidak asal tuduh,…karena umat beragama apapun bisa menyimpang dari yang di ajarkan oleh agamanya,….

  14. Allah SWT berfirman:

    اِنَّنِيْۤ اَنَاۡ اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّاۤ اَنَاۡ فَاعْبُدْنِيْ ۙ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ لِذِكْرِيْ
    “Sungguh, Aku ini Allah, tidak ada tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan laksanakanlah sholat untuk mengingat Aku.”
    (QS. Ta Ha 20: Ayat 14)

  15. @setia budi,…..
    Allah = Alloh = tuhan pencipa alam semesta,….jadi tuhan ku adalah sang pencipta alam semesta yang bernama Allah atau bernama Alloh,….Allah = Alloh.
    tapi kalau pendapatmu beda,…yaa terserah,…surga dan neraka di tanggung masing-masing,….yang penting selamat kan diri dan keluarga dari api neraka.

  16. @Utsman,
    Tidak ada Tuhan bernama Alloh, Alloh artinya: sembahan berasal dari kata illah. Banyak illah-illah di Arab artinya : banyak allah-allah yang di sembah di Arab.
    Tuhan Sang Pencipta bukan berarti semua yang disembah umat manusia.

    Muhammad perlu menamai apa yang disembahnya sebagai Allohnya karena agama-agama lain yang berkembang di Arab punya nama untuk allah-allah mereka.
    Dari sejak kenabian Muhammad hingga dia mati, tidak pernah jumpa dengan sembahannya itu, nama yang biasa dia pakai adalah: Rab, tapi karena sudah didesak oleh pengikutnya selama 12 tahun illah tidak punya nama, barulah Muhammad mengeluarkan jurus wahyu untuk menamai illahnya itu menjadi Alloh. Tanpa tatap muka dengan si Alloh.
    Berfikirlah kembali kamu mau beriman kepada illah Arab yang bernama si Alloh atau mau mengimani Allah Israel tertulis dalam Qs. 10:90.
    Nama Tuhan Israel adalah : YHWH (Baca: YAHWEH) dan bukan si Alloh.
    GBU

    1. @setia budi,…..
      Allah = Alloh = tuhan pencipa alam semesta,….jadi tuhan ku adalah sang pencipta alam semesta yang bernama Allah atau bernama Alloh,….Allah = Alloh.
      tapi kalau pendapatmu beda,…yaa terserah,…surga dan neraka di tanggung masing-masing,….yang penting selamat kan diri dan keluarga dari api neraka.

  17. @setia budi,…
    tidak ada satu makhluk pun yang berani menyatakan diri nya bernama Allah,….sekalipun dia raja nya setan,….dia tidak mungkin berani menggunakan nama Allah,…karena Allah adalah nama tuhan yang menciptakan alam semesta,…itulah yang sebenarnya bagi orang yang mau berfikir,…..

  18. @Utsman,
    Apakah pernah orang yang menulis ayat Alloh Arab ini pernah jumpa dan bertatap muka langsung dengan Alloh Arab?? lantas apanya yang mau diingat dari si Alloh Arab??
    Interaksi perjumpaan tidak ada apa yang mau diingat sebagai kenangan memori umat Islam, hanya kalimat perintah yang dituliskan Utsman Cs, mengaku-ngaku Tuhan tapi tidak pernah nongol, buat apa kamu percayai, sebab banyak suara-suars setan mengaku-ngaku Tuhan yang gila-gila hormat dan sembah.

    Sifat setan adalah: ingin menyamakan dirinya sama seperti Tuhan walau tidak punya kuasa terang, melainkan kuasa-kuasa kegelapan.

    Wasapadalah bujuk rayu setan yang gila-gila sembah.
    GBU

    1. @setia budi,…
      tidak ada satu makhluk pun yang berani menyatakan diri nya bernama Allah,….sekalipun dia raja nya setan,….dia tidak mungkin berani menggunakan nama Allah,…karena Allah adalah nama tuhan yang menciptakan alam semesta,…itulah yang sebenarnya bagi orang yang mau berfikir,…..

  19. Allah SWT berfirman:

    اِنَّنِيْۤ اَنَاۡ اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّاۤ اَنَاۡ فَاعْبُدْنِيْ  ۙ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ لِذِكْرِيْ
    “Sungguh, Aku ini Allah, tidak ada tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan laksanakanlah sholat untuk mengingat Aku.”
    (QS. Ta Ha 20: Ayat 14)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *