BlogSyariah

Hanya Ada Satu Ayat Dalam Qur’an Yang Mewajibkan Puasa

Perintah puasa terjadi setelah 14 tahun Muhammad jadi ‘nabi’ dan tidak ada suatu perintah puasa pun yang dimengerti oleh Muhammad. Tentu saja perintah ini ada setelah kenyataan di Madinah mereka menjumpai orang Yahudi dan Nasrani melakukan puasa.

Oleh: Saifuddin Ibrahim

(Mantan Muslim, Ustadz dan Pengajar di Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu)

  1. 2:183, Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Perintah puasa terjadi setelah 14 tahun Muhammad jadi ‘nabi’ dan tidak ada suatu perintah puasa pun yang dimengerti oleh Muhammad.

Tentu saja perintah ini ada setelah kenyataan di Madinah mereka menjumpai orang Yahudi dan Nasrani melakukan puasa.

Puasa dalam Islam hanya menahan lapar dari subuh sampai sore. Hanya pindah waktu makan malam sampai sarapan pagi. Tidak lebih daripada itu. Hanya ganti waktu saja.

Dalam Islam tidak dikenal puasa Ester. Atau puasa Yesaya. Atau puasa Amos. Muhammad tidak tahu menahu mengenai arti dan makna berpuasa. Meskipun Muhammad menyinggung tentang puasa Daud, adalah sebaik-baiknya berpuasa. Yaitu sehari puasa sehari tidak.

Walaupun puasa Daud adalah puasa terbaik, tapi Muhammad tidak pernah puasa Daud.

 

Puasa Yesaya misalnya,

Yesaya 58:6-7… Bukan! Berpuasa yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk, supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri!

 

Puasa karena teraniaya, atau takut karena ancaman musuh. Bangsa Yahudi telah mengalami penganiayaan yang luar biasa oleh bangsa-bangsa.

Bahkan Muhammad dan pengikutnya telah ikut menganiaya Yahudi dan menghancurkan 5 suku Yahudi di Madinah. Ketika memerangi Bani Nadhir, Muhammad memenggal 900 kepala Yahudi. (baca surat ke 59, Alhasyr)

Itulah sebabnya orang Yahudi sangat benci dengan Arab, karena sakit hati nenek moyang mereka dibantai tanpa ampun oleh nabi zaman itu.

Dalam kitab HAYATU MUHAMMAD, semua ditulis dengan jujur oleh Haikal. Namun Kaum Muslim seolah melupakan sejarah ini.

Tapi memang Yahudi tidak terlalu peduli dengan dendam Arab yang tidak berkesudahan sampai hari ini.

Prinsip Yahudi kembali kepada firman Tuhan, Keluaran 14:14

“TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja.”

 

Yahudi tidak perlu berperang melawan Arab, karena Arab pasti kalah.

 

Sumber: BDS

14 thoughts on “Hanya Ada Satu Ayat Dalam Qur’an Yang Mewajibkan Puasa

  1. Riduan says:
    August 29, 2017 at 3:32 am

    Allah SWT berfirman:

    وَمَنْ يَّبْتَغِ غَيْرَ الْاِسْلَامِ دِيْنًا فَلَنْ يُّقْبَلَ مِنْهُ ۚ وَهُوَ فِى الْاٰخِرَةِ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ
    wa may yabtaghi ghoirol-islaami diinan fa lay yuqbala min-h, wa huwa fil-aakhiroti minal-khoosiriin

    “Dan barang siapa mencari agama selain Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang yang rugi.”
    (QS. Ali ‘Imran 3: Ayat 85)
    Bagi mereka yang percaya….. jadi sebelum agama islam yang diperkenal melalui Nabi Muhammad, orang-orang zaman itu bagaimana?

  2. Nissa says:
    Hadis/Sunnah itu Wahyu juga perbedaan nya dengan Al Qur’an adl, Al Qur’an redaksi dari Allah SWT sedang hadist/Sunnah adl ucapan dan perbuatan Rasulullah saw yang di Wahyu kan langsung ke pikiran Rasulullah

    Ucapan dan perbuatan Rasulullah saw tsb juga mencakup pembenaranan, pelarangan, dan pembiaran dari suatu peristiwa.

    Hukum Islam itu berdasarkan Al Qur’an, Sunnah/hadist, Ijma dan qiy

    Jika demikian, ringkasnya segala kata-kata dan perbuatan Nabi adalah diwahyukan dan langsung diwahyuka di fikiran Nabi Muhammad.. apakah begitu maksudnya kenyataan Nissa di atas…

    1. @Jenego Karim,….
      masalah sholat 5 waktu kamu tanyakan untuk apa bro,…memang ada gunanya,….bikin capek orang aja,….gak usah di jawab aja Nisa,…suruh cari sendiri,…islam itu pedomanya kitab suci Al-qur’an dan hadis Rasul baca aja semua ntar ketemu itu,….

  3. Allah SWT berfirman:

    وَمَنْ يَّبْتَغِ غَيْرَ الْاِسْلَامِ دِيْنًا فَلَنْ يُّقْبَلَ مِنْهُ ۚ وَهُوَ فِى الْاٰخِرَةِ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ
    wa may yabtaghi ghoirol-islaami diinan fa lay yuqbala min-h, wa huwa fil-aakhiroti minal-khoosiriin

    “Dan barang siapa mencari agama selain Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang yang rugi.”
    (QS. Ali ‘Imran 3: Ayat 85)

  4. Tunggu aja nanti siapa yang benar dan yang salah di hari pembalasan . Allah itu pelit dengan surgannya. Muhammad itu penyampai saja, tergantuk kontrak yang di terima di cipta di dunia sekian. kenali diri maka akan kenal tuhan mu.

  5. Utk mantan ustd ini, coba baca, pelajari, resapi & pahami baik-baik, jngn terburu-buru QS Ali Imran. Mudah2an anda dpt hidayah.
    Kalo tdk, berarti anda termasuk dlm ktegori yg ada dlm Surat tsb.

  6. Penulis ini, yg dg bangganya melabel dirinya sendiri sbg mantan ustad bla…bla…bleh..
    Yg ktnya bisa memurtadkan bnyak org “kafir yg murtad” jg…
    Luar biasa sekali pemaham, pengetahuan, ahlak & akidahnya…
    Kami tdk merasa heran bin aneh kalo dia murtad krn memang ‘mungkin’ pd dasarnya emang begitu adanya…
    Tulisan anda hanya bisa mempengaruhi para domba bin kambing yg memang lg tersesat..
    Tahu apa anda ttg puasa dlm Islam?
    Hanya segitu kah pengetahuan & pemahaman anda ttg puasa (ktnya eks ustad)??

    Begitu pulakah dg pengethuan & pemahaman sjarah peristiwa para bani yahudi ( Bani Quraizhah, nadhir, khaibar, Qainuga dll) yg ada di sekitar madinah ?

    Para kaum yahudi tsb berulang kali berhianat, melanggar perjanjian, memprovokasi, adu domba, memerangi kaum muslimin & bahkan sampai bersekongkol mau membunuh nabi saw secara licik (penuh tipu muslihat).
    Makanya, akhirnya mereka diperangi krn kelakuan tak bermoralnya tsb.
    Bgmn peperangannya tsb?
    Semua suku yahudi tsb, menyerah & bahkan ada yg kabur terbirit2 sblm berperang (sikap umum kaum kafir munafik yaitu pengecut).
    Bgmn sikap kaum muslimin thd musuh yg menyerah?
    Membolehkan mereka (suku yahudi) dg damai boleh pergi, bahkan dipersilahkan membawa harta & keluarganya tanpa diperangi atau dijarah.
    (Beda kalo perlakuan kaum yg mengaku yahudi atau nasrani / salib yg ktnya “penuh cinta kasih”, tp suka membantai, menjarah & memperkaos musuhnya yg sdh menyerah)
    Adapun yahudi dr bani quraizah, ada pengecualian bg mereka krn ikut aliansi dg kaum kafir quraisy memerangi kaum muslimin (perang khandak), maka ditetapkan bg mereka para prjurit yg ikut berperang & berkhianat maka dijatuhi hukun mati. Yg tdk terlibat dibebaskan. Itu hukum yg lazim diberlakukan dlm perang.
    *JADI, KENAPA HARUS MEMBENCI & DENDAM????*
    Kalo org waras, seharusnya mereka MALU atas ulah sbagian suku yahudi tsb yg mencoreng muka kaum mereka.

    Bandingkan dg sejarah kelam di andalusia (sekitar th 1492) stl kekuasaan Islam berakhir beralih ke kekuasaan kristen katolik vatikan roma. Dg dekrit penguasa & dewan inkuisi gereja atas dukungan dr paus vatikan, mengusir, menangkapi, menyiksa & membantai orang2 kristen protestan, muslim, yahudi & orang2 yg memeluk agama/kepercayaan yg berbeda dg penguasa (katolik). Korbannya konon mencapai ratusan ribu jiwa.
    Lalu knp hal ini tdk diungkit oleh anda atau pihak yahudi dendam kpd org katolik andalusia & vatikan???

    Pa eks ustad yg skrg jd gembala domba bin kambing tersesat, menulis:
    “Prinsip Yahudi kembali kepada firman Tuhan, Keluaran 14:14

    _“TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja.”_

    Tahukah anda nukilan yg dimaksud???
    Tahukah anda peristiwa waktu ada perintah Allah (Tuhan YME) utk masuk masuk negeri palestina sebagai tanah yg diperuntukan (kota ahira, bangsa kanna’an) pd jaman Nabi Musa as ?
    Atau waktu jaman raja Thalut & Nabi Daud as utk memerangi bangsa yg sama?
    Apa jawaban atau bagaimana sikap mereka (bangsa yahudi) waktu ada perintah raja, nabi bahkan Tuhanya tsb?
    Maka sebagian besar dr mereka ingkar atas perintah tsb, krn sifat munafik & pengecut/takutnya mereka.
    Bahkan dg kurang ajarnya mereka berkata & tanpa malu, menunjuk sifat pengecutnya kepada Musa as:
    “Hai Musa, kami tidak akan memasuki Ariha sebelum orang-orang suku Kan’aan itu keluar. Kami tidak berdaya menghadapi mereka krn mereka terkenal sebagai orang-orang yang kuat dan perkasa. Pergilah engkau berserta Tuhanmu memerangi dan mengusir orang-orang suku Kan’aan itu dan tinggalkanlah kami di sini sambil menanti hasil perjuanganmu.”
    Naik pitamlah Nabi Musa melihat sikap kaumnya yang pengecut itu yang tidak mau berjuang dan memeras keringat untuk mendapat tempat pemukiman tetapi ingin memperolehnya secara hadiah atau melalui mukjizat sebagaimana mereka telah mengalaminya dan banyak peristiwa. Dan yang menyedihkan hati Musa ialah kata-kata mengejek mereka yang menandakan bahwa dada mereka masih belum bersih dari benih kufur dan syirik kepada Allah.

    Luar biasa sekali, bangsa ini. Lihat kelakuannya yg kurang ajar menyuruh nabi & Tuhan nya.
    Persis sperti nukilan dr ….
     Keluaran 14:14

    “TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja.”

    Menunggu & diam……

  7. Yesus bukanlah Tuhan,…karena Allah telah menjelaskan secara akal-fikiran,….terbukti Dia bisa di salib dan di aniaya dan tidak maha kuasa dalam menjalani takdirnya juga di dalam kitab suci Al-qur’an telah di jelaskan secara terang benderang dalam firman Allah tuhan semesta alam,….

  8. Ngaku mantan ustadz tapi nggak paham fungsi hadist. Al Qur’an juga tidak merinci tata cara sholat karena Rasulullah Sawah menjelaskan langsung.

    Mantan ustadz palsu ni 😀

    1. Nissa O, Nissa, Anda kok sampai berkata buta begini:
      “Al Qur’an juga tidak merinci tata cara sholat karena Rasulullah Sawah menjelaskan langsung”
      Bukanklah sholat adalah praktek/rukun islam yg paling tinggi bagi Muslim (ssdh ucap syahadat?)
      Kok anda tak sadar bhw Quran justru tidak mewajibkan sholat 5 waktu. Hanya 3 saja.
      Kok Hadist bisa2nya kasi perintah WAJIB 5x?
      Quran jg tak pernah sebut istilah SHOLAT DHUHUR & SHOLAT MAGRIB (nama sholat ya, bukan nama utk waktu). Quran cuma sebut sholat Subuh sholat Isha, dan sholat Wustha.
      Nah sholat wustha inilah yg dicoba dicocok-cocokkan oleh ulama kalian utk dipecahkan jadi dhuhur dan magrib. WAHYU APAAN ITU kok bisa di-plintir2 oleh Hadist???

      1. Keliatan banget anda gak paham.

        Hadis/Sunnah itu Wahyu juga perbedaan nya dengan Al Qur’an adl, Al Qur’an redaksi dari Allah SWT sedang hadist/Sunnah adl ucapan dan perbuatan Rasulullah saw yang di Wahyu kan langsung ke pikiran Rasulullah

        Ucapan dan perbuatan Rasulullah saw tsb juga mencakup pembenaranan, pelarangan, dan pembiaran dari suatu peristiwa.

        Hukum Islam itu berdasarkan Al Qur’an, Sunnah/hadist, Ijma dan qiyas.

        Klo bodoh jangan di pamerlah 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *